Space Iklan

Thursday, April 18, 2013

Tips Belanja Bulanan



Sebuah contoh kasus sederhana menghemat belanja bulanan.

Pada suatu hari saya belanja bulanan, kebetulan waktu itu saya membeli keparluan untuk anak yaitu pempes di sebuah mini market untuk pampes 1 pak yang isinya 18 buah dijual dengan harga Rp 52.500,00 dan yang isinya 6 buah dijual dengan harga Rp. 16.500,00, mungkin sepintas kita pilih 1 pak isi 18 buah Rp. 52.500,00, biasanya kalau yang isinya lebih banyak biasanya harga lebih murah. Tetapi setelah saya hitung kembali yang lebih murah adalah yang isinya 6 buah Rp. 16.500,00.

Karena biasanya pengalaman yang lebih besar akan lebih murah, mungkin iseng-iseng kita kalkulasi, karena matematika saya tidak begitu bagus, saya buka kalkulator di handphone, hasil perhitungan sebagai berikut : isi 18 buah Rp. 52.500, jadi harga per satuan jatuhnya Rp. 2.916,67 dan isi 6 buah Rp. 16.500,00, jadi harga per satuan jatuhnya Rp. 2.750,00, jadi ada perbedaan sebesar Rp. 215,33 per buahnya (Rp. 2.916,67-2.750,00). Jadi kesimpulnya dengan memilih isi 6 buah akan menghemat uang kita sebesar Rp. 215,33 per buah. Hitung kembali kalau satu bulan dan satu tahun.

Mungkin bagi kita semua yang namanya kegiatan belanja bulanan suatu hal yang rutin kita lakukan, biasanya sehabis gajian mini market, supermarket, mall, pasar tradional akan kebanjiran pembeli, dan mulai agak sepi tempat belanja tersebut pas tanggung bulan.

Perlu kita pertimbangkan agar Belanja bulanan kita bisa di hemat, di antaranya berikut ini :

Pencatatan Sebelum Berbelanja

Sebelum pergi ke tempat belanja (pasar, mini market , supermarket, dll) perlu kita mempunyai catatan apa yang akan kita beli.  Keuntungan dengan pencatatan ini mempermudah mendapatkan barang yang akan kita beli, dan menghindari barang yang salah beli. Dengan mencatat barang yang akan kita beli sebaiknya prioritaskan barang-barang yang utama dipakai sehari-hari seperti beras, minyak, gula, sabun, dan lainnya (Kebutuhan primer, skunder, tertier).

Lokasi Tempat Belanja

Mungkin lokasi-lokasi yang biasa kita belanja perlu juga ditinjau setiap bulan, umumnya kita memilih tempat belanja yang murah, lengkap, dan mudah di dapat. Biasanya kita berbagi informasi dengan teman-teman dekat tempat belanja yang dianggap termurah (barang-barang dengan kondisi sama baik fisiknya (visual) maupun expired datenya).

Barang Diskon dan Promosi

Mungkin kita akan tergiur Diskon saat belanja, kalau tidak benar-benar diperlukan barang-barang diskon sebaiknya diperhitungan untuk menolaknya. Kita sudah mencatatnya akan membeli hanya 3 buah karena ada diskon yang ditawarkan pelayan, seperti contohnya apabila beli sebanyak 5 buah harga sekian rupiah, apabila kita tergiur oleh promosi tersebut, kita akan ambil walau barang tersebut sebenarnya tidak diperlukan.  

Membawa Uang Sesuai Budget

Biasanya uang yang dibawa berlebihan cenderung tidak hemat, sebaiknya bawalah uang ketempat berbelanja sesuai budget yang sudah kita catat, alokasikan terlebih dahulu uang belanja bulanan untuk pembayaran yang dianggap sudah pasti setiap bulan seperti pembayaran listrik, pam, handphone, cicilan kendaraan, rumah, dan biaya keperluan anak sekolah.

Terakhir, selalu menyimpan bukti-bukti pencatatan dari tempat berbelanja untuk perbandingan pengeluaran bulan berikutnya.

Demikian postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat.

Halaman ini terakhir diubah 01-09-2014 ( 15 views)

No comments:

Post a Comment

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink