Space Iklan

Saturday, June 6, 2015

Berapa Lama Memasak Beras Menjadi Nasi ?

Saling Indonesia. Pengalaman memasak nasi dimulai saat belajar di Sekolah Dasar dalam acara kemah yang biasa diselenggarakan menjelang hari pramuka, dari acara kemah inilah mulai belajar memasak nasi.

Berapa lama ya beras bisa menjadi nasi ?

Baiklah sebelum menjawab pertanyaan di atas saya sedikit akan menjelaskan terlebih dahulu, apa sih nasi itu ? dan bagaimana cara memasak nasi ?

Hasil olahan dari beras yang direbus (di tanak) dengan melalui proses penanakan (mengukus) yang sempurna (aroma nasi matang) sehingga mendapatkan hasil olahan beras yang lunak dan bisa di makan oleh kita (tekstur beras masih kelihatan). Apabila proses pengukusan dengan air yang berlebihan maka hasil olahan beras tersebut kita namakan bubur.

Untuk memperoleh nasi yang matang diperlukan waktu kurang lebih 1 (satu) jam untuk proses penanakan yang dilakukan secara tradisional (biasanya menggunakan dandang yang biasa Anda dapatkan di pasaran), kalau menggunakan secara modern seperti ricecooker bisa lebih cepat lagi antara 30-45 menit (nasi matang sudah otomatis tombol nasi berhenti sebagai pertanda nasi sudah matang).

Adapun proses pembuatan beras menjadi nasi bisa dilakukan sebagai berikut :
  1. Bersihkan beras dari kotoran yang ada dalam beras tersebut, bisa Anda lakukan dengan proses penapian (proses ini bisa menggunakan alat penapian yang sering digunakan dari bahan bamboo (nyiru) dengan cara : memasukan beras tersebut kemudian diangkat perlahan-lahan beras tersebut sehingga beras terangkat dari alat bamboo tersebut dan kotoran yang menempel pada  beras hilang dan ambilah kotoran berupa kerikil atau beras yang masih berupa padi lalu dibuang. Biasanya kalau membeli beras yang ada dipasaran tidak perlu proses penapian seperti ini  karena biasanya beras sudah bersih dari kotoran beras yang berupa padi  dan kerikil (batu kecil-kecil).
  2. Bersihkan beras dengan menggunakan air, dan buang  kotoran dari beras tersebut, biasanya kotoran akan terapung di atas beras, bersihkan kurang lebih 3 x dengan mengganti air tersebut sehingga beras benar-benar bersih dari kotoran. Cara ini bisa juga untuk mendeteksi apakah beras tersebut bagus (bebas dari beras campuran seperti campuran beras plastic yang lagi booming sekarang ini).
  3. Setelah beras benar-benar bersih, kemudian masukan beras tersebut pada alat penanak nasi (ricecooker) dan masukan air secukupnya yang sudah distandarkan alat ricecooker tersebut. Kalau menggunakan alat tradisional maka beras yang sudah bersih lalu masukan ke dalam panci (alumunium) dan masukan air kurang lebih satu setengah buku jari dari atas beras tersebut dan masak beras tersebut sampai airnya habis kemudian tiriskan dan mengaduk-aduk beras tersebut, setelah mendiamkan beberap menit (5-10 menit) lalu kukus kembali dalam dandang (isi air dandang sesuai standard yang ada) kurang lebih 30-45 menit.

Jadi untuk memperoleh beras menjadi nasi bisa memerlukan waktu kurang lebih 30-60 menit, dan untuk mendapatkan hasil olahan nasi dari beras sesuaikan kebutuhan jangan berlebihan dan jangan kekurangan bisa Anda standarkan 1 kg beras cukup untuk mendapatkan 10 porsi nasi.


Demikian artikel singkat malam ini semoga bisa bermanfaat.

2 comments:

  1. Saya jadi ingat masa Ngekost dulu tuh bang..hahhahayay

    ReplyDelete
  2. terimakasih detail sekali cara masak nasinya ternyata 1 kg beras bisa untuk mendapatkan 10 porsi nasi

    ReplyDelete

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink