Space Iklan

Wednesday, April 17, 2013

Seputar Mandi Malam yang perlu diketahui



Kita kadang pulang kerja agak malam karena kerja lembur, pulang berpergian dari luar kota dan sebagainya. Kadang kita ada mitos “mandi malam katanya dapat menimbulkan rhematik”. Mungkin postingan ini sedikit saya berbagi informasi yang saya dapatkan dari berbagai sumber.

Mungkin pernah mendengar  ada juga orang memanfaatkan mandi malam 7 sumur.

Sebenarnya mandi di malam hari mempunyai berbagai manfaat berikut ini :

1. Menyegarkan dan Merilekskan Tubuh

Mandi setelah beraktivitas seharian dapat membuat tubuh menjadi lebih santai dan segar. Kondisi tubuh yang bersih dan segar pun dapat membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak.

2. Tubuh Lebih Bersih

Berbeda dengan mandi di pagi hari, mandi di malam hari memberikan banyak waktu luang untuk Anda sekedar luluran atau memberi masker pada rambut. Alhasil, tubuh Anda pun menjadi lebih bersih karena tak ada bagian tubuh yang terlewat untuk dibersihkan.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Mandi malam ternyata juga dapat mempengaruhi tekanan darah. Terlebih jika Anda mandi dengan air hangat. Selain itu, mandi malam juga mampu mencegah stres akibat rutinitas sehari-hari.

4. Memulihkan Ketegangan Otot

Aktivitas sehari-hari dapat membuat otot menjadi kaku. Mandi di malam hari ternyata juga mampu  membantu mengendorkan otot-otot yang tegang. Alhasil, tubuh terhindar dari rasa pegal setelah seharian beraktiuvitas.

5. Mandi dengan Pikiran Tenang

Mandi di pagi hari terkadang dapat membuat stres karena Anda seperti berkejar-kejaran dengan waktu. Berbeda bila Anda mandi saat malam hari, Anda bisa mandi dengan tenang.

Tetapi selain manfaat di atas perlu kita ketahui juga efek dari mandi malam berikut ini :

1. Paru Paru Basah ( Bronkhitis )
Banyak orang yang nyepelekan hal yang satu ini , seseorang yang setiap harinya sibuk dan terpaksa harus mandi malam dalam jangka panjang seseorang tersebut dapat terkena penyakit paru paru basah.
2. Serangan Asam Urat
Mandi Malam sangat berakibat serangan asam urat pada tubuh kita, karena faktor malam yang membuat air terasa lebih dingin dari sore hari dan air ingin tersebut akan membuat nyeri sendi.
3. Memperparah Nyeri Rematik
Buat Anda yang punya penyakit rematik di anjurkan jangan melakukan mandi di malam hari , karena apabila hal ini di lakukan penyakit rematik Anda akan tambah nyeri dan parah.
4. Punuaan Dini

Ini nih yang banyak orang tidak tau , seseorang yang lebih sering beraktifitas, banyak kerjaan dan sibuk biasanya terlalu banyak pikiran yang menumpuk di otak , dan apabila Anda mandi malam saat banyak pikiran dapat menjadikan Anda stress , karena orang yang masih banyak pikiran mandi malam dengan air yang terasa dingin membuat temperatur tubuh tidak normal.

Ada beberapa langkah yang mungkin kita bisa aplikasikan sehari-hari.
  1. Hindari mandi malam. Kalaupun memang harus mandi di malam hari, utamakan dengan air hangat. Prinsipnya hindari kondisi kedinginan. Kalau tubuh Anda mampu melawan rasa dingin (karena ada latihan sebelumnya), mungkin dapat dikecualikan. Pada dasarnya mandi dengan air dingin tidak dianjurkan, kecuali bagi mereka yang berusia muda, karena air dingin cocok untuk mengusir rasa malas.
  2. Utamakan makan banyak sayuran dan buah-buahan yang kaya dengan antioksidan. Ini akan membantu mencegah penuaan dini. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara memasak terlebih dahulu, atau dalam bentuk jus (juice).
  3. Konsumsi Vitamin C 1000 mg per hari. Lebih baik lagi jika dikombinasikan dengan Vitamin E 600-800 mg per hari.
  4. Untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat, utamakan sumber dari padi-padian, gandum, ubi, jagung, dan sagu. Untuk kebutuhan protein, Anda bisa mengkonsumsi telur dan susu.
  5. Untuk mengontrol asupan makanan, sangat dianjurkan untuk berpuasa.
  6. Memperbanyak minum. Hasil metabolisme purin berupa asam urat akan disekresikan melalui urin.
  7. Hindari minuman-minuman bersoda. Minuman bersoda akan meningkatkan pelepasan calcium dari tulang. Pada gilirannya akan memperberat kerja ginjal dan membuat tulang rapuh.
Demikian postingan kali ini, Kesehatan mahal harganya, lebih baik menjaga dari pada mengobati, semoga bisa bermanfaat.

Sumber :
·         http://doktersehat.com/manfaat-mandi-malam
·         http://www.sehatku.info/2013/03/4-efek-samping-mandi-malam-bagi-tubuh.html

No comments:

Post a Comment

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink