Space Iklan

Thursday, January 17, 2013

CAT RAMAH LINGKUNGAN DENGAN LOGO EKOLABEL



Indikasi cat yang tidak merusak mata  adalah, tidak pedih dimata, aromanya tidak menyengat, dan lihat dikemasan apakah ada logo ecolabelnya.

Banyak konsumen yang tidak sadar bahwa penggunaan cat yang tidak ramah lingkungan bisa menggangu saluran pernapasan, gangguan penglihatan, kanker hingga impotensi.

Ekolabel itu apa ?
Ekolabel Indonesia merupakan salah satu perangkat pengelolaan lingkungan hidup yang bersifat proaktif sukarela dan diharapkan sebagai perangkat yang efektif untuk melindungi fungsi lingkungan hidup, kepentingan masyarakat dan peningkatan efisiensi produksi serta daya saing. Selain itu ekolabel juga dimaksudkan untuk mewujudkan sinergi pengendalian dampak negatif ke lingkungan sepanjang daur hidupnya serta mendorong supply and demand produk dan jasa ramah lingkungan.

Produk cat adalah kontributor volatile organic compounds (VOC) terbesar ke-2 di udara yang kita hirup, di samping emisi gas buang dari kendaraan. Tetapi dengan pengetatan standar Environmental Protection Agency (EPA), sepertinya bahan ini mungkin akan segera dihilangkan dari pasaran cat. Sejak pertengahan 1990-an, cat ramah lingkungan pertama telah diluncurkan ke pasar, dan hingga kini kian berkembang luas.

Menurut EPA, VOC menyebabkan iritasi mata, hidung, dan tenggorokan, sakit kepala, kehilangan koordinasi tubuh, mual, serta kerusakan hati, ginjal, dan sistem saraf pusat. VOC pada cat mengacu kepada emisi berbahaya yang dipancarkan ke udara ketika sedang proses pengeringan cat, yang dalam beberapa kasus dapat memakan waktu yang cukup lama. VOC dapat dilepaskan dari hampir semua komponen dari cat tradisional.


Generasi baru dari cat ramah lingkungan semua dapat dibersihkan dengan air. Meskipun pengembangan cat rendah VOC awalnya didorong oleh peraturan EPA yang memperketat konten zat VOC, persaingan antara produsen cat ramah lingkungan telah menjadi faktor besar dalam perkembangan pesat dari produk ini.

Karena tren produksi cat ramah lingkungan dimulai pada 1990-an, telah terjadi perkembangan terus-menerus dan signifikan dalam hal kualitas, kinerja, dan efek kesehatan cat ramah lingkungan dibandingkan para pendahulu mereka yang beracun.

Apa yang Dimaksud Cat Non-VOC?

Cat non atau rendah VOC mengacu pada cat berbasis air yang mengandung emisi berbahaya sangat sedikit. Setelah produk ini diluncurkan ke pasar dan konsumen menemukan bahwa mereka bisa menerapkannya bahkan ketika tinggal di rumah, permintaan akan produk ini tumbuh secara dramatis. Sejak mereka pertama kali diperkenalkan ke pasar pada akhir 1990-an, perusahaan cat rendah VOC terus meningkatkan formulanya sehingga kini telah mengungguli pendahulu tradisional mereka.

Ketika Membeli

Ketika memilih cat untuk rumah Anda, pertimbangan pertama adalah warna dan kemilau. Di samping itu, adalah daya tahan, kemudahan aplikasi, harga, dan tentu saja konsekuensi kesehatan para penggunanya di rumah Anda, serta kesehatan planet ini.

Hal mengejutkan yang ditemukan adalah bahwa cat lateks tradisional yang telah digunakan untuk mengecat rumah sejak dulu, ternyata terus memancarkan VOC dan tetap beracun selama bertahun-tahun. Meskipun beberapa merk cat rendah VOC akan menelan biaya lebih mahal, namun mereka mampu menutupi permukaan dinding jauh lebih baik daripada cat tradisional, selain itu yang terpenting adalah tidak memancarkan racun ke udara, dan terlihat sama kasarnya dengan rekan-rekan mereka yang beracun.

Studi telah mengaitkan cat tradisional dengan sejumlah masalah kesehatan, mulai dari gangguan pernapasan hingga kanker, jadi jika Anda mempertimbangkan uang yang disimpan dengan biaya pengobatan, serta kualitas jangka panjang hidup, cat ramah lingkungan sepertinya merupakan pilihan yang lebih masuk akal.

Memilih Finishing

Sejak ditemukan bahwa cat ternyata dapat diproduksi tanpa konten VOC, kini sudah tidak ada masalah untuk menemukan cat yang sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda dalam performa keseluruhan dan harga.

Ada empat finishing dasar yang tersedia untuk cat rumah, yaitu datar, cangkang, semigloss (semi-mengkilap), dan high-gloss (sangat-mengkilap). Cat datar tampak bagus, tetapi relatif lebih lembut dan rentan terhadap sidik jari dan noda, sehingga sangat cocok digunakan di tempattempat yang jarang mendapat sentuhan, seperti langit-langit. Cangkang adalah finishing yang cocok digunakan untuk segala bidang, dan semi-gloss sebagian besar digunakan di kamar mandi dan tempat-tempat yang lembab. Merk cat rendah VOC juga memiliki semua tipe finishing ini, seperti yang terdapat pada cat tradisional.

Tips dalam Aplikasi

Kebanyakan cat ramah lingkungan dapat menangani sama baiknya, atau bahkan terkadang lebih baik dari pendahulu mereka yang beracun. Dalam kebanyakan kasus, bahkan jika rumah Anda belum pernah dicat sebelumnya, Anda dapat mencapai hasil yang baik atau bahkan hebat dengan menggunakan cat ramah lingkungan dengan merk yang tepat.

Namun, ada beberapa merk cat rendah VOC yang kering dengan sangat cepat, dan ini dapat menyebabkan tanda guratan pada hasil cat. Salah satu cara untuk menghindari hal ini adalah dengan menandai potongan bidang saat Anda akan pergi. Dan saat mengecat tentunya harus dilakukan secara kontiniu, tidak berpindah-pindah bidang cat, sehingga cat yang akan mengering akan selalu terbasahi kembali.

Tujuan dari metode ini adalah untuk menyelesaikannya ketika akan Anda tinggal pergi, dan tidak mengecat terlalu jauh dari badan Anda. Hal ini umumnya disebut sebagai “teknik mengecat tingkat lanjutan”, yang sebenarnya paling baik dilakukan oleh dua orang yang mengecat secara bersamaan, satu dengan kuas dan yang lainnya dengan rol agar menjaga tepiannya tetap basah.

Umumnya, yang terbaik adalah mengecat bersama pasangan, atau anggota keluarga. Satu orang dapat fokus pada menjaga dengan rol yang terus bergerak, tanpa harus berhenti untuk mengurus semua hal-hal kecil yang muncul, seperti memindahkan sesuatu, menambahkan beberapa selotip, mengisi baki rol, dan lain sebagainya.

Tips Perawatan

Cat dengan kemilau datar adalah yang paling sensitif ketika harus dibersihkan, sehingga Anda akan harus sangat berhati-hati ketika mencoba untuk membersihkannya. Namun, kini telah ada beberapa merk yang mengklaim finishing datar mereka begitu kuat sehingga Anda dapat dengan mudah membersihkannya, yang merupakan perbaikan besar setelah formula beracun tradisional.

Melapisi cat rendah VOC tidak berbeda dengan cara melapisi cat tradisional. Tidak perlu harus menutupnya dengan semen terlebih dahulu, kecuali jika permukaannya kasar dan Anda ingin menghaluskannya. Jika banyak terdapat noda minyak atau lilin, cukup hanya dengan membersihkan permukaan dengan kain lembab dan melapisi dengan jenis cat yang sama. Jika Anda mengubah merk, warna, atau finishing, Anda mungkin perlu mengulangi dasaran sebelum cat finishing. Beberapa merk mengatakan Anda tidak perlu menggunakan dasaran untuk cat mereka, yang tidak hanya menghemat banyak waktu tetapi juga menghemat cat.

Sumber : Olahan berbagai sumber di internet

No comments:

Post a Comment

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink