Space Iklan

Thursday, February 28, 2013

Obyek Wisata Curug Sidomba Kuningan Jawa Barat



 
Sebuah obyek wisata alam yang indah dan mempunyai ciri khas seperti terdapat kambing atau domba yang memiliki tanduk yang aneh-aneh dan tanduknya lebih dari dua, begitu juga terdapat sebuah curug yang bikin degdegan pas turun ke curug tersebut, pokoknya cukup menantang untuk dinikmati. Lega rasanya pas sudah naik dari curug tersebut, jalannya sedikit muter-muter dan mesti hati-hati.

Curug Sidomba terletak di Obyek Wisata Bumi Perkemahan Sidomba di bawah kaki Gunung Ciremai. Adapun nama Sidomba sendiri, menurut cerita masyarakat, konon dulu tempat ini merupakan tempat memandikan domba. Selain itu, hutan di sekitar curug merupakan pangngonan  (tempat penggembalaan) domba.


Lokasi

Terletak di Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Propinsi Jawa Barat.
Peta dan Koordinat GPS: 6° 54' 6.79" S  108° 28' 32.06" E
atau 6° 53' 42.33" S  108° 27' 51.04" E     

Aksesbilitas

Berjarak tempuh 20 km dari Kota Cirebon atau 30 menit dari kota Kuningan. Jika dari arah kota Cirebon menuju Kuningan dengan mengambil arah ke kanan di tiga jalur alternatif, yaitu di Prapatan Bandorasa Wetan, Balai Desa Manis Lor atau Balai Desa Manis Kidul lewat Desa Sembawa dan Desa Peusing.
Bagi yang menggunakan angkutan umum, dari arah kota Cirebon naik kendaraan umum elf/bus ke jurusan Kuningan, berhenti di Desa Manis Lor dan dilanjutkan naik angkutan roda dua.  Jika dari arah kota Tasikmalaya atau Cikijing naik kendaraan elf/bus jurusan Cirebon lewat terminal Cirendang, berhenti di Desa Manis Lor dan dilanjutkan naik angkutan roda dua.

Setiba di pintu masuk perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 300 m melewati jalan tangga yang bersemen dengan pegangan disisinya.  Kondisi jalan tangga ini menurun cukup curam.


Tiket dan Parkir

Harga tiket masuk adalah Rp 5000 untuk dewasa dan Rp 3500 untuk anak-anak, sedangkan tiket parkir Rp 1500 untuk kendaraan roda empat dan Rp 1000 untuk kendaraan roda dua.

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas yang tersedia cukup lengkap seperti camping ground, sarana olahraga, sarana bermain dan beberapa saung untuk bersantai.  Juga terdapat kolam ikan di bawah air terjun ini. Di kolam tersebuti banyak berisi jenis ikan Kancra Emas dan Kancra Bodas yang dilarang keras untuk dipancing dan diberi makan.
 Sumber : sites.google.com

Artikel Terkait :

Halaman ini terakhir diubah 14-08-2014 ( 284 views) 

2 comments:

  1. kern juga ya dan pastinya sejuk gan...terima kasi atas infonya, salam kenal.

    ReplyDelete

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink