Space Iklan

Monday, August 12, 2013

Kapan Saatnya Rantai Motor Perlu Diganti ?




Saling Indonesia. Ketika rantai motor sudah terasa tidak enak seperti kendor atau mengeluarkan bunyi, seperti itulah saatnya kita perlu mengecek rantai atau gear (gir). Biasanya sebuah rantai akan kendor dan gir runcing. Sekali atau dua kali kalau rantai sudah kelihatan kendor biasa Anda potong sendiri atau menyuruh bengkel untuk memotongnya dan menyambungkannya, akan tetapi kalau tidak pas memasangnya rantai akan lepas, kalau kita takut tiba-tiba rantai lepas sebaiknya diganti saja untuk menghindari bahaya yang tidak diinginkan.  

Rantai motor set atau drive chain kit sebaiknya diganti bersamaan. Namanya juga set. Bila diganti per bagian atau parsial, malah sebentar-sebentar akan rusak lagi dan lagi-lagi rusak. Malahan akan lebih boros. Boros waktu pengerjaan dan boros waktu lepas tiba-tiba di jalan. Ingat, waktu adalah uang, ya boros uang juga berarti.

Sekedar tahu saja, apabila Anda ingin membeli satu set rantai motor agar memperoleh harga yang pas (tidak kemahalan) bisa mendatangi bengkel yang sudah menjadi langganan, karena dipasaran ada beberapa jenis rantai bisa Anda pilih sesuai keuangan Anda, biar tidak penasaran bisa mendatangi bengkel satu atau lainnya untuk perbandingan harga, atau bisa lihat di internet (lewat google atau yahoo atau search engine lainnya).

Kita ambil sebuah contoh sewaktu saya membeli rantai motor :

Bengkel A

“Pak, saya perlu rantai untuk satu set untuk merk xxxxx (sebutkan jenis motor yang dimiliki) yang baru, harganya berapa ?”
Jawab petugas spart part :”Sekarang harganya Rp. 160.000,00 per set”
“Bisa langsung pasang gak pak !” kata saya
“Antri pak” kata petugas spart part tersebut.
“Terima kasih, kebetulan saya buru-buru”

Bengkel B

“Pak, saya perlu rantai untuk satu set untuk merk xxxxx (sebutkan jenis motor yang dimiliki) yang baru, harganya berapa ?”
Jawab petugas spart part :”Sekarang harganya Rp. 170.000,00 per set diskon 5 %”
“Bisa langsung pasang gak pak !” kata saya
“Antri pak” kata petugas spart part tersebut.
“Terima kasih, kebetulan saya buru-buru”

Bengkel C

“Mbak, saya perlu rantai untuk satu set untuk merk xxxx (sebutkan jenis motor yang dimiliki) yang baru, harganya berapa ?”
Jawab petugas spart part :”Sekarang harganya Rp. 145.000,00 per set”
“Bisa kurang mbak, “
“Ya sudah pasnya Rp. 140.000,00 plus pasang, merk yang bagus, kalau yang murah juga ada harganya Rp. 125.000,00”
“Bisa langsung pasang gak mbak !” kata saya
“Tungu sebentar pak” kata petugas spart part tersebut.
“Terima kasih, mbak, saya tunggu”

Seperti itulah ilustrasi untuk mendapatkan harga yang maksimal, maksudnya merk rantai tersebut dalam arti merk yang sama dengan kualitas yang sama, kemungkinan saja bengkel C menjual harga sedikit murah, mungkin saja punya stock lama, atau bengkel tersebut mengambil untung tidak banyak.

Sebenarnya pasang rantai tidak begitu lama cuma ya.. itu kalau dibengkel kita harus shabar menunggu (bisa di atas 1 jam-an), kalau pasangnya sebentar sekitar 20 menit-an.

Demikian postingan berbagi pengalaman saat menganti rantai motor, kurang lebihnya saya mohon maaf, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Halaman ini terakhir diubah 24-06-2015 ( 1.167 views) 

Artikel Terbaru :

No comments:

Post a Comment

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink