Space Iklan

Thursday, January 17, 2013

Membuat Bakso Sendiri




Saling Indonesia. Bakso sudah tidak asing lagi dan merupakan makanan favorit kita semua..hampir-hampir semua orang sudah merasakan apa itu makan bakso. Mau tahu cara membuatnya..inilah tips membuat bakso yang di lansir tabloid nova, Langsung saja inilah tips membuat bakso sendiri.

Merendam adonan bakso di dalam air es akan membuatnya lebih kenyal dan padat, lho!
Siapa tak kenal bakso? Kudapan yang terbuat dari daging sapi cincang ini bisa dibilang menu favorit orang Indonesia. Bentuknya pun “berevolusi”. Bakso yang bulat sekarang juga dibuat berbentuk pipih. Bahannya juga lebih bervariasi seperti ayam dan udang.

Tapi, akhir-akhir ini kita diresahkan dengan bakso yang dicampur daging babi. Sekarang, tak usah khawatir lagi sebab Anda bisa membuat bakso dengan mudah. Bakso buatan sendiri juga lebih aman dan lebih higienis, kan? Yuk, simak trik membuat bakso dan langsung praktikkan di dapur.

Ragam Bakso

Bakso Daging Sapi 
Pilih daging sapi segar bagian paha yang bebas urat dan memiliki sedikit lemak. Contohnya, daging lemusir dan gandik. Dua varian ini dijamin menghasilkan bakso yang bermutu jempolan.

Cara membuatnya mudah. Potong-potong daging sapi dan haluskan menggunakan food processor . Jika tidak memiliki food processor , giling daging di pasar. Sesampainya di rumah, tumbuk daging memakai ulekan supaya lebih halus.

Berikan bumbu, tepung sagu, dan es batu pada daging cincang. Aduk hingga rata dan adonan tidak lengket di tangan. Nah, Anda juga dapat menambahkan bahan lain seperti urat sapi, keju, jamur, atau sumsum.

Tips: Jumlah tepung sagu yang dipakai sekitar 15 - 20 persen dari berat daging.

Bakso Ikan 
Pilih jenis ikan berdaging putih seperti tenggiri, kakap, kerapu, belida, atau ikan gabus. Selain hasilnya lebih bersih, tekstur baksonya juga lebih kenyal. Ikan berdaging putih juga dagingnya lebih padat sehingga lebih mudah dibentuk.
Tips: Bakso ikan yang bermutu baik berwarna putih, mengilap, teksturnya kenyal, halus, dan tidak berserat.

Bakso Udang
 
Pilih udang yang segar, lalu buang sungut, kepala, dan kulitnya. Setelah udang diremas-remas dengan garam, cuci bersih, dan cincang hingga halus lalu campurkan dengan bumbu. Jika suka, tambahkan irisan daun bawang dan aduk hingga rata lalu sesuaikan bentuk bakso udang sesuai selera.

Bulat Sempurna
 
Penasaran bagaimana mendapatkan bakso berbentuk bulat sempurna?
Caranya, bentuk bakso menggunakkan 2 sendok kecil. Anda juga bisa menggunakan tangan. Ambil segenggam adonan, remas, dan tekan ke arah ibu jari. Adonan akan keluar dari antara ibu jari dan telunjuk serta langsung membentuk bulatan. Selanjutnya, ambil adonan menggunakan sendok.

Rebus & Rendam
 
Langkah berikutnya, rebus air sampai mendidih, kecilkan api, dan masukkan bulatan daging yang sudah terbentuk, lalu rebus sampai bakso terapung. Angkat dan masukkan kembali ke dalam air es. Hal ini dilakukan supaya panas bakso berkurang tapi bakso tetap lebih kenyal dan lebih padat.

Simpan dengan Benar
 
Walaupun tanpa pengawet, bakso dapat bertahan kurang lebih sebulan jika disimpan di dalam freezer  dan dimasukkan ke wadah yang tertutup rapat. Tapi, jika disimpan di chiller , bakso yang ditaruh di wadah tertutup atau kantong plastik bisa bertahan hingga seminggu. Nah, jika bakso akan digunakan, rendam dulu di dalam air hangat, ya!

Sumber : tabloidnova.com

Halaman ini terakhir diubah 31-12-2013 : 7:28 ( 158 views)

No comments:

Post a Comment

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink