Space Iklan

Monday, February 17, 2014

Khasiat Ciplukan (Cecendet) Physalis Peruviana. L




Assalamualaikum Wr.Wb.
Mas Oyo, selamat siang.
Saya ingin membeli kapsul Ciplukan, mohon informasi bagaimana cara membelinya. Salam. (Pengunjung)

Saling Indonesia. postingan kali ini seputar tanaman obat Ceplukan atau Ciplukan atau Cecendet (Basa Sunda), mungkin Anda tahu tanaman tersebut, kalau yang belum tahu ni ulasan seputar Ciplukan atau Cecendet berikut ini.

Ceplukan atau ciplukan adalah nama sejenis buah kecil, yang ketika masak tertutup oleh perbesaran kelopak bunga. Buah ini juga dikenal dengan pelbagai nama daerah seperti cecenet atau cecendet (Sunda), nyurnyuran (Md), dan kopok-kopokan (Bl).

Herba berumur setahun, tegak, tinggi s/d 1 m. Batang berusuk (=angulata) bersegi tajam dan berongga. Daun berbentuk bundar telur memanjang berujung runcing, dengan tepi rata atau tidak, 2,5-10,5 × 5-15 cm.

Bunga di ketiak, dengan tangkai yang tegak, keunguan, dan dengan ujung yang mengangguk. Kelopak berbagi lima, dengan taju yang bersudut tiga dan meruncing, hijau dengan rusuk keunguan. Mahkota serupa lonceng, berlekuk lima dangkal, kuning muda dengan noda kuning tua dan kecoklatan di leher bagian dalam, 7-9 mm tingginya. Tangkai sari kuning pucat dengan kepala sari biru muda.

Buah dalam bungkus kelopak yang menggelembung berbentuk telur berujung meruncing, hijau muda kekuningan, dengan rusuk keunguan, 2-4 cm panjangnya. Buah buni di dalamnya bulat memanjang, 1,5-2 cm, kekuningan jika masak, manis dan disukai anak-anak.

Ekologi dan kegunaan

Umumnya tumbuh liar, ceplukan biasa didapati bercampur dengan herba dan semak lainnya di kebun, tegalan, sawah yang mengering, tepi jalan, tepi hutan dan bagian-bagian hutan yang terbuka disinari terik matahari.

Buahnya digemari anak-anak. Seluruh bagian tumbuhan, dari daun sampai akar dan biasanya dikeringkan lebih dulu, digunakan sebagai bahan ramuan obat tradisional.

Seperti  dilansir oyosukarya.berkahherbal.com  Ciplukan merupakan tumbuhan semak semusim. Tumbuh di tanah-tanah kosong yang tidak terlalu becek, pinggir selokan, pinggir kebun dan sawah.

Ciplukan disebut Physallis peruviana L. termasuk ke dalam famili tumbuhan Solanaceae. Nama daerahnya keceplokan, nyornyoran atau cecenet. Sifat tumbuhan ini analgetik (penghilang rasa sakit), peluruh air seni (diuretic), menetralkan racun, meredakan batuk, mengaktifkan fungsi kelenjar-kelenjar tubuh dan anti tumor.

Obat ini bisa digabungkan atau digunakan dengan obat herbal lain sesuai kondisi penyakit yang diderita.

Kandungan dan Manfaat

Tumbuhan mempunyai kandungan kimia yang sudah diketahui berupa Chlorogenik acid, asam citrun dan fisalin, flavonoid, saponin, polifenol. Buah mengandung asam malat, alkaloid, tannin, kriptoxantin, vitamin C dan gula. Biji mengandung elaidic acid.

Berdasarkan penelitian dan pengalaman di berbagai daerah dan negara, ciplukan dapat digunakan untuk mengobati penyakit influenza, sakit tenggorokan, batuk rejan, bronchitis, gondongan, pembengkakan, buah pelir, diabetes mellitus, sakit paru-paru, dan pembengkakan prostat.
 
Aturan Pakai :

• Influenza dan penetral racun influenza. Minum 3 x 3 kapsul perhari.
• Sakit tenggorokan. Minum 3 x 3 kapsul perhari
• Batuk rejan (pertusis). Minum 3 x 3 kapsul perhari
• Bronchitis. 3 x 3 kapsul perhari
• Gondongan. 3 x 3 kapsul perhari
• Pembengkakan buah pelir. 3 x 3 kapsul per hari
• Kencing manis. 3 x 1 kapsul perhari
• Pembengkakan prostate. 3 x 3 kapsul perhari

Demikian postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat.


Halaman ini terakhir diubah pada taanggal 20-02-2014 ( 387 views)

24 comments:

  1. Di tempat saya banyak sekali masihan mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti subur ya mas tanahnya, biasanya jg sering tumbuh dipekarangan rumah, ternyata bermanfaat mas untuk kesehatan, terima kasih kunjungannya

      Delete
  2. ternyata banyak juga ya mas mafaat dari buah ciplukan ini. Kebetulan saya belum pernah makan buah ini, tapi kalau lihat di sawah sih sering banget hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya kalau di tempat sy sudah jarang mbak

      Delete
  3. Ciplukan ini tanaman sawah itu ya mas, yang buahnya bulat kecil mulus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, buahnya bulat seperti buah leunca, kalau cecendet dibungkus buahnya, terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  4. wah kalau dikampung sayamah ini namanya Cecenetan,enak banget kalau sudah matang,ternyata banyak manfaatnya yah,dulu lagi kecil setip hari pasti berburu cecenetan di kebun si eyang hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia Kang di kampung juga lebih dikenal namanya cecendet, biasanya tumbuhan tersebut tumbuh bersama pohon padi huma hehe sepertinya tumbuh dari pupuk yang terbawa

      Delete
  5. saya baru tahu tanaman ciplukkan ini mas, ternyata banyak manfaatnya yah untuk kesehatan, makasih infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kunjungannnya, biasanya tanamannya ini disukain anak-anak buahnya biasa dibungkus klopak, besar buahnya mirip buah kersen atau buah leunca

      Delete
  6. Ternyata bisa di jadikan obat herbal ya mas...kirain saya cuma di anggap tanaman gak berguna. soalnya suka tumbuh di sembarang tempat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas sekarang sudah bisa dikonsumsi dalam bentuk kapsul juga, mungkin tanaman yg dianggap liar seperti kersem juga banyak manfaatnya, mudah, murah

      Delete
  7. Selamat siang sobat. Salam hangat dari Admin Tersexy.com. Artikelnya sangat bermanfaat sekali untuk saya yang masih pemula ini. Izinkan saya memfollow blog anda untuk mengetahui artikel terbarunya. Kalau tidak keberatan, silahkan bisa follow balik ya. Terimakasih sobat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kunjungannya, mudah-mudahan bisa bermanfaat, dan follow sudah di feedback

      Delete
  8. mainan saya SD nih.. banyak biasanya di sawah2.. baru tau kalo ini punya khasiat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung, mudah-mudahan ciplukan bisa dijadikan obat alami yang menyehatkan

      Delete
  9. Baru tau kalau ini juga mempunya khasiat makasih infonya mass

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima sudah berkunjung, mudah-mudahan bisa bermanfaat

      Delete
  10. padahal lumayan banyak ini ciplukan di daerah saya, tapi masih sedikit yang memanfaatkan nya mas :)
    sayang banget ya mengingat manfaatnya banyak sekali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup mudah dan murah sebagai obat herbal

      Delete
  11. waktu kecil, saya suka ciplukan. Baru tahu kalau ciplukan berkhasiat untuk berbagai penyakit, flu, diebetes, prostat, dll, sudah diekstrak pula jadi obat herbal .. makasih mas infonya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas ciplukan untuk dijadikan obat herbal yang mudah dan murah, klau memerlukan bisa dipesan di oyosukarya.berkahherbal.com dalam bentuk kapsul, murah juga mas harganya

      Delete
  12. Kunjungan perdana mas.. nyimak dulu..
    banyak cimplukan disawah saya..hehhe
    salam kenal dan sukses selalu ya..
    follow sukses.
    follback ya zon-go.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kembali, terima kasih sudah berkunjung

      Delete

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink