Space Iklan

Sunday, August 16, 2015

Perlombaan-Perlomaan Tradisional dalam “Memeriahkan Hari Kemerdekaan 17 Agustus ” di Indonesia



Saling Indonesia, Bangsa Indonesia tercinta terbebas dari penjajahan di proklamirkan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945. Kemerdekaan merupakan hak segala bangsa begitu juga bangsa Indonesia, berkat Rahmat Allah SWT pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia merdeka.

Untuk mengisi dan rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia, seluruh rakyat Indonesia pada tanggal 17 Agustus sering mengadakan acara-acara perlombaan seperti berikut ini :

1.  Panjat Pinang

Panjat Pinang perlombaan unik yang sering dilakukan pada acara kemerdekaan Indonesia. Sebuah pohon pinang yang tinggi dan batangnya dilumuri oleh pelumas disiapkan oleh panitia perlombaan. Di bagian atas pohon tersebut, disiapkan berbagai hadiah menarik. Para peserta berlomba untuk mendapatkan hadiah-hadiah tersebut dengan cara memanjat batang pohon.

Oleh karena batang pohon tersebut licin (karena telah diberi pelumas), para pemanjat batang pohon sering kali jatuh. Akal dan kerja sama para peserta untuk memanjat batang pohon inilah yang biasanya berhasil mengatasi licinnya batang pohon, dan menjadi atraksi menarik bagi para penonton. hadiah tersebut kemudian dibagikan kepada para peserta masing masing.

2.  Makan Kerupuk

Makan kerupuk salah satu perlombaan tradisional untuk memeriahkan hari kemerdekaan di Indonesia. Dalam perlombaan makan kerupuk panitia  menyiapkan kerupuk sejumlah jumlah peserta yang digantung dengan tali secara berjejer kepada sebuah tali panjang. Para peserta berlomba untuk memakan kerupuk masing-masing, dan pemenangnya adalah peserta yang paling cepat memakan habis kerupuknya. Tantangan dari lomba ini adalah, peserta tidak diperbolehkan menggunakan tangan - dalam memakan kerupuk, peserta hanya diperbolehkan menggunakan mulutnya.


3.  Tarik Tambang

Tarik Tambang salah satu perlombaan yang populer untuk menyemarakan perayaan hari kemerdekaan. Pertandingan tarik tambang melibatkan dua regu dengan 5 atau lebih peserta. Dari dua regu tersebut bertanding dari dua sisi berlawanan dan semua peserta memegang erat sebuah tambang yang sudah dipersiapkan panitia perlombaan, panitia memberikan pembatas diantara dua regu tersebut, apabila salah satu regu yang melewati pembatas maka dinyatakan kalah, kemudian kedua regu tersebut diulang yang berlawanan untuk mengikuti lomba tarik tambang yang kedua kali atau berikutnya sampai berakhir sampai didapatkan pemenangnya.

Taktik permainan terletak pada penembatan pemain, kekuatan tarik dan pertahanan tumpuan kaki di tanah, pada umumnya pemain dengan kekuatan paling besar ditempatkan di ujung tali, untuk menahan ujung tali saat bertahan atau menghentak pada penarikan.

4.  Balap Karung 

Balap karung adalah salah satu lomba tradisional yang populer pada hari kemerdekaan Indonesia. Sejumlah peserta diwajibkan memasukkan bagian bawah badannya ke dalam karung kemudian berlomba sampai ke garis akhir.

5.  Lari Kelereng

Lari kelereng adalah salah satu perlombaan yang dilaksanakan pada perayaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus. Pada perlombaan Lari Kereleng panitia menyiapkan peralatan berupa kelereng, sendok, dan ember. Permainan ini caranya yaitu peserta lomba berjalan cepat setengah lari sambil menjaga kelereng agar tidak jatuh, apabila kelereng yang peserta jatuh maka dinyatakan kalah, adapun yang menjadi pemenangnya yaitu peserta yang bisa mengumpulkan kelereng paling banyak dalam ember.


Sumber : Disarikan dari berbagai sumber

Artikel terakhir diubah 16-08-2015 ( 144 views)

15 comments:

  1. Keren pak lomba-lombanya saya juga kemarin ikut lomba makan kerupuk :)

    ReplyDelete
  2. paling suka tuh sama perlombaan balap karung :D

    ReplyDelete
  3. balap karung yang paling sering ikutan dalam acara 17 agustusan

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. bola dangdut harusnya di ikut sertakan juga gan (Y)

    ReplyDelete
  7. kangen kang sama perlombaan-perlombaan jadul setiap 17 agustusan, cuma bisa ngerasain setahun sekali, hehe

    ReplyDelete
  8. PUSAT OBAT KUAT PEMBESAR PENIS DAN ALAT BANTU SEX PRIA WANITA
    PIN BB 298100f2

    ReplyDelete
  9. Wah keren nih lomba lomba kayak gini keren...

    ReplyDelete
  10. kalo saya yang pernah ikut balapan karung nya gan

    ReplyDelete
  11. Waaaaak kangen 17an di kampung.. Semoga budaya 17an ini selalu lestari ya.. kapan lagi tua muda bersatu berlomba-lomba saling ketawa :D

    ReplyDelete

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink