Space Iklan

Sunday, April 20, 2014

Makna dan Cara Mengaplikasikan Perjuangan Kartini Sekarang

R.A. Kartini (image.wikipedia)

Assalamualaikum Wr.Wb.

Saling Indonesia. Mungkin Sobat semua sudah pada tahu, baiklah untuk mengingatkan kembali bahwa pada tanggal 21 April sering kita peringati sebagai Hari Kartini, baiklah sebelum saya lanjutkan postingan, kita nyanyikan terlebih dahulu..Sobat ..boleh dalam hati atau bersama-sama keluarga, lagu Ibu Kita Kartini, karangan W.R. Supratman berikut ini.

Ibu kita Kartini
Putri sejati
Putri Indonesia
Harum namanya

Ibu kita Kartini
Pendekar bangsa
Pendekar kaumnya
Untuk merdeka

Wahai ibu kita Kartini
Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
Bagi Indonesia

Ibu kita Kartini
Putri jauhari
Putri yang berjasa
Se Indonesia

Ibu kita Kartini
Putri yang suci
Putri yang merdeka
Cita-citanya

Wahai ibu kita Kartini
Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
Bagi Indonesia

Ibu kita Kartini
Pendekar bangsa
Pendeka kaum ibu
Se Indonesia

Ibu kita Kartini
Penyuluh budi
Penyuluh bangsanya
Karena cintanya

Wahai ibu kita Kartini
Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
Bagi Indonesia



Makna dan Cara Mengaplikasikan Perjuangan Kartini

Raden Adjeng Kartini yang lahir di Jepara 21 April 1879 merupakan tokoh suku Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.
Dengan semangatnya perjuangan Ibu Kita Kartini yang dulunya perempuan hanya beruang lingkup dilingkungan dapur dengan status sosial yang rendah, sekarang perempuan bisa bermitra dengan para kaum laki-laki untuk memajukan kesejahteraan keluarga diluar lingkup rumah dan tetap tidak mengesampingkan kodratnya sebagai kaum perempuan yang tetap patuh dan taat kepada sang suami.

“Habis Gelap Terbitlah Terang” merupakan kumpulan surat-surat Kartini dalam memperjuangan perempuan , dengan semangatnya perempuan bisa berkarir baik di dalam negeri maupun sampai sekolah ke luar negeri.

Perjuangan Kartini lewat surat-suratnya sangat menarik perhatian masyarakat Belanda pada waktu itu sehingga bisa mengubah pandangan masyarakat Belanda terhadap perempuan pribumi di Jawa. Pemikiran Kartini yang dituangkan  dalam surat-suratnya menginspirasi bagi tokoh-tokoh kebangkitan nasional Indonesia, antara lain W.R. Soepratman yang menciptakan lagu berjudul Ibu Kita Kartini.

Dengan kegigihan tekad perjuangan Kartini untuk menjadikan perempuan-perempuan cerdas dan pintar dan Kartini sangat berjasa dalam dunia pendidikan Indonesia sehingga banyak didirikan Sekolah Wanita oleh Yayasan Kartini di Semarang pada tahun 1912, kemudian di Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon, dan daerah lainnya. Nama sekolah tersebut adalah “Sekolah Kartini”. Yayasan Kartini ini didirikan oleh keluarga Van Deventer, seorang tokoh Politik Etis.

Jadi makna perjuangan Kartini yang harus kita pertahankan sekarang ini, mengubah dari kesulitan menjadi kemudahan, perempuan mesti belajar dan belajar sehingga lebih cerdas dan pinter, membanggakan produk-produk dalam negeri sampai kesohor ke luar negeri, belajar ilmu walau sampai negeri Cina (Luar Negeri). Ibu Kita Kartini harum namanya.

Mungkin postingan singkat ini, bisa mengingatkan kita bahwa perjuangan Kartini bisa dijadikan tauladan untuk kita semua, khususnya Wanita, untuk Sobat semua yang ingin mengetahui lebih jauh tentang biografi R.A. Kartini silakan di baca sebuah buku 'Kartini Sebuah Biografi' karangan Sitisoemandari Soeroto, penerbit PT Gunung Agung, (hehe..kebetulan admin. baca buku lama sih, terbitan tahun 1982,  cet-ke 3),  demikian postingan hari ini, mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian. 

Artikel Terkait :

15 comments:

  1. Luar biasa perjuangannya yang membawa hasil dimana wanita bisa dipercaya untuk berpartisipasi dalam politik, kenegaraan, dalam pekerjaan apapun.

    Kini seharusnya sebagai penerus tetap melestarikan.

    Oya pak, sumber referensinya lupa ya?

    Di wikipedia apa gimana?

    ReplyDelete
  2. Terima kasih, ia Pak, sudah saya tambahkan..semoga bisa tetap dilestarikan.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Semoga nasib perempuan di indonesia semakin sejahtera tidak ada lagi kdrt, ada tampilan segar ya di blog ini (tulisanya jadi lebih besar)

    ReplyDelete
  5. Tp yg tetep perlu ditekankan, sebebas apapun perempuan, ia tetap harus mengenali kodratnya. buat saya itu aja sih.

    ReplyDelete
  6. smangat juang yg luar biasa, smoga muncul kartini2 masa kini

    ReplyDelete
  7. sebenrnya namanya Kartini apa Harum si bos?

    just kidding bos, hehehe...

    ReplyDelete
  8. selamat hari kartini ya mas, semoga kita semua tdk menyia2kan perjuangan ibu kita kartini sang pahlawan pendidikan bagi kaum wanita :)

    ReplyDelete
  9. semoga wanita saat ini terinspirasi oleh emansipasi yang di ikrarkan R.A. Kartini :D

    ReplyDelete
  10. telat dikit mas, selamat hari kartini ya..

    ReplyDelete
  11. sekarang memang jaman nya sudah modern mas, jadi mungkin cara memperingati hari kartini agak berbeda , mungkin disesuaikan dengan perkembangan zaman ;)

    ReplyDelete
  12. jarang saya mbaca artikel tentang pengaplikasian perjuangan R.A. Kartini, baru disini ini adanya....pantesan adanya di page 1 di google..keren kang
    nuhun inspirasinya kang

    ReplyDelete
  13. luar biasa ya mas perjuangan RA Kartini ini, harus dicontoh nih untuk generasi baru indonesia ;)

    ReplyDelete
  14. kita harus menghormati perempuan, karna pintu sorga dibawah telapak kaki nya

    ReplyDelete

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink