Space Iklan

Wednesday, March 6, 2013

Manfaat Matahari Pagi



Pagi hariii…
Matahariii…
Bersinarrr…
Indah sekaliii…
            Sungguh indah alam ini
            Anugerah Ilahi Rabbi
Bersyukurlah kepada-Nya
Kita diberi nikmat-Nya
            Matahari pagi
            Bersinar kembali
            Sungguh… indah… dilihatnya
            Bahagia kita semua
Matahari pagi
Bersinar kembali
Menyinari bumi
Indah sekali

Alhamdulillah pada kesempatan ini masih bisa bertemu lagi dengan blog Saling Indonesia, pada kesempatan ini saya ingin berbagi tips seputar Saling Sehat berbagai manfaat Matahari Pagi untuk kesehatan, tips ini saya dapatkan dari berbagai sumber baik dari internet maupun buku-buku literatur yang saya peroleh, mudah-mudah tips ini bisa bermanfaat.

Manfaat Matahari Pagi

Sudah tidak asing lagi bagi kita semua bahwa pergi keluar di pagi hari banyak manfaat yang kita dapatkan misalkan bisa menikmati udara segar, jalan santai dengan tenang, untuk lari pagi, menikmati sinar matahari, dan banyak lagi manfaat  yang bisa kita dapatkan di pagi hari, menurut penelitian yang dilansir kompasiana, bahwa manfaat matahari pagi sebagai berikut :

1. Vitamin D

Sinar matahari merangsang tubuh untuk menghasilkan vitamin D. Sinar matahari yang mengenai wajah, leher, lengan dan kaki selama 10-15 menit bisa menghasilkan vitamin D yang dibutuhkan tubuh. Vitamin ini meningkatkan penyerapan kalsium di usus dan transfer kalsium di membran sel yang berguna untuk kekuatan tulang.

2.Serotonin

Sinar matahari bisa merangsang produksi serotonin (neurotransmitter di otak yang mengatur suasana hati). Semakin tinggi serotonin yang dihasilkan maka suasana hati kan lebih positif.

3. Melawan depresi

Sinar matahari melawan dan mengurangi depresi karena melepaskan endorfin yang berfungsi sebagai anti depresi alami dan sangat bermanfaat untuk kasus depresi musiman (seasonal affective disorder/SAD).

4. Meningkatkan sirkulasi darah

Sinar matahari meningkatkan sirkulasi darah dengan cara melebarkan pembuluh darah di kulit, sehingga membawa lebih banyak nutrisi dan oksigen ke sel-sel. Hal ini juga membuat jantung sehat dengan menurunkan denyut nadi dan mengurangi tekanan darah.

5. Bermanfaat untuk kulit

Kondisi kulit kronis seperti jerawat, eksim dan psoriasis mengalami perbaikan serta menurunkan manifestasi dari stretch mark, bekas luka serta gangguan kulit lainnya.

6. Mengurangi risiko kanker

Sintesis vitamin D dirangsang oleh sinar matahari sehingga secara signifikan membantu mengurangi risiko berbagai bentuk kanker seperti prostat, usus besar, payudara dan ovarium. Tapi ingat agar tidak berlebihan, karena justru bisa menyababkan kanker kulit.

7. Mencegah diabetes

Studi baru menunjukkan paparan sinar matahari yang cukup kemungkinan memainkan peran penting dalam membantu mencegah diabetes tipe 1 pada anak-anak, serta menurunkan kadar gula darah dengan menstimulasi penyimpanan kadar gula di otot dan hati.

8. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Sinar matahari mendukung sistem kekebalan tubuh, karena saat terpapar tubuh akan memproduksi lebih banyak sel darah putih yang membantu menangkal infeksi dan penyakit lain yang dihasilkan oleh bakteri, jamur atau virus.

9. Detoksifikasi tubuh

Sinar matahari memembantu mengeluarkan sampah dari dalam tubuh dengan meningkatkan fungsi hati, serta meningkatkan sirkulasi darah sehingga eliminasi sampah melalu darah lebih efisien.

10. Meningkatkan kualitas tidur

Sinar matahari meningkatkan produksi melatonin yang dibutuhkan agar kualitas tidur membaik. Melatonin diproduksi oleh kelenjar pineal, organ kecil seukuran kacang yang ditemukan di dasar otak.

11. Bermanfaat untuk perut

Sinar matahari baik untuk meningkatkan nafsu makan, meningkatkan sistem pencernaan serta proses metabolisme.


Artikel terkait :

Artikel terakhir diperbaharui 27-09-2014 (37 views)

No comments:

Post a Comment

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink