Space Iklan

Sunday, May 18, 2014

Istilah-Istilah Yang Perlu Diketahui Untuk Blogger Pemula (2)



Assalamualaikum Wr.Wb. 

Saling Indonesia. Alhamdulillah, malam ini saya masih bisa menulis postingan lanjutan sebelumnya yang berjudul Istilah-istilah yang perlu diketahui untuk blogger pemula (1). Mudah-mudahan yang lagi membaca postingan ini sehat dan bahagia, Aamiin. Langsung saja kebahasan malam ini, sebagai berikut :

Dofollow


Istilah-istilah yang perlu diketahui untuk blogger pemula
image by wordstream.com

Sebenarnya istilah dofollow tidak ada, akan tetapi istilah ini sudah sangat populer, istilah yang ada yaitu Follow dan lawannya Nofollow, baiklah Follow itu  artinya ikuti, jadi kalau blog kita follow maka search engine/robot akan meneruskan  link tersebut sampai  ke blog yang ada link tersebut, misalkan artikel terdapat link hidup ke situs lain, maka mesin akan menelusuri link yang ada di blog sampai ke link yang dituju, kebalikannya blog yang nofollow (tidak mengikuti) link tersebut.

Biasanya untuk melihat secara cepat, apakah blog itu follow atau nofollow, mungkin ada juga blog yang tidak bisa dilihatnya (di close/protek oleh pemiliknya) atau ada juga blog yang menyebutkan sendiri dengan mengatakan ' blog ini dofollow", yang bisa dilihat source blog tersebut, biasanya cukup tekan CTRL U, maka akan terlihat blog/situs sourcenya, kemudian tekan CTRL F, lalu ketikan Follow, maka akan terlihatlah blog tersebut Follow atau Nofollow.


Mungkin Anda yang bertanya, baik jenis yang mana, blog dofollow atau nofollow, kalau menurut pribadi saya, jenis nofollow berisiko lebih kecil, karena robot tidak menulusuri link tersebut, sedangkan dofollow akan menelusuri lebih jauh ke sumber link tersebut, risiko dengan berbagai macam ragam blog dan blog berisiko tinggi mungkin saja ada, biasanya di kolom komentarlah setiap blog lain masuk, ada yang berkomentar dengan tujuan titip link, dan sebagainya.

Email

istilah-istilah dalam blog 
Email merupakan surat elektronik, setiap blogger mempunyai email hal yang wajib dimiliki, sebelum kita membuat blog alamat email baik dari gmail (google), ymail (yahoo), atau lainnya, tentu saja alamat email sebaiknya yang mudah dingat begitu juga paswordnya, karena blogger setiap mau membuat entri baru/artikel harus sign in, begitu saja blogger ingin berkomentar harus mencantumkan email, dan banyak lagi setiap hari beraktivitas di blog menggunakan email.


Follow Blog

Mengikuti sebuah blog, untuk pemula sangatlah penting, saling follow tentunya langkah awal untuk memperkenalkan blog ke blog lain, sebaiknya awali kita follow blog lain, kalau ingin cepat blog mempunyai follower, artikel yang terkini biasanya cepat mendapatkan respon dari blog yang pernah kita saling follow, dari saling follow itulah aktivitas berupa traffic, komentar akan terus menerus meningkat setiap saat. Sebaiknya luangkan waktu untuk memfollow blog-blog yang pernah kita kunjungi, bertambahnya follower akan berdampak ke traffic blog.

Untuk memudahkan artikel-artikel terbaru blog-blog follow/blog sahabat, bisa memasangnya widget di blog, karena dengan widget tersebut memudahkan melihat artiker terkini.

Baca juga :

Demikian postingan malam ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Baca juga Istilah-istilah :
  • Article (artikel)
  • Blogwalking (berkunjung)
  • Comments (komentar)
  Disini>>>

23 comments:

  1. Oh jadi untuj membedakan follow and nofollow bisa dicek fitur followernya itu kan bang?

    ReplyDelete
  2. Cara sederhana saya seperti itu Mbak E

    ReplyDelete
  3. akhirnya di update juga bagiam kedua, istilah blog memang banyak yia bos...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ntar saya kupas secara singkat..mudah-mudahan bisa bermanfaat

      Delete
  4. iya mas, harus hati hati ya kalau blognya Follow, pengunjungnya sih banyak sampai membludak, tapi resikonya juga banyak bisa - bisa di tendang sama Mbah Google hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan blog saya katagori dofollow,..harus hati2 karena spam bisa berisiko terhadap perkembangan blog,

      Delete
  5. Istilah-istilah blog ini memang harus diketahui para blogger biar enggak salah faham sama istilah-istilah ini..

    ReplyDelete
  6. wah nie lanjutan yang kemaren ya mas, terimakasih mas udah atas sharing infonya mengenai istilah yang harus diketahui oleh blogger, mudah-mudahan bermanfaat :)

    ReplyDelete
  7. Betul Mas, melanjutkan yang kemarin, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk blogger pemula, terima kasih sudah mampir, salam blogging dari Cirebon

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah kembali belajar lagi, terimakasih postingan tips blog nya Kang :)

    ReplyDelete
  9. artikel ini sangat bermanfaat sekali bagi saya yang baru belajar ngeblog, terimakasih gan infonya, semoga blognya sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih, mudah-mudahan bisa bermanfaat

      Delete
  10. Replies
    1. Sama-sama Mas Dede, terima kasih kunjungannya, sukses selalu Mas

      Delete
  11. keren mas sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  12. istilah memang sangat penting diketahui. apalagi bagi yang baru beajar. pengetahuan mengenai istilah ini akan sangat membantu dalam proses belajar seseorang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan bisa bermanfaat saja Mas

      Delete

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink