Saling Indonesia. Stand
up meeting adalah
kegiatan yang dilakukan para pekerja sebelum memulai aktifitas dalam pekerjaan,
biasanya stand up meeting dilakukan meeting sebentar sekitar 10-15 menit sambil
berdiri. Stand up meeting bisa dilakukan di depan pintu masuk atau di tempat
mereka bekerja. Stand up meeting biasanya di pimpin oleh salah seorang
kepala unit bagian atau bisa juga secara
bergilir, sehingga timbul rasa
kekeluargaan atau bagian yang utuh untuk menimbulkan rasa kerjasama dan
rasa gotong royong dalam team tersebut sehingga menimbulkan team work yang solid.
Kenapa Stand up meeting
penting ? kegiatan
rutinitas yang biasanya dilakukan di setiap unit bagian, untuk memonitar
kegiatan rutin agar pekerjaan tiap-tiap unit bagian bisa berjalan lancar. Dikarenakan
kegiatan tiap unit bagian saling berhubungan dengan tiap unit yang lain maka
dengan kegiatan stand up meeting dapat menyelesaikan komunikasi yang terputus
dan diperoleh solusi secara singkat dan cepat. Dengan stand up meeting juga dapat mengkomunikasikan pekerjaan yang akan dilakukan agar bisa bekerja secara efektif dan kelancaran dalam bekerja (cara menggunakan peralatan kerja dan kegiatan 5 S).
Apa saja kegiatan stand
up meeting ? dikarenakan
waktu yang singkat maka kegiatan yang biasa
dilakukan seperti :
- Apa saja kegiatan yang kemarin dilakukan ?
- Kegiatan apa saja hari ini akan dilakukan ?
- Apa kegiatan yang akan dilakukan berikutnya (besok) ?
- Doa bersama untuk kelancaran kerja
Dengan mengikuti forum di stand up meeting bisa membiasakan
diri berbicara di tempat umum (forum tersebut) dan progress untuk aktivitas
yang efektif dan usulan-usulan selama bekerja. Dari forum stand up meeting maka
kedisiplinan, kekeluargaan, kerjasama antar para karyawan sangat kental
sehingga karyawan yang proaktif dan kerjasama dalam team work mudah didapatkan
untuk kelancaran bekerja.
betul banget tuh memang perlu stand up meeting
ReplyDeleteArtikel ini memberikan wawasan terbaru buat saya, wacana pembahasan ini sangat bermanfaat.
ReplyDelete