Space Iklan

Friday, October 11, 2013

Obyek Wisata Candi Borobudur-Indonesia



Foto (sumber : indonesia.travel)

Saling Indonesia. Candi Borobudur sebuah bangunan bersejarah yang berbentuk stupa didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi. Monumen ini terdiri dari atas enam teras berbentuk bujur sankar yang di atasnya terdapat tiga pelantaran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 Arca Budha. Stupa utama terbesar terletak di tengah sekaigus memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang dalamnnya terdapat Arca Buddha tengan duduk bersila dalam posisi tertai sempurna dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma).

Menurut bukti-bukti sejarah, Candi Borobudur ditinggalkan pada abad ke-14 seiring melemahnya pengaruh kerajaan Hindu dan Buddha di Jawa serta mulai masuknya pengaruh Islam. Dunia mulai menyadari keberadaan bangunan ini sejak ditemukan 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles, yang saat tu menjabat sebagai Gubernur Jenderal Inggris atas Jawa. Sejak saat itu Candi Borobudur telah mengalami serangkaian upaya penyelamatan dan pemugaran. Proyek pemugaran terbesar digelar pada tahun 1975 hingga 1982 atas upaya Pemerintah Republik Indonesia dan UNESCO, kemudian situs bersejarah Candi Borobudur  masuk dalam daftaar Situs Warisan Dunia.
 
Apabila ingin berkunjung ke Candi Borobudur, lokasi candi terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, kalau dari Semarang kurang lebih 100 km, kalau dari Surakarta kurang lebih 86 km, dan dari Yogyakarta kurang lebih 40 km. 

Sumber : wikipedia

No comments:

Post a Comment

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink