Space Iklan

Tuesday, May 28, 2013

Pohon Aren atau Enau Kaya Manfaat



Saling Indonesia. Pohon Aren atau  pohon Enau atau pohon kawung merupakan pohon yang menghasilkan gula merah atau gula kawung atau buahnya yang masih muda bisa dijadikan kolang kaling untuk campuran es campur atau es teller

Umumnya es kolang kaling pada saat datangnya bulan puasa merupakan minuman favorit saat buka puasa.

Pohon Aren merupakan pohon yang terbilang langka, bahkan sepengetahuan saya (di kampung) bahwa pohon aren tumbuh dengan sendirinya artinya siapa yang menanam tidak tahu, tahu-tahu pohon tersebut sudah tumbuh, biasanya buah Aren sangat disukai musang (luwak) sehingga biji yang sudah dimakan musang bisa tumbuh dimana-mana (sebagai penyebaran tumbuhnya pohon aren), pohon Aren biasa tumbuh di tebing-tebing atau lereng yang ada dihutan. Pohon Aren salah satu pohon yang dilindungi Undang-Undang.

Perlu diketahui bahwa biji Aren yang masih mentah dapat mengeluarkan getah yang bisa bikin gatal dikulit, jadi harus hati-hati sewaktu memegang biji Aren. Untuk menghasilkan kolang-kaling biji buah Aren dibakar atau direbus dengan bara api kemudian dikupas dengan pisau untuk menghasilkan biji tersebut.

Pohon Aren merupakan pohon yang kaya manfaat seperti buahnya bisa dijadikan kolang kaling, dari kulit yang melindungi pohon tersebut dapat menghasilkan injuk untuk pembuatan sapu, pelindung atap rumah, tali untuk mengikat bambu atap rumah, dari daun yang masih muda dapat dijadikan daun rokok (seperti kertas rokok atau pahpir) , pohon dapat dijadikan kayu yang sangat kuat.


Gula Aren merupakan gula yang sangat manis dan rasanya sangat khas bila dibandingkan dengan gula kelapa, harganya pun lebih mahal dari gula yang lainnya. Sekarang mungkin sudah jarang ditemui gula aren tersebut, pohon Aren yang dibiarkan buahnya untuk dijadikan kolang kaling yang sangat laku dipasaran menjelang bulan puasa tiba.

Halaman ini terakhir diubah 05-02-2014 ( 190 views)

No comments:

Post a Comment

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink