Space Iklan

Sunday, October 6, 2013

Tidak Perlu Dikhawatirkan Dampak ShutDown Pemerintahan Amerika Terhadap Indonesia

Saling Indonesia. Pemerintahan Amerika Serikat lagi ‘ShutDown’ yang belum jelas kapan berakhirnya ‘ShutDown’ tersebut, menurut Presiden Amerika Serikat (Presiden ke-44) Barack Obama bahwa ShutDown akan berpengaruh langsung terhadap perekonomian Amerika Serikat. Apakah akan berpengaruh juga terhadap arus perdagangan Indonesia-Amerika Serikat ?

Sebagai salah satu contoh, Ekspor mebel dan kerajinan Indonesia masih didominasi oleh pasar Amerika dengan market share 30% merupakan peringkat pertama, sedangkan peringkat keduanya Eropa dengan market share 27 persen. (sumber : solopos.com)

Hal tersebut akan berimbas pada kalangan pengusaha mebel dan kalangan pengrajin di Indonesia. Mungkinkah bisa berpengaruh signifikan terhadap ekspor Indonesia ! kalau saja ShutDown berlangsung lama mungkin sangat berpengaruh karena perekonomian Amerika Serikat akan berdampak langsung terhadap masyarakatnya akibat ShutDown pemerintah tersebut.

Menurut Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry, ‘Optimistis penutupan (shutdown) layanan pemerintah negeranya segera belalu, hal itu  tidak perlu dikhawatirkan. Ini merupakan contoh dari penguatan demokrasi’, ketika menghadiri KTT APEC di Nusa Dua Bali, Sabtu 5 Oktober 2013.

Artikel Terkait :



No comments:

Post a Comment

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink