Space Iklan

Monday, January 6, 2014

Anjuran Untuk Mencuci Botol Bayi Dengan Air Panas



Saling Indonesia. Bagi yang mempunyai momongan atau anak baru lahir dianjurkan untuk diberikan ASI karena dengan memberikan ASI terhadap momongan tersebut merupakan kewajiban seorang Ibu terhadap buah hatinya, akan tetapi bagaimana kalau ASI tidak keluar atau sang ibu mempunyai penyakit tertentu atau ada hal-hal lain sehingga Ibu dari bayi tersebut tidak bisa menyusuinya. Sebagai alternatifnya bayi agar tetap bisa minum susu bisa diberikan susu formula.

Sekarang produk susu yang dianjurkan bisa didapatkan dipasaran dengan berbagai merk. Biasanya susu tersebut diberikan kepada bayi dengan menggunakan botol susu (plastik atau kaca) dan dot tertentu sesuai umur bayi. Untuk itu bagi seorang ibu atau pengasuh bayi agar botol susu dan dot aman untuk kesehatan bayi diperlukan pengetahuan cara mencuci botol dan dot tersebut, penting untuk diketahui oleh seorang ibu atau pengasuh bayi berikut ini :

The American Academy of Pediatrics bahwa merekomendasikan botol bayi perlu dicuci setelah digunakan dengan air panas dan sabun, kemudian biarkan kering secara menyeluruh, hal ini bisa mencegah pertumbuhan bakteri yang tumbuh subur di air atau sisa susu.  

Adapun air yang digunakan harus cukup aman untuk diminum hal tersebut cukup aman untuk membersihkan botol tersebut.

Bagi Ibu atau pengasuh bayi sebelum menyusui bayi dengan botol pastikan untuk mencuci  tangan terlebih dahulu.

Sementara Ibu dan nenek untuk mensterilkan botol bayi  sering dilakukan, botol tersebut dicuci dengan sabun kemudian merebusnya dengan air mendidih dan ditiriskannya.

Sumber : nytimes.com

4 comments:

  1. kalau pakai air panas kan jadi nya bakteri yang terdapat pada botol bayi jadi hilang ya mas. Sehingga botol tersebut bisa steril dan higenis sehingga aman untuk di pakai sang buah hati. Karena seumuran balita cukup rentan terhadap bakteri yang mana bisa berpotensinya menyebabkan penyakit. Informasi yang menarik mas :)

    ReplyDelete
  2. Jangan cuma panas mbak .. tapi air mendidih ... supaya lebih steril .. :)

    ReplyDelete
  3. ibu saya malahan kalau nganjurin sampai mendidih.. hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar bebas dari bakteri, si kecil rentan kalau masih kecil, dot dan botol kalau kelihatan visualnya sudah usang sebaiknya rutin diganti.

      Delete

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink