Space Iklan

Tuesday, October 1, 2013

Contoh Tanaman Obat Keluarga ‘> Baik Mencegah daripada Mengobati’



Saling Indonesia. Tanaman obat keluarga adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Tanaman obat keluarga bisa ditanam di sebidang tanah baik di halaman rumah, kebun, atau ladang keluarga. Tanaman obat keluarga bisa dimanfaatkan untuk memenuhi keperluan akan obat-obatan bagi keluarga ataupun orang disekitar kita yang memerlukannya.
Apa saja yang bisa kita tanam sebagai tanaman obat keluarga ? berikut contoh tanaman yang bisa kita tanam di halaman rumah :

1.     Kumis Kucing

Kumis Kucing dapat kita tanam di halaman rumah karena tanaman ini bisa digunakan sebagai obat untuk menanggulangi berbagai penyakit, di Indonesia daun yang kering bisa digunakan sebagai obat memperlancar pengeluaran air kemih (diuretik) sedangkan di India untuk mengobati rematik. Masyarakat menggunakan kumis jucing sebagai obat tradisional sebagi upaya penyembuhan batuk encok, masuk angin, dan sembelit. Disamping itu daun tanaman ini juga bermanfaat untuk pebobatan radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, albuminuria, dan penyakit syphilis, reumatik dan menurunkan kadar glikosa darah. Selain bersifat diuretik, kumis kucing juga digunakan sebagai anti bakteri.


2.     Daun Dewa

Manfaat Daun Dewa untuk meredakan rasa nyeri (Analgesik), Anti  Inflamasi ( anti radang), melancarkan sirkulasi darah, mengobati luka memar,  daun dewa bisa menghentikan pendarahan, bisa meluruhkan kencing, obat penurun panas, obat kencing manis atau diabetes mellitus, pembersih racun dalam tubuh.
Daun dewa untuk menurunkan darah tinggi, pengolahannya : Ambil 7 lembar daun dewa yang lebar dan siap panen, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas, minum 2 kali sehari sesudah makan, lebih baik lagi kalau daun dewa dijadikan lalapan.

Untuk mengobati luka memar, pengolahannya : Ambil daun dan umbi daun dewa 20 gram, daun jarak segar 10 lembar, haluskan ketiga bahan, setelah halus tapalkan pada daerah yang sakit. 


3.     Sirih

Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan, daun sirih juga bersifat menahan pendarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu daun sirih juga bisa bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan pendarahan. Biasanya daun sirih obat untuk hidung berdarah (mimisan)- daun sirih dicuci lalu digulung kemudian dimasukan ke hidung.



(Bersambung..)

Sumber : Wikipedia

Artikel Terkait :

No comments:

Post a Comment

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink