Thursday, January 3, 2013

Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Mengemudi



“Saat Anda mengantuk jangan memaksakan diri berkendaraan”

“Obat mengantuk adalah Tidur”

Pernahkah Anda mengantuk waktu berkendaraan, apa yang perlu di lakukan saat mengantuk di kendaraan. Ingat sebaiknya apabila Anda mengantuk berhentilah sejenak, apabila sudah hilang rasa kantuknya boleh Anda jalan kembali. Inilah beberapa kecelakaan akibat mengantuk.

Kecelakaan Maut Tanggal 1 Januari 2013

Kendaraan BMW dengan Kendaaraan Daihatsu Luxio, kendaraan BMW menabrak dari belakang dengan laju kencang sehingga kendaraan Daihatsu terjungkal. Akibat kecelakaan ini 2 orang tewas salah satunya anak balita berumur 1.5 tahun. Katanya dari beberapa sumber berita kecelakaan ini diaakibatkan karena pengendaranya mengantuk, kemungkinan karena pengendara tersebut tidak tidur karena semalamnya ikut memeriahkan pergantian tahun.

Rasyid Rajasa, putra bungsu Hatta Rajasa penabrak Daihatsu Luxio yang menyebabkan dua orang korban tewas. Kecelakaan terjadi pada Selasa, 1 Januari 2013 lalu pukul 05.45 WIB di jalan tol Jagorawi. Ketika itu, Rasyid dikabarkan tengah mengemudikan mobilnya di atas kecepatan 100 km/jam. Sebelum perstiwa terjadi, Rasyid merayakan malam pergantian tahun bersama kekasihnya di daerah Kemang dan Tebet hingga pukul 05.00 WIB.  Diduga kuat karena masih mengantuk, Rasyid lalu menabrak Daihatsu Luxio di depannya. Akibat tabrakan itu, Harun (57) dan Raihan (1,5) terlempar keluar dari mobil lalu tewas seketika. Sementara penumpang lain di dalam Luxio mengalami luka-luka.

Inilah Tips menghindari rasa ngantuk saat berkendaraan yang di lansir kompasiana.com.

1. Hindari makan atau minum terlalu kenyang.
Kekenyangan makan akan cepat bereaksi menjadi rasa ngantuk. Apalagi jika yang kita makan mengandung     takaran karbohidrat yang banyak. Misalnya kalo pagi hari sarapan nasi yang penuh satu piring, maka       resiko ngantuk cukup besar. Saran saya, sarapan yang ringan saja, yang penting tidak terlalu kenyang. Kalau toh harus makan nasi dengan porsi separuh makan siang.
2. Tidur yang cukup dan berkualitas.
Pada malam hari tidur tidak terlampau malam, apalagi di atas jam 24.00, sangat beresiko mengalami rasa ngantuk berat di pagi harinya.
3. Olah raga di pagi hari
Olah raga jalan atau lari pagi minimal 1 - 2 kilo meter cukup untuk membuat badan bugar sebelum berangkat kerja. Kurangnya olah raga dapat membuat pembuluh darah tidak berjalan dengan lancar, sehingga berdampak pula terhadap rasa ngantuk, bahkan letih dan lesu.
4. Tidur siang 10 - 15 menit
Jika ada waktu, sangat bagus apabila pada saat jam istirahat kerja bisa kita lakukan tidur untuk mendapatkan tenaga kembali sehingga tak diserang rasa ngantuk selepas istirahat sampai jam pulang. Tidak perlu tidur dengan durasi yang lama, cukup 10 sd 15 menit sudah cukup untuk memperbarui kembali kebugaran.

Jangan lupa sebelum dan selama diperjalanan Berdoa kepada Allah SWT semoga diselamatkan dalam perjalanan dan selalu berdzikir.

No comments:

Post a Comment

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink