Space Iklan

Friday, October 26, 2012

NABI DAN RASUL SERTA PERBEDAAN NABI DAN RASUL

Assalamualaikum Wr.Wb.

Saling Indonesia. pada kesempatan ini akan menuliskan artikel NABI DAN RASUL SERTA PERBEDAAN NABI DAN RASUL, artikel ini saya ambil dari beberapa sumber di antaranya Wikipedia, Departemen Agama RI (AL-QUR’AN TERJEMAHAN PER-KATA), mudah-mudahan bisa bermafaat untuk pembaca yang mampir di blog Saling Indonesia.
“Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu kea rah timur dan Barat, tetapi kebajikan itu ialah (kebajikan) orang yang beriman kepada Allah, Hari Akhir, Malaikat-malaikat, Kitab-kitab, dan Nabi-nabi, dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak yatim, orang-orang miskin, orang-orang yang dalam perjalanan (musafir), peminta-minta, dan untuk memerdekakan hamba sahaya, yang melaksanakan salat dan menunaikan Zakat, orang-orang yang menepati janji apabila berjanji, dan orang yang sabar dalam kemelaratan, penderitaan, dan pada masa peperangan. Meraka itulah orang-orang yang benar, dan mereka itulah orang-orang bertakwa.” (Q.S. Al-Baqarah : 177)
Kita ketahui bahwa percaya kepada para nabi dan para rasul merupakan Rukun Iman yang keempat, Adapun Rukun Iman di antaranya sebagai berikut :

Rukun Iman
                                 1. Allāh
                                              2. Malaikat
                                             3. Kitab Allāh
                                             4. Nabi dan Rasul
                                             5. Hari Akhir
                                             6. Qada dan Qadar

Perbedaan nabi dan rasul

Rasul adalah laki-laki yang diperintahkan Allah untuk menyampaikan wahyu kepada kaumnya pada zamannya. Percaya kepada para nabi dan para rasul merupakan Rukun Iman yang keempat dalam Islam.

Para Nabi boleh menyampaikan wahyu yang diterimanya tetapi tidak punya kewajiban atas umat tertentu atau wilayah tertentu. Sementara, kata "rasul" berasal dari kata risala yang berarti penyampaian. Karena itu, para rasul, setelah lebih dulu diangkat sebagai nabi, bertugas menyampaikan wahyu dengan kewajiban atas suatu umat atau wilayah tertentu. Dari semua rasul, Muhammad sebagai 'Nabi Penutup' yang mendapat gelar resmi di dalam Al-Qur'an Rasulullah adalah satu-satunya yang kewajibannya meliputi umat dan wilayah seluruh alam semesta 'Rahmatan lil Alamin'.
                  
Demikian  artikel NABI DAN RASUL SERTA PERBEDAAN NABI DAN RASUL, mudah-mudahan bermanfaat.


Artikel Terkait :
·         ASMA’UL HUSNA
·         MALAIKAT
·         Nabi Adam A.S

 Halaman ini terakhir diubah 11-04-2014 ( 161 views)

No comments:

Post a Comment

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink