Space Iklan

Monday, June 1, 2015

Pentingnya Stand Up Meeting Sebelum Bekerja

Saling Indonesia. Stand up meeting adalah kegiatan yang dilakukan para pekerja sebelum memulai aktifitas dalam pekerjaan, biasanya stand up meeting dilakukan meeting sebentar sekitar 10-15 menit sambil berdiri. Stand up meeting bisa dilakukan di depan pintu masuk atau di tempat mereka bekerja. Stand up meeting biasanya di pimpin oleh salah seorang kepala  unit bagian atau bisa juga secara bergilir, sehingga timbul rasa  kekeluargaan atau bagian yang utuh untuk menimbulkan rasa kerjasama dan rasa gotong royong dalam team tersebut sehingga menimbulkan team work yang solid.

Kenapa Stand up meeting penting ? kegiatan rutinitas yang biasanya dilakukan di setiap unit bagian, untuk memonitar kegiatan rutin agar pekerjaan tiap-tiap unit bagian bisa berjalan lancar. Dikarenakan kegiatan tiap unit bagian saling berhubungan dengan tiap unit yang lain maka dengan kegiatan stand up meeting dapat menyelesaikan komunikasi yang terputus dan diperoleh solusi secara singkat dan cepat. Dengan stand up meeting juga dapat mengkomunikasikan pekerjaan yang akan dilakukan agar bisa bekerja secara efektif dan kelancaran dalam bekerja (cara menggunakan peralatan kerja dan kegiatan 5 S).

Apa saja kegiatan stand up meeting ? dikarenakan waktu yang singkat maka kegiatan yang biasa  dilakukan seperti :
  1. Apa saja kegiatan yang kemarin dilakukan ?
  2. Kegiatan apa saja hari ini akan dilakukan ?
  3. Apa kegiatan yang akan dilakukan berikutnya (besok) ?
  4. Doa bersama untuk kelancaran kerja
Dengan melakukan stand up meeting rutin maka aktifitas dalam pekerjaan bisa berjalan lancar dan memotivasi para pekerja untuk bekerja tepat waktu, misalnya jam masuk 8.00 tepat, para pekerja sudah siap untuk beraktifitas dengan pakaian lengkap untuk mengikuti stand up meeting, dan mempersiapkan diri untuk merencanakan aktifitas hari ini dan besok, dan kegiatan kemarin yang pernah dilakukan.

Dengan mengikuti forum di stand up meeting bisa membiasakan diri berbicara di tempat umum (forum tersebut) dan progress untuk aktivitas yang efektif dan usulan-usulan selama bekerja. Dari forum stand up meeting maka kedisiplinan, kekeluargaan, kerjasama antar para karyawan sangat kental sehingga karyawan yang proaktif dan kerjasama dalam team work mudah didapatkan untuk kelancaran bekerja.

3 comments:

  1. betul banget tuh memang perlu stand up meeting

    ReplyDelete
  2. di kantor saya juga suka melakukan stand up meeting sebelum bekerja

    ReplyDelete
  3. Artikel ini memberikan wawasan terbaru buat saya, wacana pembahasan ini sangat bermanfaat.

    ReplyDelete

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink