Space Iklan

Wednesday, October 16, 2013

Biografi Alfred Nobel dan Penghargaan Nobel



Alfred Nobel (1833-1896) lahir di Stockholm, Swedia, pada tanggal 21 Oktober 1833. Keluarganya adalah keturunan dari Olof Rudbeck, Teknis Jenius paling terkenal di Swedia pada abad ke-17, era dimana Swedia merupakan kekuatan besar di Eropa Utara. Nobel fasih dalam beberapa bahasa, menulis puisi, dan drama. Nobel juga sangat tertarik pada isu-isu sosial, perdamaian, dan pandangan yang dipegang radikal selama waktunya. Kepentingan Alfred Nobel tercermin dalam hadiah yang ia dirikan.

Pada tanggal 21 Oktober 1833 bayi laki-laki lahir dari keluarga di Stockholm, Swedia yang akan menjadi seoraang ilmwan terkenal, penemu, pengusaha, dan pendiri hadiah Nobel. Ayahnya Immanuel Nobel dan ibunya adalah Andriette Ahlsell Nobel. Mereka menamai anak mereka Alfred.
Ayah Alfred adalah seorang insinyur dan penemu. Dia membangun jembatan dan bangunan dan bereksperimen dengan cara yang berbeda dari batuan peledakan.

Pada tahun yang sama bahwa Alfred lahir, bisnis ayahnya merugi dan harus ditutup. Pada tahun 1837, Immanuel Nobel memutuskan untuk mencoba bisnis di tempat lain dan berangkat ke Filandia dan Rusia. Ibu Alfred tetap di Stockholm untuk mengurus keluarga. Pada saat ini, Alfred memiliki dua kakak laki-laki, Robert lahir pada tahun 1829, dan Ludvig lahir pada tahun 1831.

Alfred meninggal di San Remo, Italia pada tanggal 10 Desember 1896. Dalam surat wasiat terakhirnya, ia menulis bahwa kekayaan yang ditinggakannya untuk digunakan dan hadiah kepada mereka yang telah melakukan yang terbaik bagi kemanusiaan di bidang fisika, kimia, fisiologi, atau kedokteran, sastra, dan perdamaian.




Sumber : http://www.nobelprize.org/


No comments:

Post a Comment

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink