Space Iklan

Saturday, April 19, 2014

CARA MENULIS ARTIKEL SEO FRIENDLY

Assalamualaikum Wr.Wb.

Saling Indonesia. Ketemu lagi Sahabat semua di blog sederhana, malam ini saya ingin melanjutkan kembali postingan yang sedikit sulit, kenapa saya bilang sulit ? membuat sebuah artikel yang seo friendly gampang-gampang susah,  susahnya dimana ? postingan saya tempo hari saya membahas Contoh Sederhana Seo untuk Pemula, dan postingan Tips dan Teknik Dasar SEO untuk Blog/Website, mungkin untuk para master seo hal ini terasa mudah, kalau untuk saya sendiri yang masih belajar coba dan mencoba, postingan saya beri judul 'Cara Menulis Artikel Seo Friendly' yang kalau di lihat di search engine google.com hasil penelusuran sekitar 42.000.000, banyak sekali Sobat yang membahas artikel seo friendly tersebut, langsung saja saya optimis saja dulu yang terpenting bahasannya bermanfaat untuk pengunjung semua yang mampir di sini.


Kalau menurut pribadi penulis bahwa untuk menulis artikel seo friendly diperlukan hal-hal sebagai berikut :
  1. Artikel tersebut Asli alias bukan copypaste
Mulailah menuliskan artikel yang benar-benar original/asli, hal ini akan dibaca mesin pencari sebagai hal baru, kalau artikel benar-benar baru maka artikel tersebut akan menempati ruang-ruang kosong yang belum ditempati artikel lainnya, kalau artikel hasil copy paste sudah jelas mesin pencari menemukan gabungan-gabungan kata tersebut, sebaiknya artikel dibuat berdasarkan opini sendiri alias karya sendiri, coba saja Sobat perhatikan postingan bukan copypaste/duplikat akan lebih diprioritaskan baik di search engine maupun ranking alexa. Jadi cara menulis artikel seo friendly sebaiknya di awali penulisan yang asli/bukan copypaste(copas).
    
    2. Memilih topik yang Tepat


Topik atau tema yang akan di tuliskan sudah dipersiapkan terlebih dahulu bisa dalam bentuk kerangka atau uraian singkat, usahakan tema dan judul tulisan harus saling berkaitan satu dan lainnya, misalnya judul 'cara menulis artikel seo friendly' maka tema dan sub tema bisa uraian terlebih dahulu pengertian artikel seo friendy, kemudian ciri-ciri artikel seo friendly, kemudian manfaat penulisan artikel seo friendly.

     3. Menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami


Search engine/mesin pencari juga dirancang manusia yang jelas tentunya bahasa-bahasa yang ada di dunia, penterjemah ke berbagai bahasa sudah bisa di baca mesin pencari bukan begitu Sobat, jadi penulisan yang baku yang bisa dimengerti mesin tersebut, bisa bahasa Indonesia, Inggris, atau lainnya, (misalnya prtsc =print screen, del = delet), kalau penulisan memakai bahasa Indonesia, gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar (ejaan yang sudah disempurnakan/EYD).


     4. Sumber Referensi


Sumber referensi biasanya berupa link internal maupun link eksternal, setelah penulisan selesai sisipkan kata tautan dengan sumber terkait, misalnya seo friendly bisa link eksternal ke sumber referensi wikipedia, atau link internal sendiri, pengalaman pribadi sebaiknya link ekternal dibatasi karena berpengaruh di ranking alexa, kalau search engine sepertinya biasa-biasa saja, kalau blog nofollow link keluar tidak akan langsung ditelusuri, akan tetapi kalau blog kita dofollow link keluar bisa langsung ditelusuri ke sumber tersebut.

      5. Lainnya


Mungkin bisa Sobat tambahkan, tulisan yang menekankan kata kunci dengan hurup besar, hurup tebal (bold), tanda petik, tanda kutip. Bisa juga Sobat postingan di promosikan di artikel populer kita dengan catatan jangan terlalu banyak nanti dikira spam, atau berkomentarlah di blog lain karena dengan berkomentar di postingan bisa berpengaruh optimalisasi di search engine.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, Insya Allah pada kesempatan mendatang bisa diteruskan kembali, mohon maaf bila banyak kesalahan dalam penyampaian kata-kata yang kurang beraturan, semoga bisa bermanfaat.

Artikel ini terakhir diubah 25-05-2014 (126 views)

22 comments:

  1. bermanfaat sekali pencerahannya mas :) oya ada satu tambahan, kalau menerapkan link internal harus relevan dgn judul postingan yg ditaut dan maksimal 3 internal link saja agar tdk terkena deindex google alias trafik macet jalan ditempat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jadi salah ya Mbak kalo psang link yang ga ad hubungannya ma postingan, misalnya judulnya apa tautannya apa, hehhee... sngat bermnfaat Mbak, mkasih infonya Mas Oyo...

      Delete
  2. Terima kasih tambahannya, bermanfaat sekali mbak untuk postingan berikutnya

    ReplyDelete
  3. Sampai sekarang ini saya merasa belum pas nulis
    artikel agar SEO Friendly Mas Oyo, tapi berkat artikel dari Mas ini
    Saya jadi ada pencerahan agar lebih ke arah seo cara menulis artikel
    Makasih ya Mas atas tips ini :)

    ReplyDelete
  4. wah... menyenangkan sekali yia bos kalo bisa menulis artkel seo frendly, ijin mempelajari caranya disini yia bos...

    ReplyDelete
  5. bisa di terapkan nih, makasih infonya

    ReplyDelete
  6. Baik yang Mengkopas maupun yang dikopas , keduanya kena tamparan dari google .

    Percuma yah ngeblog jadi orang baik-baik , cape2 buat artikel sendiri malah dikopas blogger lain , naas , jadi nggak mooD ^_^

    ReplyDelete
  7. kalau update isi blog berapa sering pak? apa harus setiap hari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idealnya setiap hari Mas, untuk Mas Redo untuk penjelasan selengkapnya silakan hubungi blog cara-ririn.com, yang menjelaskan update posting, bisa klik dari blog ini artikel terbaru blog sahabat yg ada di bawah blog ini, terima kasih kunjungannya.

      Delete
  8. tips yang sangat bagus mas, menulis artikel seo memang butuh waktu lebih banyak karena ada beberapa element yang harus diperhatikan, namun, hasilnya bisa optimal ya ;)

    ReplyDelete
  9. terima kasih tips nya mba
    saya mau coba cara ini aja deh,mudahan aja bisa SEO :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kunjungannya, semoga bermanfaat dan postingan optimal di seo

      Delete
  10. Selamat malam Sob, Point prtama sepertinya paling Penting kita perhatikan ya ketika akan Publish sebuah Postingan. Artikel yang copy Paste tentunya sangat tidak di sukai oleh google yang mengakibatkan Postingan copy paste sulit untuk duduk manis di halaman pertama google...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi biasakan membuat artikel opini sendiri, kalau copypaste sebaiknya bersifat arif untuk merujuk ke link sumber, mungkin hal-hal sepele yg kita posting hasil karya sendiri bisa tampil di halaman utama, terima kasih kunjungannya

      Delete
  11. topik dan gaya bahasa..salah rasa ini poin penting dalam penulisan artikel,,,jadi tidak berkesan copas....
    keep happy blogging always...salam dari makassar :-)

    ReplyDelete
  12. nambah lagi ilmunya ni.. ternyata tidak boleh lebih 3 link ya pak...

    ReplyDelete
  13. untuk bikin artikel seo, memang sedikit banyak membutuhkan waktu lebih ya mas, sebelum artikel tersebut diterbitkan di blog, namun hasil nya akan bagus sekali untuk blog kita dari pada kita mnulis artikel tanpa ada seo nya ;)

    ReplyDelete
  14. Membuat artikel yang sesuai dengan stadar SEO emang gak mudah.

    Mau nambahin dikit, selain ke-5 tips diatas, ada 1 lagi, yaitu membuat artikel yang lengkap. Jadi, selain jangan copy paste, kita juga harus bisa membuat artikel yang lebih lengkap, apalagi jika saingannya banyak, maka yang membedakan antara artikel kita dengan artikel lainnya adalah kelengkapannya.

    ReplyDelete
  15. pantesan saya mnulis atikel sperti itu susah nongol, ternyata sainganya bayak yia bos, hehehe...

    ReplyDelete
  16. menulis artikel seo ini memang harus dipraktekkan ya mas agar postingan mudah terindeks mbah gugel :)

    ReplyDelete
  17. tips yang sangat bermanfaat dan berguna bagi blogger gan

    ReplyDelete

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink