Space Iklan

Thursday, May 2, 2013

Ki Hadjar Dewantara : Lahirnya Hari Pendidikan Nasional



Ing ngarso sung tulodo, Ing madyo mangun karso, Tut wuri handayani”

Semboyan yang dalam bahasa Jawa tersebut sudah sangat dikenal di kalangan pendidikan Indonesia yang artinya “Di depan memberi contoh, Di tengah memberi semangat, Di belakang memberi dorongan”.

Semboyan tersebut diciptakan oleh Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hadjar Dewantara yang lahir di Yogyakarta 2 Mei 1889 dan meninggal di Yogyakarta 26 April 1959. Ia adalah pendiri Perguruan Taman Siswa, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi untuk bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda.

Tanggal kelahiran Ki Hadjar Dewantara sekarang diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Atas jasa-jasanya dalam merintis pendidikan umum, ia dinyatakan sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia dan dikukuhkan sebagai pahlawan nasional ke-2 oleh Presiden RI, Soekarno, pada tanggal 28 Nopember 1959 (Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 305 Tahun 1959, tanggal 28 Nopember 1959).

Pendidikan di Indonesia

Pendidikan di Indonesia adalah seluruh pendidikan yang diselenggarakan di Indonesia, baik itu secara terstruktur maupun tidak terstruktur. Secara terstruktur, pendidikan di Indonesia menjadi tanggung jawab Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia (Kemdiknas), dahulu bernama Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Depdikbud). Di Indonesia, semua penduduk wajib mengikuti program wajib belajar pendidikan dasar selama Sembilan tahun, enam tahun di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah dan tiga taahun di sekolah menengah pertama/madarasah tsanawiyah. Pendidikan di Indonesia diatur melalui Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Pendidikan di Indonesia terbagi ke dalam tiga jalur utama, yaitu formal, nonformal, dan informal. Pendidikan juga dibagi ke dalam empat jenjang, yaitu anak usia dini, dasar, menengah, dan tinggi.

No comments:

Post a Comment

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink