Space Iklan

Saturday, April 20, 2013

Cara Mengaplikasikan Perjuangan Kartini Sekarang ini



Untuk mengingatkan kembali peringatan Hari Kartini pada tanggal 21 April, kita simak dulu sebuah lagu Ibu Kita Kartini  karangan W.R. Supratman berikut ini.

Ibu kita Kartini
Putri sejati
Putri Indonesia
Harum namanya

Ibu kita Kartini
Pendekar bangsa
Pendekar kaumnya
Untuk merdeka


Wahai ibu kita Kartini
Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
Bagi Indonesia


Ibu kita Kartini
Putri jauhari
Putri yang berjasa
Se Indonesia


Ibu kita Kartini
Putri yang suci
Putri yang merdeka
Cita-citanya


Wahai ibu kita Kartini
Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
Bagi Indonesia


Ibu kita Kartini
Pendekar bangsa
Pendeka kaum ibu
Se Indonesia


Ibu kita Kartini
Penyuluh budi
Penyuluh bangsanya
Karena cintanya


Wahai ibu kita Kartini
Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
Bagi Indonesia


Makna dan Cara Mengaplikasikan Perjuangan Kartini

Raden Adjeng Kartini yang lahir di Jepara 21 April 1879 merupakan tokok suku Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

Dengan semangatnya perjuangan Ibu Kita Kartini yang dulunya perempuan hanya beruang lingkup dilingkungan dapur dengan status sosial yang rendah, sekarang perempuan bisa bermitra dengan para kaum laki-laki untuk memajukan kesejahteraan keluarga diluar lingkup rumah dan tetap tidak mengesampingkan kodratnya sebagai kaum perempuan yang tetap patuh dan taat kepada sang suami.

“Habis Gelap Terbitlah Terang” merupakan kumpulan surat-surat Kartini dalam memperjuangan perempuan , dengan semangatnya perempuan bisa berkarir baik di dalam negeri maupun sampai sekolah ke luar negeri.

Perjuangan Kartini lewat surat-suratnya sangat menarik perhatian masyarakat Belanda pada waktu itu sehingga bisa mengubah pandangan masyarakat Belanda terhadap perempuan pribumi di Jawa. Pemikiran Kartini yang dituangkan  dalam surat-suratnya menginspirasi bagi tokoh-tokoh kebangkitan nasional Indonesia, antara lain W.R. Soepratman yang menciptakan lagu berjudul Ibu Kita Kartini.

Dengan kegigihan tekat perjuangan Kartini untuk menjadikan perempuan-perempuan cerdas dan pintar dan Kartini sangat berjasa dalam dunia pendidikan Indonesia sehingga banyak didirikan Sekolah Wanita oleh Yayasan Kartini di Semarang pada tahun 1912, kemudian di Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon, dan daerah lainnya. Nama sekolah tersebut adalah “Sekolah Kartini”. Yayasan Kartini ini didirikan oleh keluarga Van Deventer, seorang tokoh Politik Etis.

Jadi makna perjuangan Kartini yang harus kita pertahankan sekarang ini, mengubah dari kesulitan menjadi kemudahan, perempuan mesti belajar dan belajar sehingga lebih cerdas dan pinter, membanggakan produk-produk dalam negeri sampai kesohor ke luar negeri, belajar ilmu walau sampai negeri Cina (Luar Negeri). Ibu Kita Kartini harum namanya.

No comments:

Post a Comment

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink