Space Iklan

Saturday, March 9, 2013

Seputar Alexa Internet


Saling Indonesia, pada kesempatan ini postingan artikel seputar alexa internet yang mungkin sering Anda lihat di blog-blog atau situs sebagai acuan pembaca untuk melihat rank situs baik di dunia maupun rank lokal situs. Mungkin sebagai acuan traffik pengunjung apabila situs tersebut alexanya kecil.  

Alexa Internet, adalah Sebuah perusahaan berbasis di California anak perusahaan dari Amazon.com yang menyediakan data web lalu lintas komersial. Setelah terinstal, Toolbar Alexa mengumpulkan data tentang perilaku browsing dan mengirimkannya ke situs Alexa, di mana disimpan dan dianalisis, membentuk dasar pelaporan lalu lintas perusahaan web. Pada tahun 2013, Alexa menyediakan data lalu lintas, peringkat global dan informasi lainnya pada 30 juta website, dan mengklaim bahwa 6 juta orang mengunjungi situsnya setiap bulan.

Sejarah Alexa

Alexa Internet didirikan pada tahun 1996 oleh pengusaha Amerika  web Brewster Kahle dan Bruce Gilliat. Nama perusahaan dipilih sebagai penghormatan kepada Perpustakaan Alexandria, yang  menggambarkan antara repositori pengetahuan terbesar di dunia kuno dan potensi Internet untuk menjadi sebuah toko pengetahuan.

Perusahaan ini menawarkan toolbar tentang pengguna internet  berdasarkan pola lalu lintas masyarakat penggunanya. Alexa juga menawarkan konteks untuk setiap situs yang dikunjungi. Kepada siapa ini didaftarkan, berapa banyak halaman itu, berapa banyak situs lainnya menunjuk ke sana, dan seberapa sering telah diupdate.

Operasi Alexa meliputi pengarsipan halaman Web seperti yang dijelajahi. Database ini  sebagai dasar untuk penciptaan Internet Archive diakses melalui Wayback Machine. Pada tahun 1998., Perusahaan menyumbangkan salinan arsip, dua terabyte dalam ukuran, kepada Perpustakaan Kongres (Library of Congress). Alexa terus untuk memasok Internet Archive dengan web crawls.

Pada tahun 1999, Alexa diakuisisi oleh Amazon.com sekitar US $ 250 juta dalam saham Amazon sebagai perusahaan itu menjauh dari visi aslinya menyediakan sebuah mesin pencari "cerdas". Alexa memulai kemitraan dengan Google pada awal tahun 2002, dan dengan Open Directory Project pada Januari 2003. Pada bulan Mei 2006., Amazon diganti dengan Google Live Search sebagai penyedia hasil pencarian. Pada bulan Desember 2006, mereka merilis Alexa Image Search. Built in-house, itu adalah aplikasi besar pertama yang dibangun di atas platform Web mereka.

Pada bulan Desember 2005, Alexa membuka pencarian luas indeks dan fasilitas web crawls  untuk program pihak ketiga melalui seperangkat layanan Web dan API. Ini dapat digunakan, misalnya, untuk membangun mesin pencari vertikal yang dapat berjalan pada server Alexa sendiri atau di tempat lain. Pada bulan Mei 2007, Alexa mengubah API untuk meminta perbandingan terbatas pada tiga lokasi, mengurangi ukuran grafik tertanam ditampilkan dengan menggunakan Flash, dan menambahkan iklan wajib BritePic tertanam.

Pada bulan April 2007, gugatan Alexa v Hornbaker diajukan untuk menghentikan pelanggaran merek dagang oleh layanan statsaholic. Dalam gugatan itu, Alexa menuduh bahwa Hornbaker mencuri grafik lalu lintas untuk keuntungan, dan bahwa tujuan utama situs adalah untuk menampilkan grafik yang dihasilkan oleh server Alexa. Hornbaker menghapus Alexa istilah dari nama layanan nya pada tanggal 19 Maret 2007.

Pada tanggal 27 November 2008, Amazon mengumumkan bahwa Alexa Web Search tidak lagi menerima pelanggan baru, dan bahwa layanan akan usang atau dihentikan untuk pelanggan yang sudah ada pada tanggal 26 Januari 2009.  

Akurasi peringkat oleh Alexa Toolbar

Situs peringkat Alexa berdasarkan informasi pelacakan terutama pada pengguna dari toolbar untuk Internet Explorer, Firefox, dan Google Chrome browser web. Oleh karena itu, halaman web dilihat hanya peringkat di antara pengguna yang memiliki sidebars yang terinstal, dan mungkin bias jika subkelompok audiens yang spesifik enggan untuk melakukan hal ini. Juga, peringkat ini didasarkan pada tiga bulan data, dan dengan demikian memakan waktu lama untuk mencerminkan perubahan dalam konten yang mungkin terjadi setelah domain telah dijual atau mengalami desain ulang utama. Selanjutnya, peringkat rendah tidak dapat akurat, tidak hanya karena kurangnya data tetapi juga karena hukum statistik yang terkait dengan distribusi ekor panjang.

Ada beberapa kontroversi mengenai bagaimana basis pengguna perwakilan Alexa adalah perilaku Internet khas, terutama untuk kurang-mengunjungi situs. Pada tahun 2007., Michael Arrington memberikan contoh peringkat Alexa dikenal bertentangan data dari comScore, termasuk YouTube peringkat depan Google.

Pada tanggal 16 April 2008, banyak pengguna melaporkan perubahan dramatis dalam peringkat mereka Alexa. Alexa menegaskan hal ini di kemudian hari dengan pengumuman bahwa mereka telah merilis sistem peringkat diperbarui, mengklaim bahwa mereka sekarang akan mempertimbangkan sumber data akun yang lebih "di luar pengguna Alexa Toolbar".

Desain ulang 2009

Pada tanggal 31 Maret 2009, situs Alexa mengalami desain ulang utama, menawarkan metrik lalu lintas web baru, termasuk tampilan halaman rata-rata per tiap individu, tingkat bouncing, dan waktu pengguna di situs. Pada minggu-minggu berikutnya, Alexa menambahkan fitur lanjut , termasuk demografi pengunjung, clickstream dan statistik lalu lintas pencarian. Fitur-fitur baru diperkenalkan dalam rangka bersaing dengan layanan web lainnya analisis, seperti Compete.com dan Quantcast..

Klasifikasi Trackware/adware

Sejumlah perusahaan antivirus telah dinilai toolbar Alexa. Symantec mengklasifikasikan toolbar sebagai "trackware", sementara McAfee mengklasifikasikan sebagai adware, sebuah "Program yang Mungkin Tidak Diinginkan." McAfee Site Advisor Tarif situs Alexa sebagai "hijau", menemukan "tidak ada masalah yang signifikan" namun peringatan sebuah "sebagian kecil dari download ... bahwa beberapa orang menganggap adware atau program yang mungkin tidak diinginkan lainnya." Windows Defender telah diklasifikasikan sebagai toolbar malware, mengingat trojan.

Sumber : Wikipedia



No comments:

Post a Comment

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink