Space Iklan

Wednesday, January 23, 2013

TIPS MENGATASI SERING KENCING/BESER DIPERJALANAN

Saling Indonesia. Apakah Anda sering mengalami kecing atau ingin kencing dalam perjalanan ?

Biasanya hal ini dialami dalam berkendaraan umum, misal baru saja naik kendaraan beberapa menit saja rasanya pingin kencing, hal ini bisa mengganggu kita. Apabila kita menahannya katanya tidak baik. Mungkin kita kadang merasa malu untuk memberhentikan supir atau malu oleh penumpang lainnya. Pengalaman saya pribadi kalau perjalanan jauh misal naik bis perjalanan dari Cirebon ke Jakarta, baru saja sampai jalan tol rasanya ingin kecing, padahal baru bis jalan beberapa kilo meter saja, akhirnya saya dekati supir dan memintanya untuk berhenti karena tidak kuat menahan ingin kencing. Kalau di antara pembaca mengalami hal tersebut saya ada tips sederhana dan ampuh juga. Langsung saja inilah tipsnya :

“Kalau mau naik kendaraan umum usahakan jangan minum dulu air walau hanya sedikit, saya terapkan ini ternyata ampuh juga”

Kalau cara tersebut di atas kurang ampuh saya dapat info dari beberapa sumber di internet inilah tipsnya :

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menahan buang air kecil di saat darurat :


Latihan Kegel

Fokus dan cobalah merelaksasikan otot panggul dan perut pada saat yang sama, metode ini bisa membuat otot-otot yang mengelilingi uretra tertutup. Hal ini sangat mirip dengan melakukan latihan Kegel.

Teknik senam kegel yang mudah dilakukan caranya adalah kontraksikan otot seperti menahan kencing untuk awalnya selama 5 detik, kemudian kendurkan. Latihan ini tergolong mudah karena bisa dilakukan kapan saja dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit.

Latihan bisa dilakukan di kursi kerja, sambil duduk, sambil berjalan, sambil berdiri, atau berbaring. Semakin terlatih otot panggul, semakin meningkat pula kemampuan kita dalam menahan pipis.

Silangkan kaki saat berdiri

Menyilangkan kaki dapat membantu kita menahan buang air kecil saat sedang berdiri. Jangan menyilangkan kaki jika sedang dalam keadaan duduk, tapi cobalah menyilangkannya dengan sedikit diangkat, gaya duduk laki-laki. Hal ini dapat menekan kandung kemih.

Duduk tegak

Jika kita dalam keadaan duduk, cobalah duduk pada posisi tegak dengan punggung lurus agar memberikan ruang maksimal pada kandung kemih. Tekan paha secara bersamaan dan jangan bersandar.

Tidak ganti posisi

Usahakan untuk tidak mengganti posisi sebelum bisa pergi ke kamar mandi. Jika semula dalam keadaan duduk, maka tetaplah duduk. Mengubah posisi tubuh dapat menyulitkan kita dalam menahan buang air kecil.

Alihkan pikiran

Mengalihkan pikiran untuk sementara waktu dapat membantu Anda menahan buang air kecil. Jangan berpikir apapun yang mengingatkan Anda dengan kamar mandi.

Menahan pipis alias buang air kecil sangat tidak disarankan karena berbahaya bagi kesehatan ginjal. Maka setelah menahan pipis cukup lama sebaiknya segera minum banyak air agar kembali buang air kecil untuk membuang racun dan bakteri yang tertinggal di saluran kemih.

Tetapi jika kita dalam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum, disarankan untuk berhenti ditempat yang memiliki fasilitas untuk buang air, sehingga tidak perlu menahan lama. Lebih baik kehilangan waktu dari pada bermasalah dengan kesehatan.(oktomagazine.com)

Mungkin cari ini efektif juga dengan mengkonsumsi obat herbal Habbatussauda, biasanya sering kecil terus apalagi kalau lagi cuaca dingin atau sering berada di ruangan ber AC, rasanya pingin kencing terus (beser).

Semoga tips di atas bisa bermanfaat.

Artikel terakhir diperbaharui 05-06-2015 : 9:16 PM ( 8.256 views)

8 comments:

  1. mantap sob artikelnya. salam kenal ya

    ReplyDelete
  2. makasih tips nya, saya suka jalan2 jauh mas

    ReplyDelete
  3. Kalau cuaca lagi dingin saya amat sering kencing, yanng paling susah memang pas lagi dalam perjalanan atau malam saat tidur
    Trims atas tipsnya

    ReplyDelete
  4. ternyata ada juga ya cara untuk mengatasi agar tidak sering kencing ketika di jalan. nice infonya :)

    ReplyDelete
  5. mudah-mudahan bermanfaat

    ReplyDelete

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink