Space Iklan

Saturday, August 25, 2012

Khasiat Gadung (kripik gadung)


Gadung (Dioscorea Villosa), merupakan tanaman merambat, daun tunggal berbulu, tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 1300 mdpl, bergetah dan beracun, namun dengan penangan yang khusus yaitu setelah diiris-iris tipis gadung dilumuri dengan abu (diamkan selama semalam dalam bakul bambu tumpuk berlapis-lapis dan diatasnya ditutup dan tumpangi beban berat seperti batu dan lain-lain, kemudian pada pagi hari) di jemur beberapa hari (pagi di jemur diamkan selama semalam pada pagi harinya diangkat sambil diwadahi bakul), kemudian direndam di air yang mengalir selama 3-4 hari racun akan hilang (setiap pagi dan sore di aduk-aduk untuk dibersihkan dari abu yang menempel dengan air yang mengalir),setelah bersih dari abu yang menempel kemudiang ditiriskan dan di kukus sampai mateng. Kemudian di jemur sampai kering dan siap di konsumsi.

Khasiat dari gadung, sebagai senyawa Antispasmodic, Anti kelelahan, Anti-Inflamasi, Chologogue, Estrogenik, Hypocholester.

Kandungan Bahan Kimia Gadung :
Alumunium, Asam askorbat, Ask, Beta-karoten, kalsium, chromium, Cobalt, Dioscin, Dioscorin, Diosgenin, Besi, Magnesium, Mangan, Niacin, Fosfor, Kalium, Protein, Riboflavin,Sielenium, Silikon, Sodium, Thiamin, Timah, Seng.

Referensi dari beberapa tulisan, umbi ini telah digunakan dibeberapa budaya sebagai pengganti kopi. Hal ini membantu mendukung Limpa, Paru dan Ginjal. Dioscoreae berisi hingga 13 (tiga belas) persen.

Demikianlah sobat-sobat, artikel singkat saya, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Testimoni : Gadung dapat berkhasiat untuk menghilangkan bau pete,Insya Allah setelah mengkonsumsinya gadung,batu pete tidak akan ada (batu pete umumnya setelah kita buang air kecil),selamat mencoba.


Artikel terakhir diperbaharui 05-03-2014 ( 230 views)

2 comments:

  1. kalo di rebus biasa bisa menyebabkan pusing yia bos, hehehe..

    eh kalo boleh tahu si bos ini dari mana yia, kok tahu gadung, hehehe.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..ia..jangan makan sembarangan umbi yg satu ini, sudah banyak umbi yg siap makan (kripik gadung) di berbagai supermarket terdekat mas, asli citangtu-kuningan Mas (hehe dikampungku byk sekali tanaman ini)

      Delete

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink