Space Iklan

Friday, March 22, 2013

Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan



Saling Indonesia, mungkin buah yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi Anda semua, biasanya dijual di pasar tradisional harganyapun tidak begitu mahal, sirsak namanya. Buah sirsak lebih enak yang matang di pohon bisa langsung di makan atau dibuat minuman seperti jus, di Kuningan biasanya dibikin makanan oleh-oleh berupa wajit (sunda).


Apa Sirsak ?
Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung). Penyebutan "belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam") didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa.

Nama lain untuk sirsak (nama yang dikenal dalam bahasa Inggris) meliputi: guanabana (Spanyol), graviola (Portugis), pepaya (di Brasil), corossol (Perancis), guyabano (Filipina), dan custard apple (Inggris). Adapun nama ilmiahnya adalah Annona muricata.

Pohon graviola tumbuh di daerah tropis seperti Filipina, Amarika Selatan atau di bumi kita Indonesia. Dikenal sebagai obat penenang, tonik saraf, dan digunakan untuk menjaga kesehatan usus yang tepat, guyabano hanyalah salah satu alat obat yang berasal dari pohon graviola. Sepanjang sejarah, setiap bagian dari pohon graviola, seperti kulit kayu, daun, akar, buah, dan biji-bijian telah digunakan untuk tujuan pengobatan. Benih telah digunakan untuk mengobati mual dan muntah, sementara praktisi pengobatan herbal merekomendasikan menggunakan buah dan daun untuk meringankan penderitaan perut, nyeri, batuk, asma, dan demam.

Sirsak dikenal kaya vitamin C dan vitamin B thiamin, riboflavin dan niacin, kandungan lengkap berikut ini :

    Vitamin dan Besi
    Riboflavin8835-8854-Sirsak
    Fosfor
    Tiamin
    Kalsium
    Karbohidrat
    Niacin
    Serat

Sirsak Manfaat Kesehatan - Pencegahan Kanker

Sayangnya, penelitian seputar sifat penyembuhan sirsak yang kurang dalam dunia ilmiah, tapi sejauh ini para peneliti telah mempelajari sirsak karena kemampuannya untuk melindungi terhadap kanker dan mengurangi efek samping dari kemoterapi.

Sejak 1976, lebih dari 20 laboratorium independen meneliti anti-kanker sirsak ini efek mengikuti penelitian awal yang dilakukan oleh National Cancer Institute. The National Cancer Institute menemukan bahwa "sirsak ini daun dan batang yang ditemukan efektif dalam menyerang dan menghancurkan sel-sel ganas.
Satu penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Natural Products menemukan bahwa satu bahan kimia di Graviola adalah 10.000 kali lebih kuat dibandingkan obat kemoterapi yang disebut adriamycin.

Universitas Katolik Korea Selatan melaporkan bahwa guyabano bukan hanya ancaman bagi sel-sel kanker, tetapi juga meninggalkan sel-sel sehat saja. Hal ini tidak terjadi dengan kemoterapi, yang menargetkan semua sel - seperti antibiotik tanpa pandang bulu menghancurkan bakteri usus semua, baik dan buruk.

Purdue University menemukan bahwa daun dari pohon guyabano yang "membunuh sel-sel kanker di antara enam baris sel manusia". Para peneliti juga menemukan bahwa daun yang sangat efektif untuk prostat dan kanker pankreas.



Salah satu bagian dari penelitian ditemukan di PubMed menyimpulkan:

Secara keseluruhan, senyawa yang secara alami hadir dalam ekstrak Graviola menghambat jalur sinyal ganda yang mengatur metabolisme, siklus sel, kelangsungan hidup, dan sifat metastasis sel di PC. Secara kolektif, perubahan dalam parameter menyebabkan penurunan tumorigenicity dan metastasis tumor pankreas orthotopically ditanamkan, menunjukkan karakteristik yang menjanjikan dari produk alami terhadap penyakit ini mematikan. "

Sementara sirsak memiliki sesuatu untuk ditawarkan dalam dunia perlindungan kanker, penting untuk dicatat bahwa studi yang dilakukan dengan sirsak dilakukan dalam apa yang dikenal sebagai In Vitro. Ini berarti bahwa komponen biologi telah diisolasi untuk pengujian, dan ini kasus ini, sel-sel kanker yang digunakan dalam tabung reaksi. Sementara itu membantu untuk memulai riset di suatu tempat, kita masih membutuhkan uji klinis manusia.

Ada beberapa manfaat kesehatan lainnya guyabano.

·         Mengurangi rasa sakit yang berasal dari arthritis, masalah sendi dan punggung, dan rematik.
·         Mencegah infeksi saluran kemih - Sirsak dikenal itu kadar vitamin C (77% nilai harian per cangkir). Vitamin C dapat membantu mengurangi jumlah bakteri berbahaya yang mungkin ada dalam saluran kemih.
·         Migrain dan meredakan sakit kepala - Guyabano mengandung riboflavin, yang bisa membantu dengan sakit kepala.
·         Dapat membantu dengan anemia - Sirsak (guyabano) yang kaya akan zat besi, yang dapat membantu dengan anemia defisiensi zat besi.
·         Mencegah sembelit - Sebelum Kaya akan serat, sirsak adalah salah satu dari banyak makanan untuk memilih jika Anda menderita sembelit.
·         Kesehatan tulang - sirsak mengandung tembaga, mineral mempromosikan penyerapan tulang-manfaat kalsium.
·         Mencegah kram kaki - Kalium dalam buah bisa membantu mencegah kram kaki.
·         Meningkatkan tingkat energi - Seiring dengan vitamin C, sirsak dikenal kaya akan vitamin B juga. Vitamin B dikenal untuk membantu meningkatkan tingkat energi.

Ternyata sirsak selain kaya vitamin banyak juga khasiat dari buah yang satu ini, manfaat lainnya :
·         Pernapasan seperti asma atau batuk
·         Sakit kepala atau migren
·         Usus, sembelit, perut
·         Demam
·         Anemia
·         Infeksi saluran kemih
·         Kurangnya energi

Demikian artikel tentang sirsak semoga bisa bermanfaat, akhirnya bagi yang belum mencobanya silakan mencoba karena sirsak sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Sumber : naijamayor.com dan berbagai sumber

Artikel Terkait :

Halaman ini terakhir diubah 06-12-2013 ( 53 views) 

2 comments:

  1. di kampung kami disebutnya nangka walanda, Kang.
    ternyata banyak juga manfaatnya, terima kasih infonya, salam

    ReplyDelete
  2. Salam kembali..Orang Belanda yang pertama kaali yang membawa benih sirsak ke Indonesia (sumber : Wikipedia)

    ReplyDelete

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink