Space Iklan

Tuesday, April 2, 2013

Ranking Alexa : Motivasi Dalam Membuat Posting



Saling Indonesia. Berbicara masalah ranking Alexa, mungkin bagi para blogger sudah tidak asing lagi, mereka sudah mengenal dan mempunyai berbagai macam tips dan triknya, mungkin bagi yang baru saja mengenal dunia blog yang namanya ranking alexa masih samar-samar dan banyak yang ingin tahu, bagi yang mempunyai blog baru seperti saya ini, karena ingin mengetahui lebih jauh tentang ranking alexa, saya lakukan muter-muter cari di berbagai blog atau situs.

Mungkin dalam postingan kali ini hanya ingin berbagi informasi seputar alexa, mudah-mudahan informasi seputar alexa ini ada manfaatnya baik bagi pribadi maupun pembaca blog sekarang ini, ada sebuah pepatah “tiada rotan akarpun jadi”.

Apakah Ranking Alexa itu penting ?

Penting atau tidaknya Ranking Alexa, tergantung para pemilik situs atau blog, apakah tujuan mempunyai blog hanya biografi pribadi, kalau blog kita hanya memposting kehidupan pribadi atau history sehari-hari, rank alexa tidak begitu penting.

Ranking Alexa menjadi penting kalau blog kita bertujuan memberikan informasi kepada pembaca dan dibalik informasi tersebut ada tujuan lain seperti penjualan produk barang dan jasa. Dalam hal ini Ranking Alexa penting karena informasi-informasi yang mempunyai Ranking tinggi atau besar dengan sendirinya di kunjungi lebih dulu, Dengan Rank tinggi dengan sendirinya traffik akan tinggi. Seperti situs-situs ranking tinggi seperti Google, Facebook, Yahoo, Twitter, Wikipedia, situs-situs tersebut banyak dikunjungi di dunia maya, dan sudah pasti Ranking Alexa atau pun Ranking-ranking lainnya (Page Rank) cukup besar.

Meningkatkan Ranking Alexa

Sebuah situs untuk mendapatkan ranking alexa yang baik, diperlukan keseriusan atau kerja keras dalam postingan atau artikel yang berkualitas untuk menarik pengunjung untuk berlama-lama melihat, membaca, membuat komentar di situs kita, kalau bisa di bikin pengunjung betah atau bisa berkunjung balik ke situs kita, ada beberapa pendapat yang pernah saya peroleh sewaktu mengunjungi beberapa situs di internet, penting untuk meningkatkan ranking alexa seperti :

1.      Memasang widget alexa di situs
2.      Menginstal di browser toolbar alexa atau status alexa
3.      Posting tentang seputar alexa
4.      Mereview postingan secara berkala
5.      Mengurangi link keluar ke situs lain
6.      Berkomentar di blog dofollow

Cara-cara seperti di atas semuanya pernah di trial dan cukup lumayan ampuh, ada pendapat sahabat blogger, ranking alexa bisa dikecilkan kalau rank alexa kita masih di atas 1 jutaan untuk tingkat dunia, dan tingkat lokal masih 10 ribuan, kalau sudah di bawah itu persaingan sangat ketat sekali, mungkin saja kita harus bekerja keras lagi agar situs ramai pengunjung di atas ribuan pengunjung.

Sebagai acuan untuk memotivasi kita dalam rangka meningkatkan rank alexa, ada postingan yang di lansir kompasiana, cukup inspiratif dan bisa dijadikan motivator berikut ini :

Alexa Ranking: Pentingnya Sebuah Peringkat

Lagi-lagi tentang Alexa Ranking, sekarang ini saya memang amat tergila-gila dengan yang namanya situs Alexa.com ini. Mungkin karena dipengaruhi euforia blog pribadi saya yang telah menembus dibawah satu juta dari sekian banyak situs atau blog yang ada di seluruh dunia. Atau juga sedang kesemsem ingin tahu bagaimana caranya agar blog saya mencapai peringkat dibawah 100.000, sesuai apa yang dicita-citakan saya sewaktu memulai ngeblog?

Ah sudahlah, impian tetap impian. Tetapi setidaknya kita sadar diri, untuk mencapai peringkat <100.000 bukan perkara mudah. Dan meraihnya membutuhkan pengorbanan yang sangat tinggi dan tidak sedikit sangat melelahkan, bahkan menurut penuturan sahabat saya, ketika kami chatting via fb, yang peringkat blognya di kisaran 400rb, sudah sangat mentok untuk mencapai yang lebih baik lagi. Kebetulan blog sahabat saya itu berisi tentang teknologi dan software serta cerita silat, jadi masih saja banyak pengunjung setia yang mendatangi blog tersebut.

Saya sendiri sempat berpikir, apakah blog saya itu yang isinya cuma catatan pengalaman pribadi dan cerpen dapat melewati blog beliau ataupun paling tidak menyamainya…?

Ternyata jawabannya adalah YA. Ini berdasarkan analisa saya sendiri sebagai pemilik “roelly87.blogspot.com”. Karena blog ini berisi catatan pengalaman pribadi saya, cerita tentang wayang, dan kisah-kisah pengalaman dari sahabat, seperti “Ironi Seorang Kupu-kupu Malam…“. 

Dan juga tulisan yang ada di blog itu asli merupakan kreasi saya sendiri, tidak Copy Paste dari Situs ataupun Blog orang lain. Walaupun ada tulisan yang saya ambil dari beberapa media, tetapi saya tetap menampilkan sumber yang saya kutip dibawah tulisan yang saya bikin (Teori Konspirasi: Dibalik Penyerangan Sekutu terhadap Libya…?).

Kembali tentang masalah Peringkat, Dan setelah saya mencari beberapa sumber dari Google, saya menemukan asumsi tentang pemeringkatan Alexa Ranking, yaitu:

1. Alexa Rank di kisaran Juta-an

Biasanya di kisaran segini adalah blog yang masih sangat baru dibuat, seperti halnya blog saya sewaktu pertama kali dibikin. Untuk menurunkan angka alexa dari jutaan ke ratusan ribu (20 juta - 999 ribu), seorang blogger harus rajin mengupdate artikel minimal satu tulisan perhari. Kalau saya sendiri justru jarang, update tulisan sekitar seminggu baru dapat 3 kali…

2. Alexa Rank di kisaran 999 ribu s/d 500 ribu

Di kisaran segini, persaingan antar blog dan situs profesional semakin ketat. Hampir mustahil mengalami lonjakan peringkat yang sangat drastis. Menurut sumber yang saya dapat, untuk update artikel hampir tidak berperan dalam kisaran segini. Para blogger harus wara-wiri untuk berkunjung ke berbagai situs blog sahabat maupun komunitas agar memperkenalkan blognya lebih lanjut. Contoh Kompasiana, Forum Tempo, Kaskus, Lintas Berita dan lain-lain. Juga harus memperkuat SEO untuk mendapatkan trafik. (Kalau yang ini saya kurang begitu paham, maklum gaptek!)

3. Alexa Rank di kisaran 500 ribu s/d 99 ribu

Untuk berada disini, blog saya belum pernah mencapainya, jadi saya tidak akan berbicara banyak. Tetapi saya mengambil beberapa artikel dari beberapa situs dan forum, bahwa yang mempengaruhi suatu peningkatan blog terdapat beberapa faktor utama seperti banyaknya pengunjung yang menggunakan alexa toolbar pada browsernya maka akan berpengaruh pada blog anda.
Pemasangan Toolbar Alexa dipercaya dapat mendongkrak peringkat sebuah blog ataupun situs.

4. Alexa Rank di kisaran 99 ribu s/d 9 ribu

Jarang sekali sebuah blog yang berasal dari Indonesia mencapai posisi ini, kemarin saya searching di google tentang blog dengan peringkat dibawah 100 ribu, hanya ada beberapa (pencarian random, dan tidak mendetail) yang saya tahu, yaitu Blogernas milik Bang Erianto Anas yang terkenal Nyeleneh…

5. Alexa Rank di kisaran 9 ribu s/d seribu

Sulit mendeteksi sebuah blog yang ada di level ini, kebanyakan adalah situs dari perusahaan besar ataupun perusahaan media masa yang sudah sangat terkenal. Untuk beberapa forum komunitas di Indonesia sendiri, ada Kompasiana yang sedang giat-giatnya memperbaiki peringkat Alexa rangking dengan Membuat Toolbar Alexa yang dipasang di browser kompasianer.

6. Alexa Rank di kisaran 999 s/d 1…

Makin kesini, tidak ada yang namanya blog pribadi yang dapat bercokol di kisaran dibawah seribu. Setahu saya kebanyakan diisi oleh situs-situs ternama seperti Google # 1 yang berjibaku dengan Facebook untuk memperebutkan status nomor 1. Dari Indonesia sendiri terdapat beberapa media asli yang menduduki peringkat ini, seperti Kaskus (#242), Detik.com (#570), dan Kompas.com (#706). Selain itu? Sulit untuk mencarinya, meskipun sudah menelusuri ke antero dunia persilatan dan bertanya kepada Mbah Google sekalipun.
 Diharapkan semua kompasianer memasang toolbar kompasiana di browsernya…

Tulisan ini bukan berarti Menyanjung tinggi sebuah Peringkat dan mengesampingkan idealisme dalam ngeblog, tetapi hanya sebagai sebuah opini tentang bagaimana pencapaian sebuah blog atau situs dalam percaturan internet. Toh Google dan Facebook yang sangat terkenal saja saling berkejaran untuk menduduki peringkat 1 dari Alexa Ranking…

Demikian postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat.

Artikel terkait :


No comments:

Post a Comment

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink