Saturday, March 16, 2013

Tanah Liat atau Lempung



Saling Indonesia. Lempung atau Tanah Liat (clay) adalah partikel mineral berkerangka dasar silikat yang berdiameter kurang dari 4 mikrometer. Lempung mengandung leburan silika dan/atau aluminium yang halus. Unsur-unsur ini, silikon, oksigen, dan aluminium  adalah unsur yang paling banyak menyusun kerak bumi. Lempung terbentuk dari proses pelapukan batuan silika oleh asam karbonat dan sebagian dihasilkan dari aktivitas panas bumi.

Lempung membentuk gumpalan keras saat kering dan lengket apabila basah terkena air. Sifat ini ditentukan oleh jenis mineral lempung yang mendominasinya. Mineral lempung digolongkan berdasarkan susunan lapisan oksida silikon dan oksida aluminium yang membentuk kristalnya. Golongan 1:1 memiliki lapisan satu oksida silikon dan satu oksida aluminium, sementara golongan 2:1 memiliki dua lapis golongan oksida silikon yang mengapit satu lapis oksida aluminium. Mineral lempung golongan 2:1 memiliki sifat elastis yang kuat, menyusut saat kering dan memuai saat basah. Karena perilaku inilah beberapa jenis tanah dapat membentuk kerutan-kerutan atau "pecah-pecah" bila kering.(Wikipedia)

Manfaat Tanah Liat

Tanah liat lebih dikenal sebagai bahan utama pembuatan keramik atau pun porselen sebagai hiasan rumah. Tapi tau kan Anda jika kegunaan tanah liat bukan hanya untuk pembuatan hiasan rumah ??. 

Dari penelitian, tanah liat juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Hal ini terbukti karena tanah liat memiliki 67 mineral penting yang berguna buat tubuh. Ke 67 mineral tersebut antara lain, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, potasium, silica, dan elemen-elemen trace lainnya.

Penggunaan tanah liat untuk kesehatan telah dilakukan oleh Bangsa Indian di pegunungan Andes, Suku asli Meksiko, Suku Aborigin di Australia, dan  Suku di Afrika Tengah. Perlu diketahui juga kalau sejak 4.000 tahun yang lalu, orang-orang Indonesia telah memakan tanah liat untuk menghilangkan sakit perut, Buruli Ulcer (mirip seperti Lepra) dan Tuberculosis Mycobacterium (penyakit yang memakan daging).

Khasiat tanah liat antar lain sebagai berikut :
 
1. Sebagai obat untuk sakit perut, karena tanah liat memiliki zat seperti sponge yang berfungsi menyerap racun di tubuh.

2. Sebagai pengurang rasa sakit di luka, hal ini dikarena oleh sifat tanah liat yang adem dan memiliki kandunga Zink dan Zat besi yang membantu penyembuhan luka.

3. Sebagai detox tubuh. Tanah liat yang bersifat seperti sponge ini dapat digunakan untuk menyerap racun-racun ditubuh kita seperti bekteri, zat logam berbahaya, dll. 

4. Untuk kecantikan, tanah liat bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan memuluskan kulit Anda jika digunakan sebagai masker atau lulur tubuh. (blogspot)

Adapun manfaat lainnya Tanah Liat berikut ini :

Manfaat lain tanah liat untuk menghilangkan rasa pahit pada daun papaya dengan merebus daun pepaya dengan tanah liat atau lempung. Setelah daun layu dan empuk, pisahkan pepaya dan tanah liat. Caranya, cuci dengan air bersih sampai tanah liat benar-benar hilang dari daun pepaya.

Tanah Liat untuk pembuatan Genteng. Genteng tanah liat, genteng katagori ini terbuat dari tanah liat yg ditekan / di-press. Kemudian dipanaskan menggunakan bara api dengan derajat kepanasan tertentu. Genteng dengan bahan tanah liat masih diminati. Meski prosesnya memerlukan energi yang tidak sedikit, tetapi di sisi lain tanah liat sebenarnya dapat menyerap panas. Ini yang membuat rumah menjadi lebih sejuk.

Tanah Liat untuk Seni Kerajinan. Kerajinan yang terbuat dari tanah liat masih banyak diminati, karena bentuknya yang khas/unik dan inspiratif, seperti kerajinan gerabah. Bahkan penemuan guci untuk menyimpan makanan pada zaman Romawi kuno telah ditemukan di dalam kapal Romawi yang karam 2 ribu tahun yang lalu, guci-guci  tersebut terbuat dari tanah liat.

Sumber : Disarikan dari berbagai sumber

Artikel Terkait :

Artikel Terbaru :

Halaman ini terakhir diubah tanggal 20-04-2014 ( 1741 views )

No comments:

Post a Comment

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink