Space Iklan

Wednesday, April 3, 2013

Teh bermanfaat bagi kesehatan



Mungkin minum teh merupakan tergolong populer kedua setelah minum air putih, yang mana minum air putih sudah dipopulerkan dengan “minum air putih setiap hari 8 gelas” . Tidak kalah pentingnya minum teh bagi kesehatan, menurut beberapa penelitian menyebutkan bahwa minum teh membantu mencegah penyakit kardiovaskular, membakar kalori dan menangkal beberapa jenis kanker. Penelitian yang dilakukan di Taiwan, menemukan bahwa mereka yang minum sekitar empat ons sampai 20 ons teh per hari memiliki risiko 46 persen lebih rendah terkena tekanan darah tinggi dibanding orang yang tidak minum teh secara teratur.

"Minum teh adalah sebuah kebiasaan yang harus kita pelihara. Teh bukan obat yang begitu diminum langsun sembuh. Perlu waktu panjang untuk merasakan manfaatnya, juga diimbangi dengan pola hidup sehat. Percuma rajin minum teh, tapi tetap hobi makan-makanan bersantan, berminyak, bergadang dan merokok," kata Suwarni Widjaja Master of Tea Ceremony Urasenke Indonesia.

Pelbagai jenis teh, berbeda pula manfaat yang dimilikinya.

Teh hijau (green tea)

Teh hijau memiliki kandungan yang paling baik karena tidak mengalami fermentasi, kaya akan vitamin A, C, dan E. Teh ini berwarna hijau muda dan beraroma segar.

Teh ini dapat mencegah kanker, liver, dan dapat menghilangkan panas dalam.

Khusus untuk green tea cara menyeduhnya jangan menggunakan teko dari tanah liat dimana sifat tanah liat menyimpan panas akan membuat daun teh terlalu matang dan rusak. Sebaiknya gunakan suhu air 70 derajat- 80 derajat celcius. 

Teh putih

Dibuat dari tunas teh yang berbulu halus berwarna putih dan diproses dengan fermentasi ringan. Teh ini beraroma bunga dan berwarna kuning muda.

Teh ini bermanfaat untuk membantu metabolisme tubuh, melancarkan peredaran darah dan menunda proses penuaan dini. Seduh dengan suhu air kurang lebih 85 derajat celcius agar khasiat teh tidak rusak.

Teh Oolong

Ching Cha atau yang dikenal dengan Oolong Tea adalah teh dengan fermentasi ringan. Teh Oolong memiliki aroma dan rasa yang sangat lembut. Teh ini juga bermanfaat menurunkan hipertensi, menjaga stamina, dan menyegarkan pernapasan.

Supaya khasiat tehnya tidak rusak, seduh dengan suhu air kurang lebih 90 derajat celcius.

Teh merah

Teh berfermentasi berat ini memiliki aroma dan rasa yang kuat. Dapat menghilangkan lemak dan membantu kerja pencernaan. Supaya khasiat tehnya tidak rusak seduh dengan suhu air Kurang lebih 90 derajat celcius.

Teh hitam

Teh yang dikenal dengan sebutan teh tua atau teh yang sengaja disimpan bertahun-tahun ini memiliki aroma lembut dan berwarna merah kehitaman. Dapat menghilangkan lemak dan kolesterol.

Berasal dari Yunan (China). Agar kandungan teh tidak rusak, seduh dengan suhu air 100 derajat celcius.

Teh bunga

Diproses dengan cara pengasapan dan penambahan bunga-bunga alami, nikmat menyegarkan dengan aroma wewangian alami akan mengendurkan ketegangan saraf, membantu metabolisme tubuh dan menghilangkan stres. Seduh dengan air di bawah 80 derajat celcius agar khasiat teh tidak rusak.

Manfaat teh untuk kecantikan

• Menjaga kesehatan kulit. Kandungan catechine dan polyphenol dalam teh bermanfaat sebagai antioksidan yang mampu mencegah serangan radikal bebas, mengurangi kerusakan sel sehingga penuaan dini bisa dicegah. Ekstrak daun teh dapat membantu mengecilkan pori-pori di wajah, menyamarkan flek, mengatasi jerawat, memberikan nutrisi pada kulit. Kandungan tanin dalam teh baik untuk mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari.

• Mencegah bau mulut. Polyphenol mampu menghambat pertumbuhan bakteri sampai 30 persen dan mengurangi produksi senyawa penyebab napas tak sedap di mulut.

• Menyegarkan mata sembab.Teh mengandung satu senyawa yang bersifat astringent sehingga dapat membantu mengatasi dan menyegarkan mata yang sembab serta menghilangkan lingkaran hitam di mata.

• Melangsingkan Tubuh. Paduan kafein dan catechine mampu membakar empat persen kalori lebih banyak. Catechine teh juga menghambat penyerapan vitamin B1. Hal ini akan mengurangi metabolisme gula darah yang selanjutnya berpengaruh pada pengurangan berat badan.
(Sumber: okezone.com/ washingtonpost.com)

No comments:

Post a Comment

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink