Velotaxi, becak modern di Hamburg, Jerman
Becak merupakan alat angkutan yang ramah lingkungan
karena tidak menyebabkan polusi udara (kecuali becak bermotor tentunya). Selain
itu, becak tidak menyebabkan kebisingan dan juga dapat dijadikan sebagai obyek
wisata bagi turis-turis mancanegara.
Untuk meningkatkan kemampuan
becak dan mendorong penggunaan kendaraan tidak bermotor dan menjadi tren
dibeberapa negara maju dikembangkan becak yang menggunaan gigi
percepatan/transmisi seperti yang digunakan dalam sepeda modern sehingga bisa
melewati tanjakan dengan lebih mudah, desain dibuat aerodinamis serta
pengemudinya berada di depan ruang penumpang. Tren itu berupa alat transportasi
umum bebas polusi bertenaga manusia—dikayuh—dan diberi nama “Velotaxi”.
Proyek modernisasi becak
Di Yogyakarta saat ini ada
upaya untuk melakukan modernisasi becak yang dilakukan bersama antara
Universitas Gajah Mada, dalam ini Unit Studi Transportasi, Puspar bekerja sama
dengan Institute for Transportation and Development Policy, New York serta
Pemerintah Daerah dan Kadin yang dimaksudkan untuk menciptakan "Sebuah
upaya mewujudkan kesinambungan peran becak dalam pengembangan pariwisata
Yogyakarta".
Aspek desain
Beberapa konsep penting yang
dilakukan dalam mendesain becak kayuh modern yang perlu diperhatikan:
- Terbuat dari bahan yang ringan, untuk itu disarankan untuk menggunakan bahan serat kaca (Fiber glass), struktur yang lebih ringan. Beragam inovasi dilakukan, antara lain mengubah becak menjadi lebih ringan. Berat becak kosong yang bisa mencapai 120 kilogram disiasati tinggal 80-85 kilogram.
- Desain yang aerodinamis untuk mengurangi hambatan udara pada saat dijalankan agar lebih ringan dalam mengayuh becak,
- Menggunakan gigi percepatan sebagaimana digunakan pada sepeda modern sehingga dapat digunakan pada jalan yang ada tanjakannya
- Menggunakan modern seperti yang digunakan pada sepeda modern dengan menggunakan rem hydraulic dan rem cakram (disk brake),
- Kabin penumpang yang nyaman, jok yang ergonomis,
- Menggunakan suspensi hydraulic yang dikenal sebagai shock breaker,
- Bila diperlukan dapat dilengkapi dengan motor listrik untuk menggerakkan becak pada saat mulai jalan (lebih berat pada saat mulai jalan sehingga dengan bantuan motor listrik akan mempermudah termasuk pada saat becak berjalan di tanjakan).
- Salah satu permasalahan dalam menggunakan becak adalah tarif yang ditetapkan berdasarkan kesepakatan, yang terkadang masyarakat pengguna merasa tidak adil. Untuk mengatasi permasalah itu di Surabaya dikembangkan Argometer untuk becak.
Sumber : http://id.wikibooks.org
asik juga nie Kendaraan, jadi pengen punya
ReplyDelete