Space Iklan

Saturday, September 22, 2012

Go Green


Saling Indonesia. Lingkungan hijau merupakan nuansa alami, sejuk, dan ramah lingkungan. Kita bayangkan berada di sebuah pegunungan yang sejuk dengan angin yang sepoi-sepoi basa, hati menjadi tenang dan damai. Saya pernah mendengar plesetan syair lagu kemesraan yang menggambarkan suasana yang kotor, kumuh, dan bau….

Suatu hari
Di kala kita duduk di tepi sungai
Ku memandang sampah-sampah berserakan

Dari plesetan lagu tersebut terbayang sungai yang berserakan sampai-sampai plastik yang di buang ke kali/sungai sehingga sungai menjadi kotor, kumuh, dan berbahaya di kala hujan karena dapat mengakibatkan banjir.

Lingkungan hijau merupakan lingkungan yang di dambakan oleh kita semua, sebenarnya kita dapat dimulai dari keluarga kita seperti menanam pohon di depan rumah baik dalam pot maupun langsung ke tanah, dengan hal-hal yang kecil tersebut kalau di lakukan bersama rumah kita, tetangga kita, kampung kita, desa/kelurahan kita, akhirnya akan tercipta lingkungan yang sejuk, bersih dan akan terwujud lingkungan yang asri (aman, sejuk, rindang, dan indah).

Sudah saatnya kita meng gaungkan kata Go Green, Green My Earth, Sehat Lingkungan, Lead & Mercury Free dan lain-lain. Saling Indonesia  blog akan memberikan sedikit contoh yang mungkin bisa bermanfaat :

Sepeda Santai , kita tahu stock bahan bakar minyak semakin hari semakin menipis, apakah anak cucu kita akan kebagian yang namanya BBM (Bahan Bakar Minyak) lima puluh tahun mendatang, karena kita tahu bahwa Minyak Bumi merupakan bahan yang tidak dapat diperbaharui dan untuk menghasilkan minyak bumi di butuhkan dari fosil yang tersimpan berjuta-juta tahun lamanya. Untuk bekal warisan anak cucu di kemudian hari alangkah baiknya dari sekarang kita bisa menghemat yang namanya BBM, dengan berpergian yang dekat-dekat dengan bersepeda, selain menghemat BBM kita mendapat keuntungan sehat, murah, dan alami.

Menanam Pohon atau Bunga, pohon-pohon yang kita tanam akan menyerap air kotor dan udara menjadi segar, dengan berbudaya menanam pohon dan menyehatkan lingkan kita, sebaiknya menanam pohon yang bisa kita manfaatkan buahnya misalkan mangga, rambutan, jeruk, sawo, dan lain-lain. Sebaiknya menanam bunga yang dapat mengurangi tingkat radiasi lingkungan kita seperti lidah mertua, lidah buaya, kumis kucing, dan lain-lain. Bahkan saya pernah membaca sebuah artikel di surat kabar bahwa ada sebuah kabupaten yang akan membuat namanya Hutan Kota, mudah-mudahan kabupaten-kabupaten yang lainnya bisa mengikutinya demi terwujudnya lingkungan yang sejuk dan bersih.

Menggunakan Bahan-bahan Ramah Lingkungan, Dengan menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan, keluarga kita akan sehat, dengan keluarga sehat akan terwujud keluarga yang bahagia, sebaiknya menggunakan bahan-bahan yang herbal alami, bahan-bahan yang bebas mengandung logam berat ( lead & mercury free).

Untuk memotivasi kepada kita inilah kota-kota terhijau di dunia dan di Indonesia Kota-kota Terhijau di Dunia.

1. Vancouver, Kanada Sembilan puluh persen pasokan energy di aktifkan oleh Pembangkit listrik tenaga air,angin,surya, gelombang dan energy pasang surut air laut.
2. Malmo, Swedia Terkenal karena taman dan pembangunan perkotaan bernuansa ruang hijau.
3. Curitiba, Brazil Kota ini berfokus pada taman dan perkotaan dengan metode hijau, kota dengan bus-transit yang terbaik, sangat menganjurkan penggunaan kendaraan umum.
4. Portland, Oregon, Amerika Serikat Kota pertama yang focus alternatife transit dengan system kereta api dan jaringan jalur sepeda yang sangat luas, sehingga mengurangi emisi dan efek buruk dari transisi menggunakan bahan yang berkelanjutan.
5. Reykjavik, Islandia Kota yang dijalankan sepenuhnya pada energy hijau, termasuk panas bumi dan pembangkit listrik tenaga air, system transit bus menggunakan hydrogen. Kota-kota terhijau di Indonesia



DAFTAR PENERIMA
INDONESIA GREEN AWARDS 2012

GREEN MANUFACTURE

  1. PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk
    menjaga kelestarian lingkungan di seluruh kegiatan operasinya dengan pemakaian bahan bakar dan bahan baku alternatif, serta mengembangkan tanaman yang banyak menyerap karbon.
  2. PT Krakatau Tirta Industri
    menghijaukan dan merawat hutan di sekitar daerah aliran Sungai Cidanau yang menjadi daerah tangkapan air.
  3. PT Sumi Rubber Indonesia
    memerhatikan aspek lingkungan dalam proses produksi, menciptakan lingkungan hijau dengan menanam banyak pohon di area pabrik dan lingkungan sekitar, serta mendidik masyarakat untuk peduli pada lingkungan.

GREEN MINING
  1. PT Antam (Persero) Tbk
    menanam lebih dari satu juta pohon per tahun, mereklamasi lahan bekas tambang dengan fokus perbaikan pada lingkungan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.
  2. PT Bukit Asam (Persero) Tbk
    mereklamasi lahan bekas tambang dengan pohon kayu putih yang menghasilkan minyak kayu putih sehingga memberi manfaat ekonomi dan kesempatan kerja bagi masyarakat sekitar.
GREEN AGRO INDUSTRY
  1. PT Astra Agro Lestari Tbk
    menciptakan sistem Astra Green Company (AGC) sebagai standar praktik bisnis yang ramah lingkungan. Dengan standar ini telah memacu kinerja lingkungan pada hampir semua anak perusahaan.
  2. PT Raya Padang Langkat (Rapala)
    melakukan inovasi dalam peremajaan kelapa sawit, sehingga tidak ada lagi pembakaran pohon tua yang mengeluarkan banyak karbon di udara.
  3. PT SMART Tbk
    melalui anak perusahaannya yaitu PT Kresna Duta Agroindo di pabrik Sei Pelakar, Jambi, mewujudkan pengembangan energi terbarukan serta pengurangan Gas Rumah Kaca sebagai salah satu wujud praktik usaha kelapa sawit yang berkelanjutan.
GREEN FORESTRY
  1. PT Kutai Timber Indonesia
    mengembangkan Koperasi Serba Usaha Alas Mandiri KTI untuk menciptakan industri kehutanan berbasis hutan rakyat.
GREEN BANKING
  1. HSBC Indonesia
    menerapkan praktik keuangan bertanggung jawab dengan Equator Principles, pedoman yang memperhitungkan dampak sosial dan lingkungan dari pembiayaan suatu proyek, serta menempatkan kelestarian sebagai inti dari pembangunan ekonomi. Mengadakan HSBC Sahabat Iklim serta HSBC Water Programme, yang menunjukkan komitmen nyata HSBC pada lingkungan dan ekonomi masyarakat.
  2. PT Bank CIMB NiagaTbk
    memberikan layanan kredit perbankan bagi perusahaan-perusahaan yang memerhatikan lingkungan dalam operasinya. Secara internal,  mengembangkan praktik penghematan energi dan air, penggunaan kembali barang-barang yang masih berguna, serta mendaur ulang sampah.
GREEN TELECOMMUNICATION
  1. PT Indosat
    memilih daerah alirah sungai sebagai sasaran penanaman pohon. Indosat percaya bahwa pohon akan memberi perlindungan dan perawatan bagi kualitas air di aliran sungai. Pada gilirannya nanti akan berdampak pada kualitas ekonomi dan lingkungan masyarakat.
GREEN HOTEL
  1. Alamkulkul Boutique Resort
    konsisten menerapkan prinsip hotel hijau dengan bertumpu pada praktik 3 R.
  2. Surabaya Plaza Hotel 
    mampu menghemat pengeluaran hingga 80 juta rupiah per bulan, karena menggunakan sumber daya energi terbarukan dan mengoptimalkan penggunaan  lampu hemat energi.
  3. The Darmawangsa Hotel
    konsisten menjaga ruang terbuka hijau dalam perbandingan yang dianjurkan oleh regulasi, serta melaksanakan standar praktik green hotel.
GREEN HOSPITAL
  1. Rumah Sakit Kanker Dharmais
    melaksanakan praktik ramah lingkungan dalam fungsinya sebagai rumah sakit, mengembangkan kegiatan lingkungan yang menciptakan keselarasan dengan masyarakat sekitar.
GREEN CITY
  1. Kota Blitar
    mengembangkan sanitasi berbasis masyarakat dan menciptakan kampung iklim agar kualitas hidup masyarakat kota menjadi meningkat.
  2. Kabupaten Kutai Barat
    melakukan upaya keras agar perusahaan pertambangan menerapkan prinsip green mining agar kerusakan lingkungan bisa dihindari.
  3. Kota Probolinggo
    menjadikan Probolinggo sebagai Kota Seribu Taman dengan menggalang inisiatif para pemangku kepentingan.
  4. Kota Surakarta
    mengembangkan kebijakan yang pro lingkungan untuk segala aspek pembangunan.
GREEN SCHOOL
Delapan belas sekolah dinilai telah menjadikan perilaku ramah lingkungan sebagai bagian dari pendidikan dan pengajaran. Di samping itu, kegiatan yang semula berpusat di sekolah, kemudian juga ditularkan kepada masyarakat sekitar.
Delapan belas sekolah yang layak mendapatkan apresiasi Indonesia Green Awards tahun ini adalah:
    1. SD Negeri Purwantoro 1 Malang
    2. SD Negeri Jatipulo 07 Pagi Jakarta
    3. SD Negeri Mangunharjo 6 Probolinggo
    4. SD Negeri Sukabumi 6 Probolinggo
    5. SMP Negeri 13 Bogor
    6. SMP Negeri 4 Probolinggo
    7. SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
    8. SMP Negeri 1 Pangkajene, Sulawesi Selatan
    9. SMP Negeri 16 Surabaya
    10. SMP Negeri 3 Balikpapan
    11. SMP Negeri 2 Ubud
    12. Sekolah Alam Cikeas, Bogor
    13. SMA Negeri 2 Bekasi
    14. SMA Negeri 1 Grati Pasuruan
    15. SMA Negeri 10 Malang
    16. SMA Negeri 2 Probolinggo
    17. SMK Wikrama Bogor
    18. SMK Negeri 1 Probolinggo
GREEN CAMPUS
Empat universitas dinilai layak mendapatkan predikat Green Campus karena telah  mengembangkan gaya hidup ramah lingkungan. Mereka adalah:
    1. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
    2. Universitas Mercu Buana, Jakarta
    3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
    4. Universitas Surabaya
GREEN AGRO INDUSTRY
  1. PT Astra Agro Lestari Tbk
    menciptakan sistem Astra Green Company (AGC) sebagai standar praktik bisnis yang ramah lingkungan. Dengan standar ini telah memacu kinerja lingkungan pada hampir semua anak perusahaan.
  2. PT Raya Padang Langkat (Rapala)
    melakukan inovasi dalam peremajaan kelapa sawit, sehingga tidak ada lagi pembakaran pohon tua yang mengeluarkan banyak karbon di udara.
  3. PT SMART Tbk
    melalui anak perusahaannya yaitu PT Kresna Duta Agroindo di pabrik Sei Pelakar, Jambi, mewujudkan pengembangan energi terbarukan serta pengurangan Gas Rumah Kaca sebagai salah satu wujud praktik usaha kelapa sawit yang berkelanjutan.
GREEN LOCAL HERO
  1. Erni Suhaina
    Bersama komunitas di Cilacap, ia mengubah limbah menjadi barang yang berguna. Mitra CSR Pertamina ini terus berjuang menciptakan kesejahteraan bagi seluruh anggota kelompoknya.
  2. Haji Chaerudin atau Bang Idin
    adalah pejuang lingkungan di Kali Pesanggarahan, Jakarta. Dengan kesungguhan hati ia merawat sungai dan bersama masyarakat sekitar menciptakan nilai ekonomi dari beragam aktivitas perbaikan lingkungan.
  3. Hasanain Juaini
    Pemimpin Pondok Pesantren Nurul Haramain Lombok ini adalah pecinta pohon. Ia percaya, lingkungan harus dijaga agar keberlangsungan kehidupan juga terjaga. Ia tak henti memberi inspirasi bagi masyarakat Lombok, masyarakat Indonesia, bahkan dunia.
  4. Nur Alam
    Kekayaan alam yang dimiliki Sulawesi Tenggara dijaga oleh gubernur pemberani ini.  Ia tak segan untuk “berhadapan” dengan siapa pun agar alam Sulawesi Tenggara  tetap terjaga. Ia bertekad mendorong praktik green mining bagi perusahaan tambang yang beroperasi di sana.
 

Penghargaan Indonesia Green Region Award (IGRA) 2011, berikut 5 besar IGRA 2011 :

1. Kota Surabaya, Propinsi Jawa Timur 
2. Kota Yogyakarta, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 
3. Kota Denpasar, Propinsi Bali 
4. Kota Palangka Raya, Propinsi Kalimantan Tengah 
5. Kota Banda Aceh, Propinsi Nangroe Aceh Darussalam

Selain kota-kota tersebut di atas, berikut ini kota-kota yang termasuk sepuluh besar seperti : Kota Payakumbuh ( Sumatra Barat), Kabupaten Kuningan ( Jawa Barat ), Kabupaten Berau ( Kalimantan Timur), Kabupaten Jepara ( Jawa Tengah), Kabupaten Gorontalo (Gorontalo)

Demikian artikel sederhana dari Saling Indonesia, mudah-mudahan bisa bermanfaat. Insya Allah di kesempatan mendatang Saling Indonesia akan mengupas artikel Bahan-bahan yang ramah lingkungan. Salam Sukses

Baca artikel GO GREEN dari situs lainnya :
1.    http://gogreenindonesia.blogspot.com/
2.    http://www.gogreen.org/
3.    http://gogreenindonesiaku.blogdetik.com/
4.    http://anneahira.com/go-green.htm
5.    http://klikgogreen.com/
6.    http://nuritaloviana.blogspot.com/
7.    http://jakarta.bubyulhaq.com/
8.    http://gogreenindonesiaku.com
9.    http://id.wikipedia.org
10. http://linkga-mg.blogspot.com

Artikel terakhir diperbaharui 08-11-2013 ( 52 view )




No comments:

Post a Comment

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink