Space Iklan

Saturday, May 4, 2013

Seputar Optimasi Mesin Pencari (SEO)




Postingan kali ini saya ingin sedikit mengulas teknik-teknik SEO yang saya share dari beberapa artikel yang pernah saya kunjungi di situs internet, mungkin artikel ini hanya sedikit berbagi untuk pemilik blog pemula. Seperti kita ketahui bahwa postingan yang bagus yang kita publikasikan ke mesin pencari (search engine) apabila tidak tampil di halaman utama mesin pencari tidak akan mendapatkan kunjungan pembaca yang banyak, untuk itu diperlukan beberapa teknik dasar agar postingan yang dipublikasikan bisa tampil di halaman utama ( halaman 1 ).

Mungkin kepentingan mengetahui teknik SEO sangat penting untuk pemilik blog pemula, untuk situs-situs yang sudah terkenal biasanya mengungguli halaman pertama mensin pencari seperti contoh Wikipedia, detik, viva, dan lainnya. Jadi bagi blog pemula untuk bisa menampilkan postingan di halaman utama perlu mengetahui teknik SEO, konten yang unik dan asli, dan berkualitas dibandingkan konten situs lainnya.

Optimasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sitematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Adapun tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Sejarah

Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu komplek sehingga mudah dimanipulasi.

Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka.

Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).

Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan  kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bgi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doctoral ilmu computer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandaalkan perhitungan matematika untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan Page Rank, merupakan fungsi matematik yang komplek berupa kombinasi antara perhitngan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.

Berdasarkan prinsip kerja Page Rank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di link oleh halaman web lain. Nialai Page Rank juga akan semakin tinggi, apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi. Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Yahoo atau DMOZ dapat bernilai tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web berkualitas rendah.

Mesin pencari besar seperti Google dan Yahoo menyediakan program dan panduan yang memungkinkan webmaster mengoptimalkan situsnya agar terindexs dengan baik. Google menyediakan aplikasi Webmaster Tool dan memperkenalkan sitemap berbasis XML standard mereka, sedangkan Yahoo menyediakan program Site Explorer.

Google secara resmi telah melarang penggunaan beberap teknik illegal seperti link farming, dooway pages, keyword stuffing, dan auto generated pages atau scraper pages. Situs atau layanan SEO yang tetap menggunakannnya teracam akan dihapus dari indeks pencarian.

Berdasarkan panduan resmi mesin pencari, SEO bukanlah teknik illegal sepanjang dilakukan dengan mengikuti etika dan aturan yang ada. Hal tersebut untuk menjamin setiap situs web memperoleh kesempatan yang sama dalam pencarian, dan pemeringkat dilakukan dengan obyektif, dimana yang paling berperan dalam menentukan peringkat siatu halaman web adalah kualitas dan manfaatnya bagi pengguna internet.

Tokoh-tokoh SEO Terkemuka

Selain pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin, beberapa orang menjadi figur yang dihargai dan pendapatnya dijadikan acuan seputar bisnis mesin pencari dan SEO.

Danny Sullivan

Mantan wartawan LA Times  yang mendirikan situs web Search Engine Watch yang aktif menyoroti perkembangan bisnis dan teknologi mesin pencari. Kini dia aktif menulis dan membuat reportase di Search Engine Land.

Matt Cutts

Programmer dan mantan pegawai NSA (National Security Agency) Amerika Serikat  yang bergabung dengan Google pada tahun 2001 dan saat ini mengepalai tim penanggulangan spam Google. Selain menjadi karyawan Google, Matt Cutts adalah seorang blogger. terkemuka. Artikel-artikel di blognya menjadi rujukan para praktisi SEO dari seluruh dunia, karena blognya sering menjadi sumber pertama setiap informasi mengenai perkembangan teknologi pencarian Google. Matt Cutts sering dianggap sebagai juru bicara tidak resmi Google.

Vannesa Fox

Mantan karyawati Google. Vannesa dikenal di kalangan webmaster sebagai konseptor dan programmer yang mengepalai proyek Google Webmaster Cental.

Sekarang untuk lebih memberikan kualitas dalam mesin pencari Google mengeluarkan Google Penguin yang merupakan nama kode untuk update algoritma Google yang pertama kali diumumkan pada tanggal 24 April 2012. Update ini bertujuan menurunkan peringkat di mesin pencari untuk situs yang melanggar Panduan Webmaster Google seperti contoh kata kunci isian yang berpartisipasi di link skema yang dengan disengaja penciptaan duplikat konten, dan lainnya. (Wikipedia)

No comments:

Post a Comment

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink