Space Iklan

Wednesday, September 3, 2014

Kurban, Dapat Meningkatkan Ketakwaan

Assalamualaikum Wr.Wb.


“Daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaan kamu. Demikianlah Dia menundukkannya untukmu agar kamu mengagungkan Allah atas petunjuk yang Dia berikan kepadamu. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik” (Qs. Al-Hajj ayat 37)
 
Saling Indonesia, dalam kesempatan ini akan menyampaikan kepada pembaca blog yang sederhana ini mengenai Kurban, yang Insya Allah pada tahun ini 2014/1435 H jatuh hari  Minggu tanggal 05 Oktober 2014. Mudah-mudahan uraian tentang Kurban ini bermanfaat buat saya sendiri khususnya para pembaca yang mampir di blog  ini.

Pengertian Kurban

Kurban (Bahasa Arab: قربن, transliterasi: Qurban), atau disebut juga Udhhiyah atau Dhahiyyah secara harfiah berarti hewan sembelihan. Sedangkan ritual kurban adalah salah satu ritual ibadah pemeluk agama Islam, dimana dilakukan penyembelihan binatang ternak untuk dipersembahkan kepada Allah. Ritual kurban dilakukan pada bulan Dzulhijjah pada penanggalan Islam, yakni pada tanggal 10 (hari nahar) dan 11,12 dan 13 (hari tasyrik) bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha (sumber Wikipedia)



Dalam sejarah sebagaimana yang disampaikan dalam Al Qur'an terdapat dua peristiwa dilakukannya ritual kurban yakni oleh Habil (Abel) dan Qabil (Cain), putra Nabi Adam Alaihis Salam, serta pada saat Nabi Ibrahim akan mengorbankan Nabi Ismail atas perintah Allah SWT.

Al-Ma’idah ayat 27 disebutkan :

“Dan diceritakanlah (Muhammad) yang sebenarnya kepada mereka tentang kisah kedua putra Adam, ketika keduanya mempersembahkan Kurban, maka (kurban) salah seorang dari mereka berdua (Habil) diterima dan dari yang lain (Qabil) tidak diterima. Dia (Qobil) berkata, “Sungguh, aku pasti membunuhmu!” Dia (Habil) berkata, “Sesungguhnya Allah hanya menerima (amal) dari orang yang bertakwa.”

Ash Shaaffaat ayat 102-107 yang menceritakan hal tersebut.

102.  Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersama-sama, (Ibrahim) berkata: "Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!" Ia (Ismail) menjawab, "Wahai ayahku!, Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar".

103. Maka ketika keduanya telah berserah diri dan dia (Ibrahim) membaringkan anaknya atas pelipisnya, (untuk melaksanakan perintah Allah).

104. Lalu Kami panggil dia, "Wahai Ibrahim!

105.Sungguh engkau telah membenarkan mimpi itu.” Sungguh demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.

106. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata.

107. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.

Adapun perintah berkurban menurut Alquran surat Al-Kausar (1-2) :
  1. Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak.
  2. Maka laksanakanlah salat kerena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan dan mendekatkan diri kepada Allah)
Demikianlah yang bisa saya sampaikan semoga dengan berkurban kita dapat meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT,  seperti Firman Allah surat Al-Hajj ayat 37 :

“Daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaan kamu. Demikianlah Dia menundukkannya untukmu agar kamu mengagungkan Allah atas petunjuk yang Dia berikan kepadamu. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik”

4 comments:

  1. Tidak terasa ya kang kita sudah mendekati hari raya qurban.,
    mudah mudahan ini sebagai sarana kita untuk memupuk ketakwaan kpd Alloh SWT..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tak terasa idul qurban sebenar lagi datang...

      mudah-mudahan bisa berqurban ..kalau tidak bisa berkurban tahun ini mudah-mudahan ditahun berikutnya kita diberikan rizki untuk bisa berqurban aamiin

      Delete
  2. Kurban ditafsirkan menurut dalil di atas, mengorbankan sesuatu yang disayangi dan sesuatu yang terbaik sehingga keimanan kita bener-bener teruji oleh Ilahi.

    Karena Ilahi lebih menyukai kita menjadi orang yang bertakwa.

    Semoga aja tahun ini bisa kurban.

    Makasih pak.

    Ditunggu juga dua komentarnya pada postingan terbaru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah-mudahan bisa berqurban ya Pak..Aamiin

      Delete

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink