Space Iklan

Saturday, September 14, 2013

Pengalaman Ikut Psikotes : Membuat Karangan


Saling Indonesia. Sobat ternyata kita mesti bisa mengarang juga lho, waktu ikutan psikotes ada sesi mengarang, mungkin tema bisa berbeda-beda setiap psikotes, waktu itu saya diberi tema oleh panitia berjudul ‘Cita-citaku’, petunjuk panitia buatlah karangan sebanyak ¾ halaman dari tema di atas dan tulisan harus bersambung.

Ada-ada saja..ya mesti dijalani saja untuk penilaian hasil psikotes, mungkin karena waktu terbatas dan berpikir juga terbatas, ya langsung saja tulis-tulis karangan tersebut. Ide untuk membuat karangan yang ada dipikiran kita langsung di tuliskan, akhirnya jadi juga walau karangan tersebut apa adanya. 

Contoh sebuah karangan


Cita- Citaku

Dalam hidup kitan kadang memiliki cita-cita yang ingin di capai dalam hidup, saat kecilpun kita sudah memiliki cita-cita ada yang ingin menjadi dokter, guru, pilot, dan lain lain.

Saat sudah dewasa kadang jalan hidup tidak sesuai dengan apa yang kita cita citakan, ada yang dulu ingin menjadi dokter saat sudah dewasa malah menjadi guru, ada yang ingin menjadi pilot saat sudah besar malah menjadi TNI.

Oleh karena itu, dari kecil kita sudah harus  memupuk cita cita dengan tekat yang kuat, mulai belajar dengan rajin, rajin kesekolah maupun ke tempat les,

Tapi bagi para orang tua pendidikan di sekolah saja tidak cukup, harus di sertai dengan pendidikan agama, agar kelak bisa  menjadi anak yang pintar dan berbudi baik, selain itu lingkungan dalam keseharian juga sangat mempengaruhi, dalam bersikap, maupun dalam mengambil keputusan.

Seperti halnya saya yang dulu ingin menjadi guru matematika namun setelah dewasa belum terpenuhi malah lebih ingin menjadi ibu rumah tangga yang memiliki usaha sendiri,  karena setelah di pikir-pikir pengahasilan seorang PNS dan pengusaha lebih banyak, akhir akhir ini saya juga sering melihat pengusaha-pengusaha muda yang  sudah sukses dalam bidang yang mereka cintai , dalam hal ini banyak faktor yang mendukung seperti  yang telah saya tuliskan di awal, baik lingkungan orang tua pendidikan agama dll.

Maka dari itu untuk adik-adiku sekalian penerus bangsa, rajin rajinlah belajar dan menuntut ilmu di manapun karena ilmu sampai kapanpun tidak akan pernah habis, ada yang pernah bilang pada saya bahwa sekolah atau menuntut ilmu adalah investasi dan saya setuju dengan hal itu, karena tanpa sadar dengan belajar kita sedang menginvestasikan ilmu untuk masa depan untuk cita cita untuk hidup dan untuk kesejahteraan kita di masa depan

Memang banyak pengusaha yang tidak memiiki pendidikan tinggi, namun dalam hal ini bukan berarti ilmu tidak penting, mereka bisa sukses karena usaha mereka yang rajin dan ulet yang di sertai dengan usaha yang giat dan tekun, marilah kita contoh mereka para pengusaha-pengusaha yang telah sukses banyak hal yang dapat kita ambil dari mereka, baik dalam berfikir, bersikap, berbicara dan lain sebagaianya

Sampai disini dulu artikel kecil dari saya, semoga ini bermanfaat untuk semua  yang membaca artikel ini, semoga kelak kalian dapat mencapai cita-cita kalian di masa yang akan datang.

Pada umumnya tes yang dilakukan dalam psikotes sebagai berikut :

·         Tes Logika
·         Tes Pemikiran Verbal
·         Tes Ketelitian
·         Wartegg Test
·         Tes Menggambar
·         Tes Kepribadian

Jadi tidak ada salahnya kita bisa mempersiapkan untuk moncoba membuat karangan sebelum mengikuti tes psikotes.

Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk yang akan ikut psikotes.

Artikel Terkait :


Halaman ini terakhir diubah 25-06-2015:8:48 AM ( 1.889 views)

No comments:

Post a Comment

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink