Space Iklan

Monday, March 11, 2013

WASPADA PENYAKIT DI MUSIM HUJAN DAN PENCEGAHAN PENYAKIT



Saling Indonesia. Pada kesempatan ini Saling Indonesia, ingin saling berbagi informasi mengenai “Waspada Penyakit Di Musim Hujan Dan Pencegahan Penyakit”, artikel ini saya share dari femina dan kompasiana. Mungkin di antara kita ada yang belum mengetahuinya atau ada sudah mengetahui, kita share semoga bisa bermanfaat.

Tidak hanya flu, diare, dan DBD yang menyerang ketika musim hujan datang, penyakit seperti leptospirosis, cikungunya, dan penyakit kulit pun 'senang' bertandang. Menurut dr. Eleonora Mitaning Christy dari Klinik Barnabas, Pamulang, Tangerang Selatan, 3 penyakit utama yang harus diwaspadai selama musim hujan.

1) Leptospirosis

Dikenal juga dengan penyakit kencing tikus, penyakit ini disebabkan oleh bakteri Leptospira sp. yang ditularkan dari hewan ke manusia, dan sebaliknya. Bakteri ini dengan mudah berkembang biak pada lingkungan yang becek, berlumpur, dan kotor. Urine (air kencing) dari individu yang terkena penyakit ini merupakan sumber utama penularan. Saat banjir, air kencing tikus terbawa melalui banjir dan dapat masuk ke tubuh manusia melalui permukaan kulit yang terluka, selaput lendir mata, dan hidung. 

Segera ke dokter!
Jika timbul flu like syndrome, yaitu nyeri tenggorokan, batuk dan sakit kepala. Kulit dan mukosa menjadi berwarna kuning (jaundice), nyeri pada otot betis, sampai gangguan yang lebih berat lagi (dikenal dengan istilah sindrom Weil) pada hati, paru-paru, ginjal, dan timbul perdarahan.

2) Cikungunya 
Penyakit ini sudah ada sejak dulu, namun kini marak lagi setiap musim hujan. “Penyakit ini disebabkan oleh virus cikungunya, juga ditularkan ke manusia oleh nyamuk Aedes aegypti. Gejalanya demam mendadak, nyeri pada persendian --terutama sendi lutut, pergelangan, jari kaki dan tangan serta tulang belakang--, serta ruam (kumpulan bintik-bintik kemerahan) pada kulit,” papar dr. Mitaning. 

Gejala lainnya adalah nyeri otot, sakit kepala, menggigil, kemerahan pada selaput mata, pembesaran kelenjar getah bening di bagian leher, mual, muntah, dan kadang-kadang disertai gatal pada ruam. Demamnya sering rancu dengan penyakit demam dengue, demam berdarah dengue, dan campak. Tetapi, nyeri sendi merupakan gejala yang menonjol.

Segera ke dokter!
Penyakit cikungunya merupakan self limiting disease. Sehingga, pemberian obatnya bersifat simtomatis, seperti obat antinyeri dan penurun panas. Jika dalam 2-3 hari belum membaik, segeralah ke dokter atau rumah sakit. Setelah penderita sembuh, rasa nyeri pada sendi masih bisa terasa hingga beberapa minggu atau bulan. Setelah itu, akan hilang dengan sendirinya dan tidak menimbulkan kelumpuhan. 

3) Penyakit Kulit

Kutu air adalah penyakit yang kelihatannya sepele, tetapi sangat mengganggu dan ‘memalukan’. Perhatikan sela-sela jari kaki Anda. Apakah ada pengelupasan atau kerusakan di bagian tersebut? Ditambah rasa nyeri, gatal, berbau, juga panas seperti terbakar? Jika ya, kemungkinan besar Anda sudah terjangkit! 

Penyakit ini tidak disebabkan oleh kutu, melainkan infeksi jamur, umumnya jenis Trycophyton, yang banyak ditemukan di lingkungan yang  lembap dan basah. Termasuk, lantai di pusat kebugaran, ruang ganti baju, kolam renang, salon yang menyediakan jasa pedicure, dan sebagainya. Di lingkungan tersebut, jamur dapat menyebar secara langsung dari satu orang ke orang yang lain atau saat melakukan kontak dengan objek-objek yang disebutkan di atas.

Infeksi jamur dapat terjadi di semua bagian tubuh, termasuk lengan, kaki, tangan, area lipatan payudara, selangkangan, dan area tertutup lainnya. Pakaian tidak kering betul alias masih lembap bisa menjadi ‘rumah’ yang sempurna bagi jamur untuk berkembang subur dan kemudian kontak dengan kulit manusia. 

Sebagai pengobatan pertama, gunakan salep yang mengandung antijamur miconazole, clotrimazole, atau cetoconazol. Kebanyakan keluhan gatal karena jamur bisa berkurang atau bahkan hilang sama sekali dalam waktu 3-5 hari. Namun, sebaiknya pengobatan dilanjutkan 1-2 minggu sebagai pencegahan agar infeksi jamur tidak datang lagi. 

Segera ke dokter!

Jika daerah kulit yang terkena jamur tersebut tidak kunjung membaik, bengkak, kemerahan, bahkan berdarah, segera konsultasi ke dokter untuk mengetahui kemungkinan diperlukannya obat lain, seperti antijamur sistemik (obat secara oral) atau antibiotik untuk infeksi sekunder. (f)

Berikut ini cara agar terhindar dari penyakit-penyakit yang kerap mengampiri kita disaat musim penghujan.
1. Pencegahan influenza.
Karena sebagian virus influenza menyebar lewat kontak langsung, usahakan sebelum memegang makanan mencuci tangan menggunakan sabun dan kalau bisa dengan air hangat. Usahakan untuk tidak terlalu sering menyentuh bagian muka, karena biasanya virus influenza masuk ke tubuh kita lewat mata, hidung atau mulut. Selain itu, diharapkan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi khususnya yang dapat menambah daya tahan tubuh yang terdapat pada sayuran dan buah-buahan. Bisa juga mengkonsmsi berbagai jenis macam suplemen makanan yang mengandung vitamin C.
2. Pencegahan diare.
Menjaga kebersihan selokan terutama yang tersumbat dan biasanya meluap serta membawa parasit cacing dan amuba, membuang sampah pada tempatnya, membiasakan untuk mencuci tangan dan kaki sesering mungkin. Memakai  alas kaki untuk mencegah penyebaran kotoran atau parasit yang masuk melalui kulit. Tidak membeli makanan dan minuman di sembarang tempat. Memperbanyak mengkonsumsi vitamin dan nutrisi untuk menjaga kondisi tubuh. Selain itu, agar selalu menyediakan oralit di rumah.
3. Pencegahan demam berdarah.
Selalu menjaga kebersihan disekitar rumah, dengan cara membersihkan selokan, bak-bak air tadah hujan maupun kamar mandi, membuang sampah pada tempatnya, dan menyiangi kebun untuk menghindari berkembang biaknya nyamuk aedes aegepti.
Dan yang penting agar selalu menyiapkan obat-obatan di rumah untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan. Selain itu disaat musim hujan, kita juga perlu menyediakan payung, jas hujan, maupun jaket. Apabila peralatan tersebut tidak disediakan terlebih dahulu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.
Pada saat musim hujan yang paling penting adalah selalu menjaga kondisi tubuh agar tidak terhindar dari berbagai macam penyakit yang telah dijelaskan diatas selama musim hujan turun. Dan selalu minum vitamin yang juga sudah dijelaskan. Selain itu, menjaga kondisi tubuh juga bisa dengan tidak terlalu memforsir tubuh kita. Karena kelelahan sering juga menjadi salah satu faktor timbulnya penyakit. Di saat musim hujan agar selalu memperbanyak minuman yang hangat seperti teh ataupun air putih hangat.
Semoga cara pencegahan diatas dapat bermanfaat untuk menghadapi penyakit yang sering terjadi di musim hujan. Tetapi, kita juga harus bersyukur dengan adanya hujan dan banjir karena merupakan anugerah yang diberikan oleh Allah SWT.(k)


Artikel Terkait :
Jan 13, 2013
Penyakit-penyakit di bawah ini amat populer di dengar di sekitar kita, katanya obat yang pasti belum ada, baru obat untuk pencegahan. Bagi kita semua perlu mewaspadainya dan menjaga agar tidak terkena penyakit seperti ...
Jan 14, 2013
Tokek menjadi mahal dan dicari orang konon karena bisa menyembuhkan orang yang mengidap HIV atau AIDS. Penyakit mematikan itu menyerang sistem imun tubuh dan belum ada obat medis yang mampu mengatasinya.
Aug 30, 2012
Diriwayatkan dari Aisyah r.a., dia berkata : Saya pernah mendengar Nabi Saw. Bersabda “Habbah sauda'ini untuk obat segala penyakit, kecuali sam.” Aisyah bertanya : “Apa sam itu?” Rasulullah Saw bersabda :”Kematian” ...
Dec 07, 2012
Beberapa penyakit infeksi berbagai patogen yang dapat "disembuhkan" dan dihambat dengan (minum) madu secara teratur antara lain penyakit lambung dan saluran pencernaan; penyakit kulit, infeksi saluran pernapasan ...
Dec 04, 2012
Dan juga dapat digunakan sebagai obat penyakit kutil,caranya : keprek bawang putih ( jangan sampai halus ) lalu tempelkan pada kutil dan ikat yang kuat dengan kain atau plester tunggu sampai 30 menit,jangan terlalu ...
Nov 07, 2012
Sariawan pada anak, hampir semua orang pernah mengalami sariawan, kenapa terjadi sariawan, dan apa obatnya ? pada kesempatan ini Saling Indonesia akan mencoba berbagi dengan Anda semua “Cara Mengobati Sariawan, Anakku”, mudah-mudahan bisa bermanfaat. (Tulisan ini dilatarbelakangi karena ... Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit. Vitamin ini juga dikenal ...
Aug 10, 2012
Habbatussauda Pengobatan Cara Nabi. HABBATTUSAUDA "Gunakanlah habbattussauda karena di dalalmnya terdapat obat dari segala macam penyakit,kecuali maut"HR Bukhari. Posting ini telah dilihat sebanyak (kali) ...
Sep 19, 2012
Minum Habbatusauda beberapa butir, Insya Allah akan segera sembuh, sobat saya sarankan minum pakai Habbatusauda, karena Habbatussauda obat dari segala macam penyakit, kecuali kematian (HR. Bukhari). Demikian ...
Aug 27, 2012
... madu, dan minyak zaitun silakan kunjungi situs : http://oyosukarya.berkahherbal.com. “Gunakanlah Habbatussauda karena di dalamnya terdapat obat dari segala macam penyakit kecuali kematian. (HR. Bukhari Muslim) ...
Dec 12, 2012
Hindari terapi hormonal menopause. 8. Pertimbangkan mengonsumsi obat untuk mengurangi risiko kanker. Penggunaan obat ini harus dalam pengawasan ketat dokter. 9. Hindari paparan ekstrem penyebab kanker, seperti ...
Oct 16, 2012
Insya Allah investasi Anda berkembang..karena sekarang ini pemakaian produk herbal cenderung meningkat..karena risiko pemakaian obat herbal sangat rendah..produk alami…simak penjelasan di bawah ini. Afiliasi / ...
Dec 22, 2012
Minum Obat. Agar flu cepat sembuh minum suplemen yang berhubungan sebagai anti oksidan atau daya tahan tubuh seperti madu, habbatussauda, vitamin c an lain-lain. 5. Berkunjung ke Dokter. Apabila flu sudah kritis dan badan panas,(di atas 40 derajat celcius) serta batuk tak tak henti-henti sebaiknya pergi ke dokter ..... HABBATTUSAUDA "Gunakanlah habbattussauda karena di dalalmnya terdapat obat dari segala macam penyakit,kecuali maut"HR Bukhari ...

Halaman ini terakhir diubah 10-12-2013 ( 35 views)

No comments:

Post a Comment

Mohon Perhatiannya yang ingin berkomentar :

1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Tidak dianjurkan meletakan link hidup
3. Disarankan berkomentar sesuai postingan
4. Mohon bershabar apabila komentar belum admin balas
5. Dianjurkan berkomentar menggunakan alamat Url untuk Backlink