Space Iklan

Wednesday, April 16, 2014

Tips dan Teknik Dasar SEO Untuk Blog/Website



Saling Indonesia, pada kesempatan ini saya akan posting melanjutkan postingan yang sebelumnya ‘Contoh Sederhana SEO untuk Pemula’ postingan kali ini saya lansir oleh sebuah situs shinzotech.com, dibilang menarik karena artikel tersebut mengulas tips Teknik Dasar SEO (Search Engine Optimization), tips  ini saya rasa sangat berguna bagi pemilik blog pemula yang menginginkan situsnya cepat terindex di mesin pencari (search engine) dan optimalisasi di search engine. Bagi yang ingin mengetahui secara gamblang (jelas) cukup dibaca satu kali, lalu disimak, kemudian dipraktekan.
Mesin Pencari (Search Engine), bukan merupakan suatu hal yang tabu dan sudah pasti sangat familiar bagi anda sebagai pengguna internet, karena search engine merupakan hal utama yang akan anda ingat ketika anda membutuhkan sebuah informasi. Hanya dengan bermodalkan keyword atau kata kunci, anda dapat diarahkan hasil pencarian tersebut berdasarkan informasi spesifik dan dengan dukungan teknologi-teknologi canggih seperti algorithma pengurutan serta saran-saran terbaik dari hasil pencarian tersebut terhadap informasi yang paling signifikan dengan kebutuhan anda.

Banyak mesin-mesin pencari yang sudah terkenal seperti google.com. yahoo.com, bing, aol, ask.com, dan lain sebagainya. 10 Hasil terbaik akan dimunculkan pada urutan halaman utama, dengan kata lain 10 informasi tersebut merupakan informasi yang paling sesuai dengan hasil pencarian yang dimunculkan berdasarkan kata kunci yang anda masukan.
Sebagai pemilik website atau pengembang website, pasti Anda telah menyadari bahwa tingginya tingkat persaingan untuk mendapatkan posisi tersebut dan hal ini membuat kepentingan terhadap kemampuan dalam meningkatkan Search Engine Optimization atau biasa dikenal dengan SEO. SEO yang akan bekerja mempromosikan website Anda dan menentukan di posisi mana Anda akan ditempatkan.
Tidak sedikit website yang menggunakan teknik-teknik membuat konten otomatis hanya untuk mendapatkan pengunjung dan trafik ke website Anda. Mungkin sebagian dari Anda juga pernah merasakannya, mencari informasi tertentu tetapi anda malah diarahkan ke website yang sama sekali tidak memiliki informasi yang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.
Bagi Anda pemilik atau pengembang website yang membutuhkan trafik kunjungan ke website anda, ada beberapa hal yang harus dipahami sebagai panduan dasar tentang apa yang akan Anda lakukan untuk mengembangkan SEO untuk website Anda.
Berikut ini adalah 10 Tips dan langkah dasar yang dapat menjadi panduan untuk Anda.

1.      Belajar dan Belajar

Hal yang mendasar dan paling utama adalah, belajar, Anda harus mencari informasi-informasi dalam artikel-artikel SEO dan belajar memahami bagaimana algoritma mesin pencari bekerja (misalnya algoritma Google) dan perubahan-perubahan yang terus dikembangkan. Teruslah belajar untuk dapat mengikuti perkembangan dan perubahan yang telah mereka buat untuk dapat mempertahankan posisi hasil pencarian website Anda.

2.      Sabar

Banyaknya informasi yang Anda terima dari berbagai macam sumber, dan yang pasti, banyaknya pesaing untuk menjadikan website Anda menjadi posisi teratas, pasti akan menimbulkan rasa frustasi jika anda terus mengalami kegagalan dalam memonitor SEO anda. Jadi, tetaplah bersabar dan terus berusaha untuk dapat meningkatkan ranking website Anda.

3.      Definisikan Hasil akhir

Buatlah definisi capaian hasil akhir seperti apa yang ingin anda dapatkan untuk mendapat posisi dan ranking terbaik untuk website Anda.

4.      Pantau Progres Hasil Kerja Anda

Gunakan web analis (analytics) untuk dapat memantau capaian hasil dan progress yang telah anda capai, misalnya menggunakan sebuah tools yang paling banyak digunakan seperti Google Analytics.

5.      Update Website Anda

Teruslah melakukan pembaharuan terhadap informasi pada website Anda agar selalu memberikan informasi terkini. Hal ini juga didapatkan berdasarkan hasil pantauan Anda terhadap pengunjung yang telah datang kepada website anda. Bahkan kalo perlu, berikan sebuah form untuk para pengunjung anda untuk memberikan saran sebagai bahan pertimbangan Anda dalam menyesuaikan dengan kebutuhan mereka.

6.      Konten Unik

Ini adalah hal utama yang harus diperhatikan, dengan meng-copy / paste informasi dari website lain tidak akan berfungsi 100%, lebih baik Anda menyediakan informasi yang berbeda berdasarkan informasi-informasi yang sama pada website lain. Dengan kata lain, Anda menggunakan website lain hanya sebagai referensi, dan tulis ulang informasi yang ingin Anda sampaikan berdasarkan sumber-sumber yang Anda dapatkan.

7.      Menggunakan Pendekatan 360 Degree (360 Derajat)

Gunakan widget-widget dari jejaring sosial (social network) dan pencarian di website Anda. Hal ini dapat membantu mempertahankan trafik anda bahkan memberikan pengunjung baru karena informasi yang telah di bagikan oleh pengunjung Anda dari widget yang telah Anda tempatkan.

8.      Bijak dalam Memutuskan Apa yang Harus Anda Bayar

Banyak program-program yang dapat Anda jalankan berdasarkan hasil koordinasi tim marketing anda, tetapi jangan berpangku 100% terhadap hasil keputusan tersebut, pertimbangkan dan berikan keputusan yang terbaik.

9.      Gunakan Sitemap

Gunakan Sitemap untuk memetakan website Anda dan membantu Mesin Pencari untuk memahami struktur halaman dan link pada website Anda sehingga meningkatkan kemungkinan website Anda SEO-Friendly.

10.  Web Master Tools

Gunakan tools yang disediakan oleh Google untuk memantau trafik dan statistik hasil penyimpanan dan hasil Crawl mesin pencari terhadap website Anda.
Itulah beberapa tips dan teknik dasar yang harus Anda pahami, pertimbangkanlah untuk mencapai keberhasilan dalam meningkatkan trafik kunjungan Anda. Pemahaman dasar adalah hal yang utama yang paling Anda butuhkan untuk meningkatkan kemampuan SEO anda. Gunakanlah secara bijak tools gratis yang sudah banyak tersedia untuk memantau hasil kerja yang telah anda lakukan dalam meningkatkan trafik kunjungan ke website Anda.
Sebagai Catatan…
Mesin Pencari (Search Engine) dalam pencarian Google mengutamakan postingan akan tampil di halaman pertama mesin pencarian yang situsnya sudah memiliki page rank (PR) yang lebih tinggi dulu atau postingan yang lebih berkualitas akan diurutkan terlebih dahulu. 
Semoga postingan bisa bermanfaat, pesan dari Saling Indonesia blognya Silaturrahmi Antar Link, Anda bisa bersilaturrahmi di blog ini, lewat kolom komentar yang telah disediakan, sebagai informasi blog ini termasuk blog dofollow (bisa Anda cek dengan menekan CTRL U lalu cari dengan CTRL  F dengan mengetik follow).

35 comments:

  1. wah lenkap sekali nih tekniknya, ijin mempelajarinya yia bos...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan Mas, pelajari tekniknya dan praktekan, bisa mengetahui hasil akhir di search engine

      Delete
    2. Apakah kesepuluh poin di atas dapat diterapkan untuk blog saya , karena blog saya temanya spesifik hanya ilmu matematika fisika dan kimia . Bingung cari yang unik unik ?

      Delete
  2. Replies
    1. Terima kasih kembali, ditunggu kunjungan berikutnya

      Delete
  3. 10 tips yang harus kita terapkan untuk keberhasilan blog kita, terima kasih infonya

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah udah saya terapkan tipsnya dan memang terbukti.

    Artikel yang unik bisa bersaing dg blog lainnya.

    Makasih ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terbukti ya Pak, artikel unik dan original memang sangat di sukai search engine, terima kasih kunjungannya

      Delete
  5. belajar seo khusus untuk targetin kontes blog seo, walaupun sekarnag belum pernah nyoba sekali pun. udah belajar, tapi seo itu selalu saja update dan baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kunjungannya, jadi mesti update terus perkembangan seo ya Mas

      Delete
  6. tapi itu semua butuh proses yg panjang ea sob. sabar pokok e lah teknik seo ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia Mas perlu shabar, untuk menguasai teknik seo diperlukan belajar dan mencoba, terima kasih kunjungannya

      Delete
  7. Tips yang berguna sekali buat saya yang masih newbie nih Mas Oyo
    Saya ijin pakai ya Mas Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin tips bisa bermanfaat untuk mengoptimalkan di search engine, hehe seperti pemula seperti sy perlu banyak belajar untuk mengetahui rahasia SEO baik google, yahoo, bing, atau lainnya, mungkin bisa mudah muncul kalau hanya menuliskan judul postingan di search engine dpt halaman pertama, tapi untuk menuliskan kata kunci populernya belum tentu ya Mas, terima kasih kunjungannya

      Delete
  8. Wah mantap nih, betul banget, hal terpenting dalam belajar dasar SEO adalah belaajr dan belajar. Kemudian dilanjutkan dengan sabar, karena SEO itu efeknya gak langsung bisa kita dapatkan, butuh waktu yang lumayan lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas, saya sendiri pernah mencobanya mengoptimalkan sesuai kata kunci di penelusuran, hehe munculnya setelah beberapa hari bisa dilihat di penelusuran google, perlu sabar Mas, apalagi kunci penelusuran yang persaingannya di atas jutaan, terima kasih kunjungannya

      Delete
  9. Yang jelas itu , harus sabar bener ya mas..
    sabar dan berusaha tentu nya heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas, misteri SEO perlu di coba dan di coba, belajar dan bershabar untuk mengoptimalkannya, terima kasih kunjungannya

      Delete
  10. luar biasa mas lengkap sekali pembahasannya. Untuk belajar seo memang agak sulit untuk pemula, jadi harus bertahap dalam mempraktekkan nya sambil memantau perkembangan blog nya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia, Mbak untuk pemula perlu banyak belajar di blog-blog yang sudah pakarnya SEO, perlu bertahap untuk mengungkap rahasia SEO, mungkin perlu banyak blogwalking ya Mbak, terima kasih kunjungannya

      Delete
  11. penjelasannya sangat lengkap dan bermanfaat sekali mas, tapi saya kesulitan menerapkan yg nomor dua, yaitu sabar, hehehe :D padahal itu hal penting ya mas meskipun kelihatannya sepele :)

    makasih sharingnya n salam sukses :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia, sabar perlu dimiliki oleh kita, traffic rendah sabar, rank turun sabar, sabar perlu diikuti dengan usaha terus menerus yaa Mbak, banyak belajar bisa memudahkan memecahkan solusinya, yg perlu duhindari putus asa, karena usaha kita akan sia-sia, terima kasih kunjungannya

      Delete
  12. Poin 1 sesuai motto saya, mas Oyo. Belajar dan selalu belajar, termasuk belajar memahami teknio SEO... Terima kasih tips yang sangat bermanfaat ini untuk pengembangan blog saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Pak, belajar teknik SEO, masih diperlukan untuk sebuah blog seperti blog saya ini Pak, karena pengunjung unik masih mayoritas dari search engine hampir 90%, terima kasih sudah berkunjung dan mmenfollow blog

      Delete
  13. Mas oyo blog saya punya masalah gini... kalau maslaah terindeks google mah di beberapa keyword kadang ada di atas mas. Etapi kok page ranknya masih n/a ya mas.. padahal alexa sudah 500ribuan. Gimana mas solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe py saya juga masih null (0),, mungkin kalau masih n/a tandanya ada masalah, kata sy mbak..coba saja ada masalah gak bisa di cek websmaster tool google, tunggu beberapa saat mbak kalau blog sudah di crawl/ fatch as google response sukses, ntar cek lagi, mudah-mudahan tidak n/a..

      Delete
  14. untuk belajar seo, harus dimulai dari belajar seo dasar dulu ya mas, jadi bisa bertahap belajar nya dan bisa meningkatkan traffic blog dengan baik :)

    ReplyDelete
  15. panduan praktis dan mudah dipahami, cocok dijadikan acuan oleh para blogger manakala ingin belajar seo, sehingga blog nya bisa rame pengunjung ribuan per hari ya mas ;)

    ReplyDelete
  16. apabila kita bisa mempraktekkan tips diatas, maka blog kita berpotensi punya traffic tinggi ya mas. Bisa dicoba nih tips nya untuk para blogger agar rame pengunjung ;)

    ReplyDelete
  17. coba kalo bisa ane praktekan semua, pasti mantap tu...
    sayangnya cuma no 9 dan 10 mayan gampang :D


    ReplyDelete
  18. untuk poin lima lumayan susah yia bos, updte fb aja bingung apalagi blog, hehehe...

    ReplyDelete
  19. jujur kadang saya kurang suka konten unik , karena konten unik belum tentu jelas dan membantu orang lain.... tapi ya saya pasrah aja karena yang bekerja mesin atau robot jadi harus maklum kali.... boleh kunbal dong http://jasabikin-website.blogspot.com

    ReplyDelete
  20. yang konten unik susah bikin nya gan, kita harus bersabar bikin konten unik

    ReplyDelete

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink