Space Iklan

Wednesday, January 30, 2013

Lihat-lihat "Gudang Data" Google



Saling Indonesia. Puluhan ribu server ditampung dalam ruangan-ruangan berukuran besar. Komputer-komputer ini menangani semua fungsi pencarian internet oleh pengguna, berikut jasa-jasa lain yang disediakan Google.

Foto-foto kantor Google di Mountain View (Googleplex) dan di belahan dunia lain terbilang mudah dicari di internet. Lain halnya dengan "gudang rahasia" Google, yaitu pusat data (data center) yang memang dijaga ketat.

Data center ini merupakan fondasi Google, yang mencakup jaringan komputer server dan kabel fiber-optic berukuran masif, yang mampu mengindeks 20 miliar laman situs dan melayani 3 miliar permintaan search tiap hari.


Dari Google saja, hanya segelintir pegawai yang diberi akses ke prasarana super-penting tersebut.

Nah, kini kerahasiaan data center itu perlahan-lahan mulai dikikis.  Belakangan, Google mulai menyingkap pemandangan di sejumlah data center miliknya lewat serangkaian foto yang dibuat oleh fotografer Connie Zhou.

Dalam rangkaian foto tampak ruang-ruang besar yang dipenuhi rak server serta jaringan pipa yang rumit dan berwarna-warni.

Jenis hardware dan software yang dipakai Google untuk menjalankan data center sendiri tidak diketahui. Demikian pula dengan angka penggunaan listriknya.

Untuk mereka yang masih penasaran, salah satu data center Google di Lenoir, North Carolina, Amerika Serikat, bisa pula dijelajahi lewat fasilitas Google Street View dari link ini.

Warna pipa yang berbeda-beda digunakan untuk mengidentifikasi fungsi tiap pipa dengan cepat (Gambar: Connie Zhou/ Google)

















Sumber : kompas.com
Orang-orang di balik layarlah yang membuat Google menjadi perusahaan seperti saat ini. Kami memperkerjakan orang-orang yang cerdas dan tekun, dan kami lebih mengutamakan kemampuan di atas pengalaman. Meskipun Karyawan Google berbagi tujuan dan visi yang sama untuk perusahaan, kami menerima semua orang dari latar belakang yang berbeda dan dengan keragaman bahasa, yang mencerminkan pengguna global yang kami layani. Di luar pekerjaan, Karyawan Google melakukan bermacam hobi, mulai dari bersepeda hingga beternak lebah, mulai dari bermain frisbee hingga berdansa foxtrot.

Kami berusaha mempertahankan budaya terbuka yang sering kali dikaitkan dengan perusahaan rintisan, yang mana setiap orang merupakan kontributor aktif dan merasa nyaman untuk berbagi ide serta opini. Dalam pertemuan wajib mingguan kami (“TGIF”)—tidak termasuk yang lewat email atau di kafe—para Karyawan Google mengajukan pertanyaan langsung kepada Larry, Sergey, serta eksekutif lainnya mengenai masalah perusahaan, berapa pun banyaknya. Kantor dan kafe kami dirancang untuk mendorong interaksi antara Karyawan Google di dalam tim dan antartim lainnya, serta untuk menghidupkan percakapan tentang pekerjaan serta bermain.

Dengan lebih dari 70 kantor di lebih dari 40 negara, kemungkinan yang kita punya kesempatan di dekat Anda. Menelusuri kantor kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang bukaan kami dan bisa melihat Googleyness seluruh dunia.

Sumber : Google.com

Artikel Terkait :
Halaman ini terakhir diubah 08-02-2014 :03.03 PM ( 35 views)

1 comment:

  1. terima kasih atas infonya gan,
    maaf bikin spam ya gan,ini web buat tugas seo bukan untuk jualan
    http://jualkaosdota2.besaba.com/

    ReplyDelete

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink