Space Iklan

Thursday, July 25, 2013

Pentingnya Persiapan Psikotes



Saling Indonesia, Suatu hari saya dipanggil pimpinan, “bulan depan ikut psikotes”, mendengar kata psikotes agak sedikit pesimis juga, apalagi kalau sudah hitung-hitung matematik dan menggambar orang atau lainnya. Ternyata tes psikologi atau psikotes sudah menjadi tolok ukur pada suatu perusahaan.

Tes psikologi atau psikotes adalah bidang yang ditandai dengan penggunaan sampel perilaku untuk menilai kontruksi psikologi, seperti fungsi kognitif dan emosional, tentang individu tertentu. Istilah teknis untuk ilmu di balik tes psikologis psikometri. Dengan sampel perilaku, berarti pengamatan dari tugas melakukan individu yang biasanya telah ditentukan sebelumnya, yang sering berarti nilai pada ujian. Respon ini sering dikomplikasi ke dalam table statistic yang memungkinkan evaluasi untuk membandingkan perilaku individu yang diuji terhadap tanggapan kelompok norma. (Wikipedia)

Perusahaan untuk menerima karyawan baru, naik golongan (pangkat), atau pindah jabatan lain pada umumnya sering melakukan yang namanya Tes Psikologi yang bertujuan untuk mengukur kondisi seseorang dalam hal kejiwaan dan potensi serta kemampuan khusus. Setelah para calon karyawan dan karyawan tersebut mengikuti tes psikologi tersebut pada hasil akhir biasanya, untuk memutuskan kodisi kejiwaan dan potensi dari hasil tes psikologi tersebut sesuai kriteria yang menjadi standar perusahaan tersebut.

Tes Psikologi atau sering menyebutnya tes psikotes meliputi : Kemampuan Akademik (kecerdasan, kemampuan bahasa, logika, kemampuan berhitung), Kepribadian (ketekunan kerja, sistematika kerja, kemandirian, kestabilan emosi, sosialisasi, kreativitas, motivasi kerja, ego), Kemampuan Khusus (kecepatan kerja, keajegan kerja, ketelitian, ketahanan kerja), maka baik pekerja maupun perusahaan akan dapat mengetahui kualitas intelektual, potensi pengembangan ke depan, dan mengetahui tingkat kompetensi dan kompetisi dalam karir.

Untuk tenaga kerja yang akan mengikuti tes psikologi sebaiknya bisa mempersiapkan tes-tes tersebut bisa mempelajari dari buku-buku panduan yang bisa di dapatkan di internet atau toko-toko buku. Karena dengan mempelajari buku panduan biasanya akan lebih percaya diri dalam menghadapi tes psikologi tersebut. Walaupun contoh-contoh soal tes psikologis, ada sebagian orang yang mengatakan tidak perlu belajar, tidak ada salahnya untuk ilmu pengetahuan dan bisa meningkatkan kecerdasan.

Artikel Terkait :
Halaman ini terakhir diubah 12-11-2013 (31 view) 

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink