Space Iklan

Saturday, April 26, 2014

Cara Sederhana Menaikan Ranking Alexa Di Blog

cara sederhana menaikan rank alexa dengan mudah

Bagaimana peringkat saya lebih buruk ketika lalu lintas situs saya semakin membaik
 
Jawaban singkatnya adalah bahwa setiap sistem peringkat peringkat Anda relatif terhadap orang lain. The Alexa Traffic Rank peringkat situs Anda relatif terhadap semua situs lain di dunia.

Sebuah analogi yang baik adalah menjalankan perlombaan. Mari kita mengatakan bahwa kemarin Anda selesai balapan di tempat ke-3. Jika Anda balapan lagi hari ini dan memiliki waktu yang lebih cepat, Anda masih bisa finis di posisi ke-4 jika 3 orang lain berjalan lebih cepat daripada Anda. Meskipun Anda berlari lebih cepat, 'peringkat' Anda memburuk karena orang lain berlari lebih cepat. (alexa.com)
 

Saling Indonesia. Mungkin diantara kita ada yang merasa cemas atau juga sedikit bingung Rank Alexa kadang naik kadang turun. Seperti yang pernah saya alami di blog saya ini, pernah kirim postingan 2 (dua) artikel sekaligus, ternyata rank alexa hanya geser dikit, pernah kirim artikel hanya beberapa kalimat saja, malah rank alexa meningkat cukup lumayan, kenapa bisa seperti itu ? jadi kataku ‘unik juga nih Rank Alexa’. 


Yang merasa cemas tentang perkembangsn Rank Alexa, sedikit saya akan berbagi tips Cara Sederhana Menaikan Ranking Alexa, bisa dicobanya berikut ini :

#1. Mengurangi copypaste keseluruhan artikel

Mungkin kita ingin membuat artikel yang lagi trends dan populer di situs-situs lain baik dalam negeri maupun luar negeri, dan secara spontan kita copypaste dan publikasikan diblog kita, dengan harapan banyak pengunjung juga di blog kita. Sedikit saya sarankan sebaiknya copypaste artikel tersebut di ketik ulang oleh kita, hal ini untuk meng-clearkan mesin pencari (search engine) yang seolah-olah artikel terbaru di search engine. Mungkin saja dengan mengketik ulang ada beberapa perbedaan tanda baca, spasi, atau lainnya, hal ini bisa memperbaharui artikel di search engine atau bisa mengoptimalkan (SEO).

#2. Rutin berkunjung ke blog lain

Ketika saya merasa cemas rank alexa turun, saya sering lakukan berkunjung blog tetangga (blogwalking), hal ini perlu untuk perbandingan dan bisa menghilangkan kecemasan kita. Saya ambil sampling blog A, kita lihat-lihat rank alexanya ‘apa blog tersebut meningkat atau turun’ apabila blog tersebut juga turun, terhibur juga. Mungkin saja saat ini banyak blogger-blogger yang serupa yang berusaha keras memperbaiki rank alexa. Karena rank alexa setahu saya mengurutkan dari yang terbesar ke yang terkecil dan urutan tersebut tidak ada yang sama.

#3. Rajin mereview postingan

Pentingnya mereview postingan secara rutin untuk mengoptimalkan SEO, postingan yang pengunjungnya tetap, kita review lagi dan mencoba memperbaharuinya setiap saat, bisa dilakukan secara acak (random) memperbahaui halaman postingan, atau juga yang sudah bisa memanage blog secara berkala rutin memperbaharui halaman postingan, coba berkunjung ke Wikipedia dihalaman terakhir ada pencantuman ‘halaman ini terakhir diubah pada jam dan tanggal..’.

#4. Rajin posting artikel Asli

Mungkin disini dapat diartikan postingan asli buah karya sendiri, postingan asli walau hanya beberapa kalimat saja, cukup efektif dimata SEO, biasanya postingan asli sebenarnya cukup banyak disekitar kita, bisa saja diambil dari lingkungan kita, berita televise, atau pengalaman pribadi, sering saya kirim posting saya anggap sepele, ternyata ada juga yang mengujungi, akhirnya postingan diperbaharui untuk memuaskan pengunjung.

#5. Rajin berkunjung dan berkomentar

Ternyata benar kalau kita sering berkunjung akan menerima balasan juga dikunjungi, begitu juga berkomentar akan mendapat komentar juga. Mungkin jangan berkecil hati dulu kalau kunjungan atau komentar belum ada balasannya (feed back). Sebab-sebab kunjungan atau komentar belum ada feedback bisa saja kesibukan pemilik blog atau blog kita berisiko dimata mereka maksudnya ada yang pilih-pilih misalnya dofollow atau nofollow dan lainnya.

Baik di baca : Top Rank Alexa Indonesia

Dari uraian singkat tersebut, dapat saya simpulkan bahwa menaikan ranking alexa, menitik beratkan terhadap pengunjung unik ke blog dengan blogwalking (saling berkomentar) dan rutin menuliskan postingan yang asli (original/bukan copypaste).

Catatan : Menurut saya sebaiknya menuliskan artikel langsung (buat entri baru) di blog, coba perhatikan copy paste dari media lain misalnya microsoft word (masih terbawa kode lainnya) sehingga bisa dikatagorikan copy paste, atau bisa cara lain dengan mengcopykan sementara di draft kemudian copy lagi di entri baru.

Sekian dulu postingan kali ini, terima kasih sebelumnya Anda telah berkunjung ke blog Saling Indonesia, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Halaman ini terakhir diubah 17-08-2014 ( 231 views)

53 comments:

  1. saya lagi ganti domain mas, padahal alexa sudah agak ramping,,, sya yakin drop lagi ni mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ntar 2 bln akan pulih lagi n trafik bakal melejit mas kalau sdh pakai tld :)

      Delete
    2. Pada awalnya dengan ganti domain alexa rank gendut Mas, tetapi lama kelamaan cepat langsing seperti blog Mbak Indri rank alexa semakin kecil, yang terpenting tiap hari cukup kirim 1 artikel dan blogwalking, terima kasih Mas Redo dan Mbak Indri atas kunjungannya

      Delete
  2. Cara yang harus saya coba nih, soalnya rank alexa saya gak
    Menentu Mas. makasih atas trik artikel ini salam sukses :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam sukses kembali Mas Saud, mungkin semakin kecil rank alexa, pasti persaingan semakin ketat, apalagi kalau alexa sudah di bawah 100 ribuan, semoga rank alexa semakin menipis Mas

      Delete
  3. 1 bulan ini alexa saya terus mengalami penurunan, tentu sangat puas dengan hasil yang dicapai, untuk artikel di atas saya rasa itu benar 5 faktor itu yang menjadi kunci utama untuk naik dan turunya alexa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang ranking alexa bisa membuat semangat ngeblog juga ya Mas, saya pribadi masih suka memperhatikan tiap hari, naik apa turun, kalau tiba-tiba gemuk, hehe.. langsung di pacu lagi dg kirim artikel/postingan atau blogwalking

      Delete
  4. Bulan kemarin lama banget turunnya sekarang udah semakin.

    Soalnya alex rank semakin buruk loh.

    Saya setuju konten yang asli lebih greget daripada konten blog banyak tapi copas semua ya jadi kurang berpahala soalnya cuma berbagi ilmu yang orang lain punya. Coba gimana kalau ada pembacanya yang nanya pasti ga bisa jawab justru citra pemilik blognya jadi buruk.


    Ditunggu juga kunjungannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia PaK Ustadz, dengan menyuguhkan konten-konten asli selain sangat disukai pengunjung, search engine, dan tool analysis lain, konten asli kalau untuk pribadi saya punya kebanggaan tersendiri, jadi lebih baik menyuguhkan konten asli atau berbagi info konten lain dengan opini sendiri, terima kasih kunjungannya

      Delete
  5. Yang sederhana itu tidak kalah menarik ya mas...Saya juga suka yang sederhana dalam mengecilkan alexa rank...Terima kasih pencerahannya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Pak, walaupun sederhana ampuh juga bisa menaikan alexa rank, terima kasih sudah mampir Pak

      Delete
  6. alexa rank memang unik yia bos...

    untuk poin 2, jadi kalo sibos main keblog saya, liat alexa saya turun jadi terhibur yia bos, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin semangat juga Mas, hehe unik jg bisa menghibur

      Delete
    2. jadi begitu yia bos, hehehe...

      Delete
    3. hehe..kalau bisa tiap hari belajar cari tahu tips dan tekniknya, dulu tiap hari hanya posting artikel tiap hari tanpa blogwaalking, nilai alexa turunnya sulit sekali, setelah sedikit tahu dari blogwalking alexa pelan-pelan jadi turun, siip bos kunjungannya

      Delete
  7. Alexa ramping , , , gigi makin cling , ,
    hehehe

    tipsnya saya gunakan dulu ya mang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung, semoga makin ramping Mas

      Delete
  8. Kunjungan malam Mas Oyo, simak kembali tentang Alexa artikelnya
    Mas Oyo ini, sampai sekarang rank Alexa saya masih tak terkendali Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rank alexa Mas Saud sudah langsing < 100 k, terima kasih Mas sudah mampir, sukses selalu

      Delete
  9. itulah yang saya alami Kak, dulu alexa saya mudah ramping dari 20 jt ke 10 jt. tetapi sekarang hanya meramping beberapa ratus padahal saya posting 2 artikel dihari yang sama. Takutnya blog saya kenapa-napa, akhirnya saya nemu penjelasannya disini. makasih kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini

      Delete
  10. Alex ranknya udah kecil tapi bounce ratenya masih gede jadinya saya antisipasi dengan dengan buat menu wrapper deh hehe.


    Ditunggu kedatangannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang perlu juga untuk mengecilkan bounce rate, dengan menu-menu yang menarik dan loading blog yang cepat, terima kasih sudah berkomentar di artikel ini, sukses selalu

      Delete
  11. Ohh , jadi kalau kita rajin rajin berkomentar diblog orang lain alexa rank kita jadi mudah turun nya ya mas,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebiasaan blog yang dikomentari berbalik balas komentar Mas, jadi traffic blog kita bertambah, secara otomatis ranking alexa meningkat/langsing, terima kasih kunjungannya

      Delete
  12. kunjungan pertama nih,
    wah makasih tipsnya sangat bermanfaat, kebetulan saya lagi menaikan rank alexa...

    follback ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, terima kasih sudah berkunjung dan follownya

      Delete
  13. yg saya lakukan hanyalah blogwalking dan meninggalkan jejak komentar di setiap blog yg saya kunjungi..disamping itu saya juga berusaha membuat postingan yg original....keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia Mas postingan original lebih bisa meningkatkan alexanya, terima kasih kunjungan, salam sukses Mas

      Delete
  14. Kebiasaan saya menulis artikel di Ms. Word, baru kemudian mempastenya ke Entri. Emang bener dianggap copas sama google ya Mas kalau seperti itu ? mengkhawatirkan sekali ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kelihatan sekali ya mas perbedaan kalau kita lihat di htmlnya, hasil dari copy ms word dengan nulis langsung di entri baru di draft, tapi saya juga sering copy dari word di paste ke entri baru, kemudian di copy lagi di atasnya kemudian copy paste dari word kita hapus, bisa lihat lagi htmlnya pasti seperti langsung nulis di enti baru, terima kasih kunjungannya

      Delete
  15. waah, saya ketinggalan nih ilmunya mas Oyo. thanks mas sudah berbagi wawasan, poin - poin di atas sebagian sudah saya lakukan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..ternyata alexa mas ferdon naibaho lebih langsing dari blog ini, mungkin yg masih sedikit kendala sekarang blog update postingan tidak tiap hari mas, jadi meningkatnya pelan-pelan mas, terima kasih kunjungannya, sukses selalu

      Delete
  16. wah kebetulan banget nih mas ranking alexa blog saya masih gendut, harus dicoba nih tips nya biar cepat ramping alexa nya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. he..he..sama mbak blog ini juga masih gendut, cara-ririn, dicintai, langsingnya sekali mbak, terima kasih kunjungannya

      Delete
  17. Replies
    1. sama-sama, ditunggu kunjungan berikutnta

      Delete
  18. Replies
    1. mungkin hanya pendapat saya Mas, terima kasih kunjungannya

      Delete
  19. Replies
    1. sama-sama, terima kasih kunjungannya

      Delete
  20. Replies
    1. mungkin bisa untuk dicoba, terima kasih kunjungannya

      Delete
  21. mau coba ah . kali kali page naik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan di coba, terima kasih kunjungannya

      Delete
  22. betul bnget nih cara2 nya gan

    ReplyDelete
  23. 3. Rajin Mereview Postingan

    Setuju sekali kang, kadang tiap setelah dipublish saya jadi suka mikir "ah ini masih kurang kayaknya, ini mau ditambahin gini gitu dst". Tapi kesempatan yg ga ada, cuma blogger mobile saja hanya nyuri2 waktu buat kewarnet hehe...

    Masalah copy dari Ms. Word, itu juga poin pentingnya kang, thanks sudah dibahas. Kadang ketikan awal kita itu setelah dipaste ke kotak create post malah ngikut element dibelakang postingan. Boleh saya bertanya berkaitan dengan hal ini, saya Ctrl+A setelah itu element dibelakang tulisan tsb saya putihin kembali pake stabilo nya Ms. Word, apatah itu masih ngikut ya kang jika di inspect halaman? Thanks ya kang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya..mungkin bisa di cek di entri baru di html nya..sekiranya banyak kode yg ikut serta bisa dikatagorikan copypaste, untuk lebih pastinya bisa dicoba2, akan tetapi lebih amannya setiap menulis ya di entri baru, gitu ya mas

      Delete

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink