Space Iklan

Wednesday, October 2, 2013

Kenapa Pemerintahan AS di Tutup 'ShutDown' ?


Saling Indonesia.  Berita yang lagi populer ‘Shutdown’ Pemerintah AS. Ada apa kok bisa Pemerintah AS di tutup, menurut beberapa sumber yang saya dapatkan di Internet menyebutkan di tutupnya pemerintahan Amerika Serikat (AS) disebabkan beberapa hal berikut ini :


Penyebab ditutupnya Pemerintahan AS, belum disetujuinya Anggaran baru sampai batas yang sudah ditentukan. Menurut Presiden Amerika Serikat dengan ditutupnya Pemerintahan AS secara  langsung akan mempengaruhi perekonomian Amerika Serikat.

Akibat belum disetujuinya anggaran, sekitar 700 ribu pekerja pemerintahan akan dirumahkan, layanan publik akan berhenti, begitu juga monumen nasional seperti patung Liberty, museum, dan taman nasional akan ditutup juga.

Penutupan kantor-kantor AS yang pertama kali selama 17 tahun. Sewaktu Presiden Bill Clinton pemerintahan pernah ditutup selama 21 hari tahun 1995 sehingga merugikan perekonomian sekitar US$ 1 Miliar.

Mengapa hal ini bisa terjadi ? ( sumber : bbc Indonesia)

Hal ini terkait dengan pergulatan politik antara Partai Republik - yang menguasai majelis rendah, Dewan Perwakilan Rakyat, serta Demokrat yang memiliki mayoritas di majelis atas, Senat.

Karena tidak ada kesepakatan antara dua majelis terkait anggaran federal, Kongres AS, gagal meloloskan anggaran sebelum tahun fiskal berakhir tanggal 30 September.

Sejak pemilihan Presiden Obama, dua partai tidak pernah meraih resolusi tentang anggaran Amerika Serikat yang diperpanjang selama beberapa bulan.

Partai Republik pernah menggunakan batas waktu anggaran ini untuk mendapatkan kepentingan politik terkait kebijakan yang alot.

Isu kunci kali ini adalah program reformasi pelayanan kesehatan Obama. Partai Republik - yang menguasasi DPR- menghapus anggaran untuk itu atau menunda. Langkah ini kemudian ditolak oleh Senat.

Halaman ini terakhir diubah 18-10-2013 ( 116 view)

3 comments:

  1. Izin nyimak aja mas. Saya kurang tahu betul soal AS hehe :D

    ReplyDelete
  2. Nice info. Thanks for sharing.
    Maju terus gan.

    ReplyDelete

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink