Space Iklan

Tuesday, March 19, 2013

10 Gunung Tertinggi di Dunia



Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaan, dan pegunungan sering tergantung dari adat lokal. Beberapa otoritas mendefinisikan gunung dengan puncak lebih dari besaran tertentu; misalnya, Encyclopaedia  Britannica membutuhkan ketinggian 2000 kaki (610 m) agar bisa didefinisikan sebagai gunung. Sebuah gunung biasanya terbentuk dari gerakan tektonik lempeng, gerakan orogenik atau gerakan epeirogenik. Pegunungan merupakan kumpulan atau barisan gunung.
Adapun 10 gunung tertinggi di dunia berikut ini :

1. Gunung Everest

 (8,848m) Nepal

Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 8.850 m; walaupun terdapat variasi dari segi ukuran (baik pemerintah Nepal maupun Cina belum mengesahkan ukuran ini secara resmi, ketinggian Puncak Everest masih dianggap 8.848 m oleh mereka). Gunung Everest pertama kali diukur pada tahun 1856 mempunyai ketinggian 8.839 m, tetapi dinyatakan sebagai 8.840 m (29.002 kaki). Tambahan 0,6 m (2 kaki) menunjukkan bahwa pada masa itu ketinggian yang tepat sebesar 29.000 kaki akan dianggap sebagai perkiraan yang dibulatkan. Perkiraan umum yang digunakan pada saat ini adalah 8.850 m yang diperoleh melalui bacaan Sistem Posisi Global (GPS). Gunung Himalaya masih terus bertambah tinggi akibat pergerakan lempeng tektonik kawasan tersebut.
Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia (jika diukur dari paras laut). Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet; puncaknya berada di Tibet. Di Nepal, gunung ini disebut Sagarmatha (सगरमाथा, bahasa Sanskerta untuk "Dahi Langit") dan dalam bahasa Tibet Chomolangma atau Qomolangma ("Bunda Semesta"), dilafalkan dalam bahasa Tionghoa 珠穆朗瑪峰 (pinyin: Zhūmùlǎngmǎ Fēng). Gunung ini mendapatkan nama bahasa Inggrisnya dari nama Sir George Everest. Nama ini diberikan oleh Sir Andrew Waugh, surveyor-general India berkebangsaan Inggris, penerus Everest. Puncak Everest merupakan salah satu dari tujuh puncak di dunia.


2. Gunung K2 (Chogori)
 (8,611 m) Pakistan/China

K2 adalah gunung tertinggi ke-2 di dunia. Terletak di bagian Karakoram dari Himalaya antara Pakistan dan Republik Rakyat Cina; merupakan pegunungan nasional di Pakistan. Tinggi peguungan ini mencapai 8,611 meter (28,251 kaki). Konon, pegunungan ini lebih sulit didaki daripada Gunung Everest karena cuacanya yang buruk. K2 juga lebih tinggi di daerah sekitarnya bila dibandingkan ke Everest. K2 dijuluki "Pegunungan Kejam" karena hal ini. Pada tahun 2004, hanya 246 orang yang berhasil mendaki sampai ke puncak. Setidaknya 56 orang meninggal ketika mencoba mendakinya. Nama tak resmi untuk K2 ialah Gunung Godwin Austen, dinamai dari nama orang yang pertama kali memanjatnya. Selain itu pegunungan ini juga dinamai Qogir (diturukan dari Chogori), Lamba Pahar, Dapsang, Kechu, Ketu, dll.

3.Gunung Kangchenjunga

(8,586m) Nepal

Kangchenjunga (Nepali:कञ्चनजङ्घा Kanchanjaŋghā) SewaLungma (Limbu) adalah gunung tertinggi ke-3 di dunia setelah Gunung Everest dan Chogori) dengan ketinggian 8.586 meter (28.169 kaki). Gunung ini juga adalah gunung tertinggi ke-2 di Nepal. Kangchenjunga berarti "Lima Harta Karun Salju, karena ia terdiri dari 5 puncak, empat diantaranya mencapai lebih dari 8.450 meter. Harta karun itu melambangkan 5 benda milik dewa yaitu emas, perak, permata, biji-bijian dan kitab suci. Kangchenjunga disebut Sewalungma dalam bahasa Limbu dan disucikan dalam tradisi agama Kirant. Tiga dari 5 puncaknya (utama, tengah, dan selatan) membatasi wilayah Sikkim Utara dari distrik Sikkim, India dan Distrik Taplejung di Nepal, dan 2 yang lain berada di Distrik Taplejung. Selain itu wilayah ini juga dijadikan Kangchenjunga Conservation Area Project oleh World Wildlife Fund , yang melindungi satwa Panda Merah, burung, dan tanaman khas Nepal. Bagian India juga memiliki wilayah yang dilindungi dalam Taman Nasional Khangchendzonga.

4.Gunung Lhotse

(8,516m) Nepal

Lhotse (Nepal: ल्होत्से) merupakan sebuah gunung di Nepal dan RRC. Gunung ini terletak di bagian utara di negara itu. Gunung ini memiliki ketinggian 8.516 m (27.940 kaki) dan merupakan gunung terbesar keempat di dunia dan merupakan salah satu puncak yang membentuk kelompok dari Gunung Everest.

5.Gunung Makalu

(8,481m) Nepal

Makalu (di Nepal resmi मकालु, di Cina resmi Makaru, Cina: , pinyin: Mǎkǎlǔ shan, Makalungma di Limbu) adalah gunung tertinggi kelima di dunia pada 8.481 meter (27.825 kaki) dan terletak 19 km (12 mil) tenggara dari Mount Everest, di perbatasan antara Nepal dan China. Salah satu-delapan thousanders, Makalu adalah puncak terisolasi yang bentuknya adalah piramida empat sisi. Makalu memiliki dua puncak anak terkenal. Kangchungtse, atau Makalu II (7.678 m) terletak sekitar 3 km (2 mil) utara-barat laut dari puncak utama. Meningkat sekitar 5 km (3,1 mil) utara-timur laut dari puncak utama di sebuah dataran tinggi yang luas, dan terhubung ke Kangchungtse oleh pelana, sempit 7.200 m, adalah Chomo Lonzo (7.804 m).

6. Gunung Cho Oyu

(8,201m) Nepal

Cho Oyu (Nepali: चोयु; Chinese: 卓奥 , pinyin: Zhuó'àoyǒu shan, Tibet: ཇོ་བོ་དབུ་ཡ, Wylie: jo bo dBu yag, ZYPY: Qowowuyag) adalah gunung tertinggi keenam di dunia pada 8201 meter (26.906 kaki) di atas permukaan laut. Cho Oyu berarti "Dewi Turquoise" di Tibet. Gunung adalah puncak utama barat dari Khumbu sub-bagian Mahalangur Himalaya 20 km sebelah barat dari Gunung Everest.  Gunung berdiri diperbatasan Tibet-Nepal.

7.Gunung Dhaulagiri

(8,167m) Nepal


Dhaulagiri Massif di Nepal memanjang 120 km dari barat ke Sungai Kaligandaki Bheri tersebut. Massif ini tertutup di utara dan barat daya dengan anak sungai dari Bheri dan di sebelah tenggara oleh Myagdi Khola. Dhaulagiri I pada 8167 meter (26.795 kaki) peringkat ketujuh di antara empat belas Bumi puncak lebih dari delapan ribu meter. Yang pertama kali naik pada 13 Mei 1960 oleh sebuah ekspedisi Swiss / Austria / Nepali. धौलागिरी (Dhaulagiri) atau धवलागिरी (dhawalāgirī) dalam bahasa Hindi dan Nepal. Ini berasal dari bahasa Sansekerta mana धवल (dhawala) berarti mempesona, putih, indah  dan गिरि (giri) berarti gunung. Dhaulagiri juga titik tertinggi dari Gandaki DAS.

8.Gunung Manaslu

(8,156m) Nepal

Manaslu (Nepali: मनास्लु), juga dikenal sebagai Kutang) adalah gunung tertinggi kedelapan di dunia, dan terletak di Himal Mansiri, bagian dari pegunungan Himalaya Nepal, di bagian barat-tengah Nepal. Namanya, yang berarti "Gunung Roh", berasal dari kata Sansekerta Manasa, yang berarti "kecerdasan" atau "jiwa". Manaslu pertama kali naik pada tanggal 9 Mei 1956 oleh Toshio Imanishi dan Gyalzen Norbu, anggota ekspedisi Jepang. Dikatakan bahwa "seperti halnya Inggris mempertimbangkan Everest gunung mereka, Manaslu selalu menjadi gunung Jepang".

Manaslu pada 8156 meter (26.759 kaki) di atas permukaan laut (MSL) adalah puncak tertinggi di Kabupaten Lamjung dan terletak sekitar empat puluh mil sebelah timur dari Annapurna. Pegunungan panjang gunung dan lembah gletser menawarkan pendekatan layak dari segala arah, dan berujung pada puncak yang menjulang tajam di atas lanskap sekitarnya, dan merupakan fitur yang dominan bila dilihat dari jauh
.

9.Gunung Nanga Parbat

       (8,126m) Pakistan

Nanga Parbat (Urdu: ننگا پربت) merupakan sebuah gunung di Pakistan. Gunung ini terletak di bagian utara di negara itu. Gunung ini memiliki ketinggian 8.126 m (26.660 kaki) dan merupakan gunung terbesar kesembilan di dunia. Dalam tingkat kesulitan, medan gunung Nanga Parbat disebut sama beratnya dengan K2. Sulitnya medan pada gunung ini membuat ia mendapat julukan “The Man Eater”. Orang pertama yang mendaki di gunung ini ialah Hermann Buhl pada 3 Juli 1953.

10.                Gunung Annapurna

     (8,091m) Nepal

Annapurna (Sansekerta, Nepal, Nepal Bhasa yang ditulis: अन्नपूर्णा) adalah bagian dari pegunungan Himalaya di utara-tengah Nepal. Wilayah Annapurna adalah daerah di bagian barat Nepal di mana beberapa treks paling populer berada. Wilayah ini umumnya diambil untuk mencakup wilayah sekitar Range Annapurna (Annapurna Himal), Range Dhaulagiri dan Kaligandaki lembah Sungai. Puncak di Annapurnas meliputi 8.091 m Annapurna I, Nilgiri (7061 m) dan Machhapuchchhre (6.993 m). Dhaulagiri I (8167 m) adalah hanya untuk di sebelah barat Annapurnas.

4 comments:

  1. gunung jaya wijaya ngga ada ya.. ya sudah ya...

    ReplyDelete
  2. Astaga di borong sama Nepal semua sayang gunung rinjani ku tidak ada dalam daftar huhuuuuu sedihhh

    ReplyDelete
  3. Banyak juga nama-nama gunung yang tertinggi di dunia. Terimakasih atas informasinya Kang.

    Salam

    ReplyDelete

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink