Space Iklan

Tuesday, July 23, 2013

Lailatur Qadr Salah satu malam khusus terjadi Bulan Ramadhan



Saling Indonesia, Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling utama dari bulan-bulan lainnya. Dalam bulan Ramdhan ada beberapa keutamaan yang perlu kita ketahui, oleh karena itu sebaiknya kita bisa memanfaatkaan bulan Ramdhan tersebut dengan sebaik-baiknya. Kekhususan bulan Ramadhan ini bagi pemeluk agama Islam tergambar pada Alquran pada surat Al - Baqarah ayat 185 yang artinya:

"Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda. Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu..."

Lailatul Qadr (malam ketetapan), adalah satu malam yang khusus terjadi di bulan Ramadhan. Malam ini dikatakan dalam Alquran pada surah Al-Qadr, lebih baik daripada seribu bulan. Saat pasti berlangsungnya malam ini tidak diketahui namun menurut beberapa riwayat, malam ini jatuh pada 10 malam terakhir pada bulan Ramadhan, tepatnya pada salah satu malam ganjil yakni malam ke-21, 23, 25, 27 atau ke-29. Sebagian muslim biasanya berusaha tidak melewatkan malam ini dengan menjaga diri tetap terjaga pada malam-malam terakhir Ramadhan sembari beribadah sepanjang malam.

Diriwayatkan dari Aisyah r.a., dia berkata : Ketika memasuki sepuluh malam yang akhir pada bulan Ramadhan, Rasulullah SAW. Mengencangkan ikat pinggangnya, beribadah sepanjang malam dan membangunkan keluarganya untuk beribadah. (hadis ini diriwayatkan oleh Al-Bukhari).

Artikel terkait :
Halaman ini terakhir diubah 26-10-2013 ( 6 view)

No comments:

Post a Comment

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink