Space Iklan

Tuesday, April 9, 2013

Buah Malaka : Pahit rasanya



Saling Indonesia. Mungkin buah yang satu ini rasa-rasanya pohon yang langka, Apakah pembaca blog ini tahu tentang buah yang satu ini, ciri-cirinya rasanya agak pahit kalau di makan, akan tetapi dimulut akan berubah rasa manis setelah kita minum air putih, ‘cukup aneh bukan’. Buah Malaka buahnya bulat berwarna hijau ke Kuningan.

Di kampung saya sendiri, pohon tersebut hanya ada satu pohon, mungkin sekarang sepertinya sudah tidak ada. Pohon tersebut tumbuh sulit untuk berkembang biak, walaupun buahnya lebat dan berbuah setiap saat, dari dulu sampai sekarang hanya satu pohon saja, walaupun buah tersebut berbiji besar dan sangat lebat (banyak).

Ternyata buah yang satu ini memiliki banyak kegunaan, menurut sumber dari wikipedia bahwa buah Malaka berguna untuk aneka bagian tumbuhan (tumbuhan serba guna), termasuk pepagan, agar, bunga, buah, dan biji dapat digunakan sebagai obat tradisional. Terutama di India, buah Malaka merupakan salah satu unsur penting dalam pengobatan Ayurveda.

Buah Malaka mengandung banyak vitamin C, dan tanin. Ekstrak buah Malaka dapat digunakan sebagai bahan pewarna tradional.

Pohon Malaka termasuk salah satu pohon yang disucikaan menurut agama Hindu. Berasal dari India dan Nepal, pada masa lalu pohon Malaka banyak ditanam di Pulau Jawa, dan kini sebagian meliar pohon di hutan-hutan dataran rendah kering. Pohon ini tahan terhadap kebakaran.


Artikel ini terakhir diperbaharui 02-12-2013 ( 257 pengunjung)

No comments:

Post a Comment

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink